Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

ibu hamil minum kopi

Ibu hamil minum kopi, bolehkah? Konsumsi kopi saat hamil harus dibatasi, yaitu maksimal 200mg atau setara dengan dua cangkir kopi per harinya. Jika ibu hamil minum kopi lebih dari dua gelas per hari, maka risiko kegugurannya akan meningkat sebanyak dua kali lipat.

Go Dok- Selama menjalani masa kehamilan, tentu Anda ingin semuanya berjalan sempurna dan kandungan selalu dalam keadaan sehat. Pertumbuhan janin di dalam rahim Anda begitu penting, sehingga makanan dan minuman yang Anda konsumsi pun dipilih dengan sangat hati-hati. Tentunya, Anda tak ingin perkembangan janin terganggu hanya karena salah makan, atau salah minum, bukan? Nah, salah satu kepercayaan yang  berkembang di masyarakat adalah seorang wanita yang tengah hamil diharamkan untuk minum kopi. Alasannya, kandungan kafein di dalam kopi bisa berbahaya bagi si janin. Benarkah pendapat tersebut? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan dari pertanyaan lengkap berikut ini!

Apa pengaruh kopi pada ibu hamil?

Bagi Anda pecinta kopi yang tengah mengandung, tak perlu cemas. Sebab, ibu hamil minum kopi adalah hal yang aman untuk dilakukan. Hal yang menyebutkan bahwa kafein berbahaya dan dapat menurunkan IQ si jabang bayi ternyata hanya mitos. Pasalnya, menurut sebuah hasil studi yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology, tidak ada bukti bahwa mengonsumsi kafein bisa berdampak buruk pada kecerdasan janin, ataupun pada anak usia 4-7 tahun.

Sejalan dengan hal ini, sebuah penelitian yang dilakukan para ilmuwan Ohio State University College of Medicine, juga menyatakan bahwa tidak ada penurunan kecerdasan intelektual pada anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi kopi di masa kehamilannya. Namun, tentu saja konsumsi kopi saat hamil harus dibatasi, yaitu maksimal 200mg atau setara dengan dua cangkir kopi per harinya. Lebih dari itu, tentu akan ada efek tertentu yang dihasilkan kafein terhadap perkembangan janin.

Berbahayakah jika ibu hamil minum kopi terlalu banyak?

Jawabannya adalah ya, akan ada dampak negatif jika seorang ibu hamil minum kopi lebih dari batas yang telah ditentukan. Pasalnya, suatu penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa jika ibu hamil minum kopi lebih dari dua gelas per hari, maka risiko kegugurannya akan meningkat sebanyak dua kali lipat. Tak hanya itu, penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa saat baru lahir, bayi yang dilahirkan dari wanita yang mengonsumsi kafein lebih dari 500mg setiap harinya akan memiliki berat badan lebih rendah dari rata-rata berat normal bayi lainnya. Dan yang lebih mengerikan lagi, mengonsumsi kafein lebih dari batas yang ditentukan juga meningkatkan risiko kematian bayi di dalam kandungan.

Dari penjelasan tersebut, tentu akan lebih aman jika Anda tidak mengonsumsi kopi setiap harinya di masa kehamilan. Sebab, ibu hamil juga dapat menderita insomnia dan mengalami rasa gelisah yang berlebihan jika mengonsumsi kafein terlalu banyak. Tak hanya itu, meminum kopi juga bisa menyebabkan sekresi asam lambung yang tentu tidak bagus bagi ibu hamil yang juga menderita penyakit maag.

Lalu, bagaimana cara mengurangi konsumsi kopi?

Saat ibu hamil minum kopi, harus ada self-control yang kuat dari ibu itu sendiri. Karenanya, tahan diri Anda untuk minum kopi setiap hari, dan gantilah rutinitas minum kopi dengan meminum teh yang tidak kental, atau dengan hanya mengonsumsi kopi decaf.

Nah, itu dia serba-serbi ibu hamil minum kopi yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.