Bekal Sehat Saat Mudik Untuk Keluarga Anda

bekal sehat saat mudik

Go Dok – Bekal Sehat Saat Mudik- Menjelang Hari Raya, tentu Anda dan keluarga sudah mulai bersiap untuk mudik, alias pulang kampung. Semua hal sudah disiapkan, mulai dari rentetan cuti, kondisi kendaraan, hingga rencana perjalanan. Namun, satu hal yang sering diabaikan oleh para pemudik adalah bekal makanan. Tak jarang, berbuka puasa di waktu mudik hanya diisi dengan makanan sekadarnya. Makan malam pun kemudiaan memilih makanan apa saja yang daerahnya dekat, tanpa memperdulikan nilai gizinya.

Awas! Kebiasaan ini justru bisa membuat Anda sakit saat Lebaran. Untuk itu, ada baiknya jika Anda menyiapkan bekal sehat saat mudik untuk keluarga Anda. Bekal yang sehat ini haruslah terdiri atas asupan karbohidrat, protein, serat, vitamin, serta mineral yang cukup. Penasaran apa saja bekal sehat yang layak dibawa saat mudik?

Ini dia daftar bekal sehat saat mudik lengkapnya :

1. Air putih

Bekal sehat saat mudik yang pertama adalah air putih. Ya, dahulukan meminum air putih sebelum minuman lainnya saat berbuka puasa, makan malam, dan sahur. Jangan lupa juga untuk sesekali meminum air putih selama mengemudi (setelah berbuka puasa tentunya), sehingga tubuh Anda tetap terhidrasi dan tidak cepat mengantuk. Hindari kopi atau minuman berenergi ya, sebab keduanya hanya akan merangsang dorongan untuk buang air kecil.

2. Sayur mentah atau tumis

Bekal sehat saat mudik yang selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan serat setelah berpuasa, tentu sayur bisa menjadi salah satu pilihan. Namun, sayur basah akan cepat menjadi basi jika Anda bawa selama lebih dari 6 jam. Karenanya, akan lebih baik jika Anda membawa selada mentah, atau menumis sayuran agar kadar air yang ada lebih sedikit atau kering.

3. Nasi

Bekal sehat saat mudik yang tak boleh ketinggalan adalah nasi, si sumber karbohidrat utama masyarakat Indonesia. Penting bagi Anda menyiapkan bekal nasi untuk sahur serta makan malam. Agar tak cepat basi, jangan packing nasi selagi masih panas, namun tunggulah hingga nasi sedikit mendingin. Dengan begini, nasi tidak akan cepat basi.

4. Lemper dan arem-arem

Selanjutnya bekal sehat saat mudk yang bisa Anda bawa adalah lemper dan arem-arem. Usahakan untuk tidak membeli kedua jajanan ini di pedagang asongan atau kaki lima, melainkan dari tempat yang terpercaya kebersihannya. Atau, Anda dapat pula membuatnya sendiri di rumah, namun hindari memasukkan sayur ke dalam gulungannya, untuk menghindari basi. Masukkanlah cacahan daging dan bihun, untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein Anda.

5. Buah-buahan

Buah-buahan merupakan salah satu bekal sehat saat mudik yang harus Anda bawa guna memenuhi kebutuhan vitamin, mineral, serat, serta gula. Bawalah buah favorit Anda, seperti pisang, melon, semaangka, apel, alpukat, atau jeruk . Akan lebih baik jika Anda membawa buah yang belum dikupas (masih ada kulitnya), untuk menjaga kesegarannya saat dikonsumsi. Anda dapat pula membuat salad buah lho, dengan menaburkan sedikit keju serta mayonaise pada campuran buah-buahan. Terdengar lezat, bukan?

6. Roti gandum

Bagi Anda yang tidak ingin repot membawa nasi, cobalah penuhi asupan karbohidrat Anda dengan roti gandum. Roti yang kaya akan gandum ini sudah banyak dijual di pertokoan, dan dapat dikemas dengan praktis. Anda dapat membuat sandwich dengan menambahkan sedikit bawang, lembaran daging, serta selada segar.

7. Kacang-kacangan

Bekal sehat saat mudik yang terakhir adalah kacang-kacangan. Tentu menu ini bukan untuk makan berat, melainkan untuk camilan selama perjalanan agar perut Anda tetap terisi. Pasalnya, kacang-kacangan mengandung ragam nutrisi penting, seperti viyamin, mineral, protein, dan lemak sehat. Nah, kacang-kacangan sehat yang bisa Anda bawa untuk mudik meliputi kacang mete, kenari, serta almond.

Nah, itu dia 6 bekal sehat saat mudik  yang tak boleh ketinggalan! Selamat mudik, dan semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.