Bersihkan Rumah, Cara Jitu Bakar Kalori!

www.go-dok.com

Makin beragamnya jenis makanan di luar sana tentu saja menjadi godaan tersendiri bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Selain itu, kurangnya sarana berolahraga juga dapat turut memperburuk kondisi tadi. Lalu, adakah solusi lain yang dapat dilakukan agar Anda tetap dapat menyantap hidangan lezat tanpa harus khawatir berat badan meningkat? Solusinya ternyata mudah. Salah satunya adalah dengan menyibukkan diri Anda dengan kegiatan bersih-bersih di rumah.

Kebutuhan kalori per hari setiap orang sangatlah bervariasi, tergantung pada usia, jenis kelamin, hingga jenis aktivitas yang dilakukan. Namun, pada umumnya kebutuhan kalori wanita dewasa adalah 1600, sedangkan pria membutuhkan 2000 kalori. Jika Anda ingin menurunkan 1 kg bobot tubuh, setidaknya 7000 kalori harus terpangkas. Mengutip dari Huffington Post, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk membuang kelebihan berat badan tadi adalah dengan melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, seperti:

  • Menyapu rumah/30 menit= 153 kalori
  • Mengepel/30 menit = 187 kalori
  • Membersihkan bak mandi/15 menit= 90 kalori
  • Menyedot debu dengan vacuum cleaner/30 menit = 119 kalori
  • Membersihkan jendela/30 menit = 167 kalori
  • Menata isi lemari/30 menit = 85 kalori
  • Menyuci mobil/30 menit = 153 kalori

Jika merasa kalori yang dibakar masih kurang dan ingin dengan cepat mendapatkan tubuh ideal, Anda dapat meningkatkan durasi dan intensitas aktivitas di atas. Pasang lagu favorit untuk meningkatkan semangat karena musik dapat membuat pikiran Anda rileks sehingga rasa capek tidak akan terlalu terasa. Tapi, jangan terlalu berlebihan dalam melakukannya, karena segala sesautu yang berlebihan tidak akan berdampak baik bagi tubuh.

Jadi, masih malas membersihkan rumah? Daripada hari Anda diisi dengan bermalas-malasan di depan tv atau tidur-tiduran di kamar, ada baiknya sibukkan diri dengan kegiatan-kegiatan di atas. Selain membuat rumah menjadi hunian yang nyaman karena bebas dari kotoran dan debu, Anda secara tidak langsung telah membuang lemak yang mengganggu penampilan. Hebat, bukan? Selamat mencoba!