Berniat Mendaki Gunung? Perhatikan Dahulu Hal-hal Berikut!

GoDok – Ayo, absen! Siapa di antara kalian yang gemar mendaki gunung? Mungkin bagi Anda yang menyukainya, mendaki gunung dapat menjadi sebuah hiburan tersendiri. Rasa lelah karena menumpuh perjalanan yang ekstrem akan terbayar dengan suguhan pemandangan yang indah di puncak gunung. Selain untuk menikmati indahnya alam, biasanya seseorang memutuskan mendaki gunung untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Meskipun kaya akan manfaat, namun mendaki gunung bukanlah perkara yang sepele, lho! Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika berniat hiking minggu ini:

1. Beban

Medan yang sulit, jarak tempuh yang jauh serta kondisi jalan yang menanjak menjadi tantangan bagi Anda, sehingga diperlukan pertimbangan dalam membawa berbagai macam perlengkapan. Namun, banyaknya perlengkapan yang dibawa akan semakin mempersulit pendakian dan tentunya akan semakin menambah beban Anda.

2. Makanan

Karbohidrat menjadi kunci bagi Anda untuk mempertahankan kondisi kesehatan selama mendaki.  Pendaki gunung profesional akan lebih memilih makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan rendah lemak. Mengapa? Karena, karbohidrat berperan dalam membantu menggantikan glikogen serta mencegah proses pembakaran protein. Carolyn Gunn seorang penulis Ekspedisi Cookbook berpendapat bahwa para pendaki diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan kalori sebanyak 4000 kalori per hari, dimana makanan yang dikonsumsi terdiri dari 65% karbohidrat, 20% lemak dan 15% protein. Hal ini disebabkan karena mendaki gunung akan membuat tubuh mengeluarkan  energi sebanyak 6.000 kalori setiap harinya (tergantung pada ketinggian, suhu udara, dan kesulitan medan). Semakin tinggi puncak yang Anda daki semakin besar kalori yang dibakar. Jadi, selektif lah dalam memilih makanan ya!

3. Dehidrasi

Salah satu kunci sukses untuk mencapai puncak gunung adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan Anda. Karena, dehidrasi akan memperburuk gejala penyakit ketinggian dan akan mengurangi nafsu makan. Selain itu, kekurangan cairan akan menyebabkan kepala menjadi sakit. Jika Anda mulai merasa sakit pada kepala, cobalah untuk minum dan mengonsumsi makanan manis seperti permen.

4. Batas Ketinggian

Tahukah Anda bahwa setiap harinya Anda hanya diperbolehkan mendaki gunung tidak lebih dari 2.000 kaki? Apabila mendaki lebih dari 2.000 kaku akan berbahaya bagi kesehatan. Nah, hal yang harus dilakukan dengan mempertimbangkan ketinggian dari gunung yang akan didaki. Ingat! Ketinggian akan memicu tubuh kehilangan nafsu makan yang dapat berpotensi anoreksia.

5. Obat-obatan

Untuk mengatasi sesuatu yang mungkin terjadi selama pendakian, seperti cedera yang mungkin terjadi maka sebaiknya Anda membawa berbagai macam perlengkapan dan berbagai macam jenis obat-obatan serta peralatan. Selain itu, karena di gunung banyak tumbuhan yang bisa dijadikan obat-obatan, akan lebih baik apabila Anda memiliki sedikit pegetahuan beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk pengobatan. ini akan sangat membantu ketika Anda mengalami cedera dan tidak membawa obat sama sekali.

Baca artikel terkait mengenai hubungan travelling dengan kesehatan jiwa, klik di sini.

Comments are closed.