Bunda, Berikut Ini 12 Tanda Kehamilan

Tanda kehamilan
Tahukah Anda, bahwa tubuh juga menunjukkan tanda kehamilan yang seringkali luput dari perhatian? Berikut penjelasannya!

GoDok – Tanda Kehamilan – Dengan semakin berkembangnya teknologi kesehatan, kini kehamilan tidak lagi menjadi perkara yang membingungkan. Ibaratnya, Anda cukup menggunakan test pack yang dapat dibeli di apotek terdekat untuk mengetahui ada atau tidaknya janin di dalam rahim. Namun, tahukah Anda, bahwa tubuh juga menunjukkan tanda kehamilan yang seringkali luput dari perhatian?

Berikut, Go Dok paparkan 12 tanda kehamilan yang harus Anda dan pasangan perhatikan:

Tanda Kehamilan

1. Telat haid

Tanda kehamilan pertama yang harus Anda perhatikan adalah haid yang tidak kunjung datang. Anda pasti paham bahwa selama proses kehamilan, calon ibu tidak akan mengalami haid sebab sel telur telah dibuahi.

Karenanya, jika haid tidak kunjung datang -padahal tanggal sudah menentukan masa awal siklus menstruasi-, maka segera konsultasikan hal ini dengan pasangan. Agar lebih yakin, Anda juga bisa mengecek benar atau tidaknya kehamilan dengan menggunakan test pack.

2. Mual

Mual, atau morning sickness, dan kehamilan memang dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Biasanya, kondisi ini akan dialami calon ibu di awal-awal masa kehamilan (±6 minggu), dan akan hilang dengan sendirinya jika kandungan sudah menginjak usia 12-16 minggu.

Apa sih penyebab mual pada ibu hamil? Tenyata, perubahan hormonal di dalam tubuhlah yang mendalangi timbulnya mual berulang.

3. Lelah dan lesu

Pada 3 bulan pertama masa kehamilan, calon ibu umumnya akan merasa mudah lelah dan lesu. Penyebabnya tidak lain karena peningkatan produksi hormon progesteron serta berubahnya metabolisme tubuh serta ritme jantung.

(Baca: Serba-Serbi Morning Sickness yang Harus Diketahui Ibu Hamil)

4. Munculnya bercak darah

Jarang yang mengetahui bahwa di masa kehamilan, calon ibu akan menemukan flek atau bercak darah. Jangan khawatir, sebab hal ini lumrah terjadi!

Munculnya flek atau bercak darah merupakan tanda bahwa sel telur yang telah dibuahi tengah menempelkan dirinya di dinding uterus. Proses ini dikenal dengan istilah implantasi.

5. Kram perut

Tanda kehamilan selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah timbulnya sensasi kram di area perut. Hal ini tidaklah mengherankan, sebab kram bisa diartikan sebagai sinyal yang dikirim tubuh untuk menggambarkan bahwa proses implantasi sel telur tengah berlangsung.

6. Produksi berlebih air liur

Berubahnya kadar hormon estrogen saat kehamilan ternyata memicu kelenjar air liur untuk bekerja secara berlebihan. Dampaknya, ibu hamil akan mengalami kondisi yang dinamakan hipersalivasi -sebuah keadaan di mana jumlah air liur lebih banyak dibandingkan dengan keadaan normal.

(Baca: Tunda Kehamilan dengan Mengonsumsi Pil KB, Amankah?)

7. Pusing

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan bahwa mereka kerap kali merasakan pusing dengan intensitas ringan hingga sedang di masa-masa awal kehamilan. Penyebabnya? Perubahan hormon tubuh pada ibu hamil memicu penyempitan pembuluh darah serta penurunan tensi.

8. Suhu tubuh meningkat

Tahukah Anda, bahwa kehamilan ternyata memicu peningkatan suhu basal tubuh? Karenanya, tidak heran jika ibu hamil seringkali merasa kegerahan, padahal suhu di sekelilingnya tergolong ideal.

9. Perubahan pada payudara

Ternyata, kehamilan tidak hanya akan mengubah kondisi hormonal calon ibu; tapi juga turut memengaruhi keadaan fisiknya. Salah satu contoh yang paling kentara adalah adanya perubahan pada payudara; meliputi bentuk puting yang lebih menonjol dengan warna yang terlihat kehitaman, payudara terasa kencang dan sensitif, hingga visibilitas pembuluh darah yang meningkat pada permukaan kulitnya.

(Baca: Serba-serbi Kesehatan pada Ibu Hamil)

10. Sering berkemih

Lagi-lagi, perubahan hormonal pada ibu hamil memicu peningkatan laju sirkulasi darah, terutama yang menuju ke ginjal. Hasilnya, calon ibu di awal masa kehamilannya akan lebih sering berkemih.

11. Sensitif bau

Meningkatnya kemampuan hidung ibu hamil dalam mencium berbagai aroma bukan sekedar mitos belaka, lho! Buktinya, banyak kasus di mana calon ibu tiba-tiba merasa mual setelah mencium bau tertentu. Jangan salah! Mual tidak hanya muncul karena bau yang menyengat, lho! Karena terkadang, mual juga bisa dipicu oleh wewangian.

12. Mood swings

Tanda kehamilan terakhir yang harus Anda perhatikan adalah adanya perubahan suasana hati (mood) yang signifikan. Satu saat, ibu hamil akan merasa sangat bahagia; namun berselang sebentar, susana hatinya dapat berubah 180o. .

(Baca: Mitos VS Fakta Seputar Kehamilan)

Itu tadi 12 tanda kehamilan yang harus Anda dan pasangan perhatikan. Semoga bermanfaat!