Berniat Mengajak Si Kecil Jalan-jalan? Ini Hal yang Perlu Diperhatikan!

www.go-dok.com

Siapa yang tidak suka travelling? Setiap orang menyukai kegiatan ini, tidak terkecuali si kecil. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan yang satu ini, khususnya yang berhubungan dengan proses tumbuh kembang anak. Namun, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk travelling bersama si kecil, seperti :

1. Pilih lokasi secara selektif

Sebelum pergi, sebaiknya pilih lokasi sesuai kondisi anak, misalnya jika si kecil belum pernah travelling, pilihlah tempat yang tidak terlalu jauh, tidak terlalu ekstrem dan belum pernah dikunjungi oleh si kecil sebelumnya. Namun, jika si kecil sudah besar, mulai komunikasikanlah destinasi liburan yang akan Anda dan si kecil kunjungi sehingga ia akan lebih antusias untuk travelling.

2. Tentukan transportasi secara bijak

Mulailah pertimbangkan sarana transportasi yang akan dipakai. Ada baiknya untuk memilih sarana transportasi yang disesuaikan dengan jarak tempuh. Contoh, jika Anda dan keluarga memutuskan untuk jalan-jalan ke luar kota atau bahkan luar negeri, pesawat merupakan pilihan yang paling tepat, mengingat akan banyak energi yang terbuang selama perjalanan jika memaksakan menggunakan sarana transportasi lain.

3. Penginapan

Saat akan memilih penginapan, jangan ragu untuk bertanya tentang hal-hal yang mereka sediakan bagi pelanggan muda. Utamakan penginapan yang memiliki layanan seperti ruangan bermain anak dan menyediakan sarana yang dibutuhkan oleh si kecil, seperti kursi makan anak, kulkas untuk menyimpan susu, serta kasur lipat untuk penggantian popok. Selain itu, jangan lupa pula untuk bertanya apakah penginapan Anda memiliki sarana ekstra untuk anak-anak – seperti buku mewarnai atau mainan karet yang menemani mereka saat berenang atau mandi. Jika kesemuanya terpenuhi, si kecil pastinya lebih mudah ditenangkan ketika rewel.

4. Persiapkan kebutuhan anak secara cermat

Hal yang tidak boleh dilupakan saat mengajak anak-anak travelling adalah perlengkapan harian mereka, seperti:

  • Popok bayi
  • Botol susu
  • Stroller
  • Baju dan celana ganti
  • Perlengkapan mandi anak
  • Aksesoris anak, seperti topi, kaus kaki, sarung tangan, dll.

5. Bekal kudapan untuk si kecil

Akan sangat menjengkelkan jika anak merengek-rengek di tengah perjalanan. Karena itu, bawa serta kudapan dan minuman favorit si kecil agar ia anteng selama perjalanan. Dengan membawa bekal sendiri, Anda dapat menghemat pengeluaran dan memastikan kesehatan makanan yang dikonsumsi.

6. Luangkan budget lebih

Luangkan uang lebih dari yang sudah dianggarkan, siapa tahu si kecil ingin membeli mainan di arena wisata. Karena itu, perhatikan dengan cermat total dana yang dialokasikan agar Anda tidak kebobolan.

7. Bawa obat P3K

Untuk memastikan kenyamanan Anda sekeluarga saat perjalanan dan sebagai langkah antisipasi, bawa serta obat-obat P3K seperti obat anti mabuk perjalanan, antiseptik, plester, dll.

Setelah semua persiapan lengkap, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah membangun suasana bahagia bersama keluarga. Selamat berlibur !

 

Comments are closed.