Buah Melancarkan Pencernaan; Simak Daftarnya!

buah melancarkan pencernaan

Go Dok-  Buah melancarkan pencernaan- Sering merasa kesulitan buang air besar? Mungkin pencernaan Anda membutuhkan dorongan dari suplai makanan. Dibanding Anda harus menunggu lama sambil mengurut perut di kamar mandi, ada baiknya Anda mulai mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa melancarkan pencernaan, misalnya buah.

Beberapa jenis buah dipercaya menyediakan serat yang dapat meningkatkan kinerja pencernaan. Selain itu, buah juga mengandung enzim yang bantu menghancurkan protein yang sulit dicerna. Centers For Disease Control and Prevention, berdasarkan informasi yang dilansir dari Livestrong.com, menyarankan Anda untuk memakan beberapa jenis buah setiap harinya sebagai bagian dari diet dan pencernaan yang sehat. Buah apa sajakah yang bisa melancarkan pencernaan Anda?

Simak daftar buah melancarkan pencernaan yang telah Go Dok susun berikut ini!

1. Pir

Buah melancarkan pencernaan yang pertama yaitu pir. Anda kesulitan buang air selama beberapa hari terakhir? Coba konsumsi buah pir! Dalam setiap satu butir, buah pir mengandung 4 gram serat yang akan membantu mendorong makanan melalui saluran pencernaan. Selain itu, buah pir juga dapat memperbaiki tingkat kolestrol yang tinggi, diabetes, dan iritasi yang terjadi pada usus. Jika Anda tidak tertarik memakannya utuh-utuh, Anda bisa menyertai potongan buah pir di dalam sereal yang kaya akan serat.

2. Kiwi

Buah dengan warna kehijauan ini memiliki kandungan enzim bernama actinidin yang befungsi layaknya bromelain dan papain, yaitu enzim yang berperan dalam memecah protein. Actinidin dikenal sebagai katalis dapat pengolahan protein di dalam tubuh. Ahli menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah kiwi, papaya, dan nanas secara bersamaan karena ketiga enzim akan menjalankan tugasnya masing-masing ketika bertemu dengan asam di dalam perut.

3. Pepaya

Buah melancarkan pencernaan selanjutnya buah pepaya. Buah satu ini terkenal sebagai salah satu obat mujarab ketika mengalami sembelit. Pepaya mengandung enzim bernama papain yang berperan sebagai pemecah protein dan membuatnya sangat mudah untuk dicerna. Enzim tersebut mempercepat reaksi kimia yang mengolah protein dan mengalirkan makanan ke saluran pencernaan. Jangan heran jika setelah memakan buah ini, Anda segera merasa ‘terpanggil’ ke kamar mandi!

4. Raspberi

Beri memiliki berbagai manfaat dari kandungan nutrisinya, seperti antioksidan, serat, vitamin, dan mineral. Kandungan serat di dalam beri dapat membantu dalam merawat usus, fungsi usus yang sehat dan mengurangi masalah-masalah pencernaan lainya. Anda bisa menyertakan beri ke dalam mangkuk sereal Anda.

5. Nanas

Buah melancarkan pencernaan yang terakhir buah nanas. Bila Anda menggemari buah tropis satu ini, maka Anda beruntung! Meski rasanya asam, namun nanas bisa menjadi salah satu cemilan sehat. Kandungan bromelain di dalam nanas dapat bantu memecah protein. Enzim tersebut juga memiliki sifat anti peradangan sehingga dapat menjadi obat bagi pencernaan.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk memakan buah? Kebanyakan orang mengonsumsi buah setelah makan sebagai pencuci mulut. Padahal menurut Steptohealth.com, jika Anda memakan buah sebelum makan besar, buah tersebut akan tercerna dan bereaksi lebih cepat dalam perut yang kosong.

Jadi, jangan lupa makan buah sebelum makan, ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.