Bumil, Ini Hal yang Harus Dilakukan Ketika Hamil 5 Bulan

hamil 5 bulan
Bumil, jaga kesehatan kandungan Anda dengan menerapkan tips-tips kehamilan saat usia kandungan Anda menginjak 5 bulan

GoDok – Hamil 5 Bulan – Seperti yang telah Anda ketahui, kehamilan merupakan momen yang paling ditunggu oleh pasangan suami-istri. Karenanya, tidak mengherankan jika baik calon ayah maupun calon ibu rela melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan kandungan. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika usia kandungan mencapai 5 bulan?

Simak penjelasan lengkap mengenai hal yang harus dilakukan ketika hamil 5 bulan

1. Makan dengan porsi kecil

Pertama, yang harus dilakukan ketika hamil 5 bulan adalah mengubah kebiasaan makan ibu hamil. Ya, daripada makan dalam porsi besar, Anda disarankan untuk makan dalam porsi kecil; namun sering. Ini dilakukan utnuk menghindari timbulnya keluhan nyeri pada ulu hati.

2. Perhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi

Salah satu ketakutan yang sering menghinggapi ibu hamil adalah pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, terutama tungkai kaki. Padahal, risiko ini bisa diminimalisir, lho! Caranya adalah dengan selalu memperhatikan jumlah cairan yang Anda konsumsi. Ketika kandungan menginjak usia 5 bulan, Anda dianjurkan untuk rutin meminum air mineral, baru disusul oleh susu atau jus.

Ingat, hindari konsumsi minuman yang mengandung soda dan kafein! Mengapa? Sebab, dua jenis minuman tersebut malah akan membuat tubuh mudah terkena dehidrasi.

3. Perbanyak istirahat

Selanjutnya, yang harus dilakukan ketika hamil 5 bulan adalah memperbanyak waktu istirahat. Selain karena tubuh yang lebih mudah lelah, langkah ini juga dianjurkan sebab ibu hamil akan sering mengeluhkan mata yang terasa kering dan perih. Jadi, mualilah menyeleksi kegiatan yang Anda lakukan, dan lungkan lebih banyak waktu luang untuk sekedar rebahan di rumah, ya!

(Baca: 9 Komplikasi Kehamilan yang Harus Anda Waspadai)

4. Rutin menggunakan losion

Salah satu perubahan fisik yang paling terlihat saat hamil 5 bulan adalah semakin banyaknya stretch mark yang bermunculan di area sekitar perut dan pinggang. Nah, untuk mengatasi rasa gatal yang biasa mengiringi kemunculan stertch mark, Anda disarankan untuk rutin mengoleskan losion. Selain bermanfaat untuk mengembalikan kelembapan kulit, losion yang terasa dingin juga terbukti ampuh mengurangi rasa gatal dan memberikan efek soothing.

5. Waspadai rasa nyeri

Pada saat kandungan menginjak usia 5 bulan, ibu hamil akan sering mengeluhkan timbulnya rasa nyeri di beberapa bagian tubuh, seperti pinggang dan selangkangan. Tidak usah khawatir! Redakan keluhan ini dengan mengompresnya menggunakan handuk yang sudah dicelupkan terlebih dahulu ke air panas.

6. Perhatikan posisi tidur

Di usia kandungan 5 bulan, ibu pasti akan sering merasakan ketidaknyamanan saat akan terlelap Bagaimana tidak! Perut yang semakin membuncit akan membatasi pilihan ibu dalam memilih posisi tidur yang nyaman. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Selean dengan menerapkan posisi tidur miring, ibu hamil juga dapat mengganjal kaki dengan tumpukan bantal agar posisinya lebih tinggi dari badan. Dengan cara ini, niscahya ibu hamil akan lebih mudah terlelap.

(Baca: Bunda, Kenali Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan)

7. Seksama dalam menentukan asupan makanan

Terakhir, yang harus dilakukan ketika hamil 5 bulan adalah memperhatikan dengan seksama asupan makanan yang dikonsumsi calon ibu. Ada biaknya, Anda memperbanyak asupan bahan pangan yang kaya akan kalsium dan vitamin D (susu dan kuning telur), omega 3 (ikan sardin dan salmon), vitamin A dan C (tomat, buah naga, dan apel), serta zat besi (daging dan hati ayam).

Itu tadi penjabaran lengkap mengenai apa saja yang harus dilakukan ketika hamil 5 bulan. Semoga bermanfaat!