Bunda, Ini Dia Makanan untuk Ibu Menyusui

Makanan untuk ibu menyusui

GoDok- Makanan untuk ibu menyusui- Masa-masa setelah melahirkan membuat ibu dan anak memiliki waktu yang banyak untuk saling mengenal satu sama lain. Bagi sebagian besar ibu, masa-masa menyusui adalah masa paling manis dalam menjalani hubungan tersebut. Anda tentu ingin memberikan yang terbaik bagi asupan gizi si kecil. Tidak hanya dari susu untuk ibu menyusui, Anda juga harus memerhatikan asupan makanan yang masuk ke tubuh Anda untuk menghasilkan susu terbaik bagi si bayi.

Ada kalanya ASI sulit untuk terproduksi, padahal anak membutuhkan susu sebagai suplai makanannya. Cara terbaik untuk meningkatkan produksi susu Anda adalah dengan rutin memberikan ASI kepada bayi. Namun, produksi susu tersebut juga dapat dipicu dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan. Lalu, apa saja makanan yang baik bagi tubuh ibu menyusui?

Berikut makanan untuk ibu menyusui yang bisa dikonsumsi selama masa menyusui

1. Air

Air memang bukanlah makanan, namun ibu menyusui paling memerlukan cairan pengganti susu yang keluar dari tubuh.

2. Gandum

Gandum menjadi salah satu makanan untuk ibu menyusui. Pada gandum utuh merupakan makanan yang kaya dengan serat. Anda cukup memakan satu mangkok oatmeal yang dapat membuat Anda kenyang dan bertenaga setelah sarapan. Namun, yang paling penting, gandum dapat meningkatkan produksi susu. Gandum juga sarat dengan kandungan zat besi yang baik untuk kondisi ibu menyusui yang terancam terserang anemia.

3. Kacang Almond

Kacang almond dikenal dengan kandungan protein yang kaya. Selain itu, kacang almond juga turut menyumbang gizi kalsium. Oleh sebab itu, kacang almond menjadi salah satu makanan untuk ibu menyusui terutama untuk mendapatkan asupan 1000 mg kalsium setiap harinya. Vitamin E dalam kacang almond juga dapat bantu menyembuhkan rasa gatal yang disebabkan oleh stretch marks setelah masa kehamilan.

4. Daging Ikan Salmon

Ikan salmon adalah salah satu sumber mineral dari laut yang mengandung protein. Namun, ikan salmon sangat terkenal dengan kandungan DHA dan Omega-3 di dalamnya. DHA sendiri adalah jenis lemak yang diperlukan untuk perkembangan sistem saraf anak. Ibu menyusui harus banyak-banyak mengonsumsi ini untuk pertumbuhan anak yang lebih baik!

5. Yogurt

Anda memberikan asupan kalsium dan protein kepada anak saat menyusui. Oleh karena itu, Anda jangan melupakan asupan protein dan kalsium bagi tubuh Anda. Jika bosan dengan makanan hambar, Anda bisa mencoba yogurt dengan rasa yang Anda suka.

6. Kurma

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah kurma. Buah yang banyak dijual pada musim bulan puasa ini ternyata tidak hanya berfungsi sebagai makanan pembuka puasa saja. Buah kecil ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain itu, mereka juga memiliki manfaat untuk memicu produksi prolaktin.

7. Bayam

Sayuran hijau ini tidak hanya kaya dengan zat besi bagi ibu menyusui dan bayinya, tetapi juga dapat menguatkan si bayi nantinya. Selain itu, bayam juga mengandung zat yang dapat mencegah kanker payudara. Anda dapat menyertakan sayur bayam ke dalam salad Anda agar lebih menyenangkan.

8. Bawang Putih

Selain berfungsi sebagai penambah cita rasa pada makanan Anda, bawang putih juga dapat mendorong produksi ASI. Bahkan, bawang putih sebagai salah satu makanan yang wajib dikonsumsi untuk ibu menyusui pun sudah menjadi resep turun temurun berabad-abad, lho!

Itu tadi daftar makanan untuk ibu menyusui yang dapat Bunda konsumsi selama masa menyusui. Makanan-makanan tadi dapat Anda konsumsi sesuai dengan selera Anda. Ibu menyusui, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kandungan gizi bagi tubuh Anda dan si bayi, ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.