Bunda, Ini Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

mengatasi perut kembung pada bayi

Go Dok- Mengatasi perut kembung pada bayi- Perut kembung pada bayi tentunya akan mebuat setiap ibu menjadi senewen. Alasannya tidak lain karena perut kembung seringkali membuat bayi rewel, muntah, bahkan demam. Yuk, hindari kemungkinan buruk tadi dengan simak 6 cara mengatasinya!

Berikut ini cara mengatasi perut kembung pada bayi:

1. Gosok perut bayi

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang pertama adalah dengan menggosok lembut perutnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menelentangkan tubuh si kecil, lalu oleskan sedikit minyak telon atau minyak kayu putih ke permukaan perutnya. Setelah itu, gosok lembut perut bayi searah jarum jam. Cara ini dijamin dapat membuat perut bayi terasa nyaman sekaligus mendorong gas berlebih agar keluar.

2. Menepuk lembut punggung bayi

Selanjutnya, Anda juga bisa mencegah kembung pada anak dengan menepuk lembut punggungnya setiap kali ia habis menyusu. Caranya, angkat tubuh bayi dalam posisi tegak dan posisikan kepalanya berada di pundak Anda. Setelah itu, tepuk-tepuk punggungnya secara lembut hingga ia sendawa. Mudah, bukan?

3. Buat bayi agar lebih aktif

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang selanjutnya adalah dengan membuat bayi lebih aktif. Bagi Anda yang memiliki buah hati yang sudah bisa berjalan atau merangkak, maka selalu berikan ia stimulus agar terus bergerak aktif. Nah, khusus untuk bayi yang masih belum bisa berjalan atau merangkak, maka cobalah cara berikut ini: posisi tubuh bayi dalam keadaan telentang, lalu angkat kedua kakinya dan buatlah gerakan seakan-akan sedang berjalan. Jika dilakukan dengan benar, cara ini dijamin dapat membuat kembung pada bayi reda dengan segera.

4. Betulkan posisi menyusui

Satu hal yang sering terlupakan oleh ibu muda adalah seperti apa posisi menyusui yang benar. Karena, jika sampai salah, maka hal ini justru akan membuat perut bayi kembung dan begah. Untuk menghindari kemungkinan buruk ini, selalu pastikan bahwa kepala bayi lebih tinggi dibanding perutnya. Dengan begitu, bayi akan lebih mudah sendawa karena susu akan langsung mengalir ke perut dan mendorong gas berlebih keluar.

5. Hindari makanan pemicu kembung

Bayi Anda sudah mulai mendapatkan MPASI? Maka, selau pastikan bahwa bahan dasar yang Anda gunakan tidak memicu produksi gas berlebih di lambungnya. Daftar bahan pangan yang harus Anda hindari meliputi kol, kubis, jagung, kentang, kacang-kacangan, dan brokoli.

6. Mandikan dengan air hangat

Cara mengatasi perut kembung pada bayi yang terakhir adalah dengan memandikannya menggunakan air hangat. Jika si kecil sudah mulai rewel, dan cara yang telah disebutkan sebelumnya tetap tidak memberikan hasil maksimal, maka segera mandikan ia dengan air hangat suam-suam kuku. Suhu hangat terbukti dapat membuat perut bayi terasa lebih nyaman, Dengan begitu, dijamin kondisinya akan membaik dan tidak akan rewel lagi.

Itu tadi 6 cara mengatasi perut kembung pada bayi yang dapat dicoba oleh para ibu. Semoga bermanfaat, Bunda!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan buah hati Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ Go Dok untuk tanya jawab dengan dokter seputar permasalahannya. GRATIS! Download aplikasinya di sini.