Buah Pencegah Flu; Cegah Flu dengan Mengonsumsinya!

buah pencegah flu

GoDok- Buah pencegah flu- Flu; penyakit yang akrab sekali menimpa masyarakat Indonesia. Karenanya, tidak heran jika sebagian orang menganggap sepele gangguan kesehatan yang satu ini. Padahal, flu yang tidak segera ditangani dapat menurunkan performa Anda dalam beraktivitas, lho! Tidak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Yuk, bentengi diri dan keluarga dengan mengonsumsi 7 buah pencegah flu berikut ini!

1. Pisang

Buah pencegah flu yang pertama adalah pisang. Ternyata, dalam 1 buah pisang terkandung banyak senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti:

  • Vitamin C; berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus mencegah flu.
  • Vitamin B6; baik untuk kesehatan mental, mengatasi insomnia, dan meredakan depresi.
  • Magnesium; baik untuk kesehatan tulang dan gigi
  • Potasium; menstabilkan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko terkena penyakit jantung.
2. Anggur

Selain dikenal sebagai buah yang kaya akan antioksidan sehingga baik untuk mencegah kanker, anggur juga terbukti secara ilmiah dapat menurunkan kadar kolesterol sekaligus mempercepat proses pemulihan tubuh pasca terkena flu.

3. Pepaya

Siapa bilang kalau flu hanya bisa dicegah dengan buah-buahan mahal saja? Buktinya, pepaya yang notabene merupakan buah murah-meriah dipercaya para ahli dapat menurunkan risiko Anda terkena flu. Selain itu, kandungan beta-karoten dan vitamin E pada  buah ini juga terbukti efektif untuk meredakan peradangan dan asma. Jadi, sekali mendayung; dua-tiga pulau terlampaui, bukan?

4. Cranberry

Buah pencegah flu yang selanjutnya adalah cranberry. Nyatanya, dalam buah berukuran kecil ini banyak terkandung senyawa antioksidan dan probiotik yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati flu, serta menangkal timbulnya gangguan pada sistem pencernaan.

Memang, di Indonesia buah ini masih kurang akrab dikenal. Namun, kini Anda bisa merasakan manfaatnya dengan membeli jus cranberry dalam botol yang banyak dijual di pasar-pasar swalayan terdekat.

5. Apel

An apple for a day keeps the doctor away”.

Siapa yang tidak mengenal peribahasa tadi? Ya, apel memang sudah dipercaya sejak lama sebagai buah dengan seribu manfaat. Faktanya, selain kaya akan kandungan vitamin C yang berkhasiat untuk mengobati dan mencegah flu; senyawa antioksidan serta flavonoid dalam apel juga terbukti secara medis dapat menurunkan risiko Anda terkena kanker dan penyakit jantung.

6. Jeruk

Nah, ini dia buah yang dikenal luas sebagai musuh utama penyakit flu. Ya, jeruk sudah dipercaya sejak lama sebagai bahan pangan yang wajib dikonsumsi jika Anda ingin segera pulih dari flu, atau sekedar menambah kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit. Hal ini tentunya tidak terlepas dari fakta bahwa dalam sebutir jeruk terkandung vitamin A dan C dalam kadar yang tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari buah jeruk, Anda disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara langsung. Eits, jangan malah mengonsumsi jus jeruk kemasan, ya! Karena tingginya gula dan pemanis yang digunakan justru akan menurunkan manfaat jeruk bagi tubuh Anda.

7. Grapefruit

Buah pencegah flu yang terakhir adalah grapefruit. Secara sekilas, mungkin Anda akan mengira bahwa buah ini berbentuk mirip anggur. Padahal, grapefruit masih satu keluarga dengan jeruk, lho! Perlu diketahui bahwa dalam grapefruit terkandung vitamin C dan senyawa limonoids dalam jumlah tinggi. Kombinasi keduanyalah yang membuat buah ini baik dikonsumsi untuk menyembuhkan flu, meningkatkan kekebalan tubuh, serta menurunkan kolsterol.

Itu tadi 7 buah pencegah flu yang dapat Anda coba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.