Bumil, Ini Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Hamil

olahraga yang bisa dilakukan saat hamil

 

Go Dok- Olahraga yang bisa dilakukan saat hamil- Menjadi ibu hamil menuntut Anda untuk menjaga kesehatan. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk si janin yang ditunggu-tunggu. Memiliki bayi yang terlahir sehat memang impian semua orang. Anda bisa melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan si bayi dengan menjaga pola makan, asupan nutrisi, dan tentunya berolahraga.

Melakukan olahraga bisa saja terdengar sulit bagi Anda. Bagaimana tidak, untuk bergerak sedikit saja susahnya minta ampun! Anda juga kerap merasa tidak aman jika berolahraga saat hamil. Eits, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa berolahraga saat hamil, lho! Apa saja jenis olahraga yang bisa dilakukan saat hamil tersebut?

Simak daftar olahraga yang bisa dilakukan saat hamil dari Go Dok berikut ini!

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Mayoclinic.org, berolahraga saat hamil bukan hal yang mustahil. Olahraga saat hamil justru mampu menjaga berat badan Anda, hingga menjadi persiapan sebelum kelahiran si kecil nanti. Bahkan, olahraga saat hamil dapat membantu anda mengurangi rasa sakit pada punggung, pusing, atau kembung.

Apa saja olahraga yang aman dilakukan saat hamil?

1. Berjalan kaki

Olahraga yang bisa dilakukan saat hamil dengan olahraga ringan yaitu berjalan kaki. Bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga bahkan pada saat tidak hamil, Anda bisa mulai dari olahraga ringan seperti berjalan kaki. Olahraga satu ini setara dengan aerobic ringan dengan beban tekanan yang tidak terlalu berat pada persendian Anda, terutama pergelangan kaki. Anda bisa berjalan selama 20-60 menit jika memungkinkan. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu dan bawalah air minum. Selalu perhatikan kondisi Anda dan berhenti ketika sudah mulai merasa lelah.

2. Berenang

Salah satu olahraga yang bisa dilakukan saat hamil yaitu dengan berenang.  Olahraga air satu ini dapat memberikan manfaat bagi kekuatan jantung Anda dan efisiensi pemompaan darah Anda. Jantung yang sehat akan memaksimalkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh dan meningkatkan kandungan oksigen di dalam darah. Selain itu, berenang merupakan salah satu olahraga teraman yang dilakukan ketika hamil! Anda bisa berenang selama 20-30 menit seharinya. Selain itu, Anda juga harus tetap menjaga diri Anda terhidrasi dengan meminum air mineral setiap sebelum, selama, dan setelah berenang.

3. Yoga kehamilan

Jika Anda merasa tidak aman dan kesulitan melakukan beberapa gerakan yoga. Anda bisa mencoba hatha yoga. Gerakan yoga dapat membantu Anda rileks dan menjaga bentuk tubuh serta kekuatan otot ketika hamil. Gunakan pakaian yang ringan dan nyaman. Anda juga bisa membawa bantal sebagai pengaman bagi perut Anda. Sebelum melakukannya, pastikan Anda sudah bicara kepada dokter kandungan dan ahlinya untuk bisa melakukan yoga.

4. Olahraga perut dan selangkangan

Terakhir, olahraga yang bisa dilakukan saat hamil adalah olahraga perut dan selangkangan. Otot bagian perut akan sangat mengalami penarikan yang cukup kencang, sehingga sering menyebabkan sakit pada punggung bagian bawah. Sedangkan, otot pada bagian tersebut sangatlah berguna ketika Anda harus membungkuk, mengangkat, dan membawa barang. Bahkan, melatih otot selangkangan Anda bisa membantu kelancaran persalinan nantinya. Anda bisa melakukan gerakan stretching seperti menarik bagian perut Anda kearah tulang belakang, lalu tahan beberapa detik sambil bernapas perlahan. Ulang beberapa kali sebanyak yang Anda bisa.

Sebelum melakukan olahraga, Anda tetap harus berkonsultasi pada dokter kehamilan Anda untuk memastikan kondisi kesehatan Anda, misalkan masalah pada selangkangan, placenta, anemia, kesehatan jantung serta paru-paru, serta tekanan darah Anda. Jika sudah dipastikan sehat, Anda bisa meminta rekomendasi olahraga yang tepat untuk Anda lakukan.

Seperti olahraga pada umumnya, Anda tidak boleh lupa untuk melakukan pemanasan ringan dan pendinginan setelah berolahraga. Bawalah air minum secukupnya untuk memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Ibu hamil, selamat mencoba!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.