Berniat Menjenguk di Rumah Sakit? Perhatikan Dulu Hal-Hal Berikut

GoDok – Pernahkah Anda menjenguk seorang teman atau kerabat saat mereka sedang dirawat di rumah sakit? Tentunya, Anda dapat merasakan bahwa orang-orang tersebut tidak nyaman berada di sana. Bagi para pasien, rumah sakit bisa saja menjadi dunia yang sangat berbeda. Waktu siang dan malam mungkin saja terasa lebih panjang daripada saat mereka berada di rumah. Apa sebabnya? Selain rasa sakit yang diderita, tentu saja penyebabnya adalah kebosanan tingkat akut. Terutama bagi yang harus dirawat dalam waktu lama. Nah, karena itu, dalam menjenguk mereka yang sakit, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, agar si sakit merasa lebih nyaman.

Apa saja hal yang harus diperhatikan?

Sebelum memutuskan untuk mengunjungi kerabat atau kawan di rumah sakit, yuk lakukan hal-hal ini terlebih dahulu :

  1. Tanyakan kepada keluarga atau teman Anda secara langsung jam kunjung rumah sakit tempat kerabat Anda dirawat. Jangan sampai Anda berkunjung ketika jam kunjung telah berakhir sehingga kedatangan Anda menjadi percuma karena tidak bisa bertemu secara langsung. Atau kemungkinan yang kedua adalah Anda datang disaat jam kunjung akan segera berakhir sehingga hanya sedikit waktu yang dimiliki untuk berbicara dengan kerabat. Memastikan jam kunjung akan membuat Anda memiliki waktu yang lebih lama untuk bertemu dan berbicara dengan kerabat Anda.
  1. Cari tahu pula mengenai penyakit atau gangguan kesehatan yang sedang dialami oleh kerabat Anda sebelum menjenguknya ke rumah sakit. Hal ini akan mempermudah Anda dalam memilih jenis hadiah yang akan dibawakan.
Lalu, apa saja yang sebaiknya dibawa?

Seringkali, memilih hadiah untuk dibawakan saat menjenguk kerabat menjadi perkara yang membingungkan. Ujung-ujungnya, Anda lalu membeli seikat bunga yang justru sedikit kegunaannya.  Nah, untuk membantu  Anda menentukan pilihan, yuk simak daftar hadiah berikut :

1. Makanan favorit

Makanan seperti roti, minuman dan buah adalah jenis hadiah yang merupakan salah satu pilihan tepat ketika mengunjungi seseorang di rumah sakit. Nah, untuk menentukan jenis makanan apa yang akan dibawa ketika menjenguk, ada baiknya Anda mencari tahu jenis penyakit yang teman Anda derita, dan seperti apa perawatannya. Hal ini berguna sebagai panduan, agar Anda tidak membeli makanan yang sedang pantang dimakannya. Kalau bisa, bawakan pula makanan atau buah favoritnya, ya!

(Baca: Ini Dia 7 Jenis Makanan Peningkat Kadar Trombosit)

2. Obat alami

Meskipun selama menjalani perawatan di rumah sakit kemungkina besar kerabat Anda mendapatkan pengobatan terbaik, namun tidak ada salahnya jika Anda membawakan jamu atau obat alternatif lainnya ketika menjenguk. Misalnya, ketika kerabat Anda menderita DBD, Anda dapat membawakan mereka angkak yang diolah menjadi jenis makanan tertentu seperti ayam angkak. Bisa pula Anda bawakan jus jambu yang juga dipercaya dapat membantu menaikan trombosit.

(Baca: Konsumsilah Makanan Berikut! Berkhasiat untuk Menyembuhkan Demam Berdarah)

3. Hiburan

Percayalah, saat berada di rumah sakit, kawan Anda akan mengalami kebosanan yang amat sangat. Untuk membantunya mengatasi kebosanan, bawakanlah ia buku, majalah, film, ataupun video game kegemarannya. Jika ia menyukai kisah romantis, maka bawakanlah novel cinta atau video drama Korea. Jangan lupa, bawakan pula pemutar musik atau lagu-lagu yang dapat mencerahkan suasana kamar pasiennya.

Nah, jika Anda memperhatikan secara detail, pastinya kunjungan Anda akan berkesan dan membuat teman yang sakit merasa lebih baik. Namun ingat, jangan terlalu lama dalam berkunjung ya, perhatikan pula jam besuk di rumah sakit. Sebab teman Anda juga harus banyak beristirahat. Semoga bermanfaat!