Begini Cara Mempererat Hubungan Ibu dengan Anak

cara mempererat hubungan ibu dengan anak

Go Dok- Cara mempererat hubungan ibu dengan anak- Ibu mana pun pasti berharap memiliki hubungan yang erat dengan anaknya. Namun, perbedaan jarak usia yang jauh terkadang menjadi penghalang hubungan tersebut. Bukannya anak merasa nyaman dengan orang tuanya, anak justru merasa takut dan menjauh dari orang tuanya. Lantas, apa yang bisa dilakukan jika Anda sebagai orang tua tersebut?

Simak paparan mengenai cara mempererat hubungan ibu dengan anak berikut!

Baik ibu rumah tangga atau ibu bekerja pasti mengharapkan hubungan yang erat dengan anaknya. Hal tersebut mungkin sulit untuk dilakukan bagi sebagian orang karena hubungan terlanjur berjarak. Namun, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai cara mempererat hubungan ibu dengan anak, yaitu:

1. Tunjukkan kehadiran diri Anda

Hal paling mudah sebagai cara mempererat hubungan ibu dan anak adalah dengan menunjukkan kehadiran diri Anda. Pertama, tunjukkan kehadiran fisik Anda dengan perbanyak waktu di rumah. Dengan demikian, anak akan tersadar bahwa ada keberadaan seorang ibu di rumahnya. Selain itu, Anda juga harus menunjukkan kehadiran Anda dengan memperbanyak interaksi dan komunikasi.

2. Berikan empati dan pengertian

Hal pertama yang harus Anda mengerti dari anak adalah mengerti kondisi dirinya, seperti usia atau temperamen anak. Setiap anak memiliki kematangan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, terima anak sebagai dirinya sendiri agar mereka merasa nyaman dengan identitas dan kepribadiannya sendiri.

Bila tahap ini sudah dilewati, biasanya anak akan lebih terbuka untuk bercerita tentang apa saja. Baik itu seputar sekolahnya, prestasinya, hubungannya dengan teman-temannya di sekolah, hingga masalah percintaan. Pahami sudut pandangnya sebagai anak yang masih berusia sekolah agar ia merasa dekat dengan Anda. Hal ini tidak hanya menguatkan koneksi tapi juga membangun kecerdasan emosional.

3. Perlakukan anak seperti sahabat

Bukankah menyenangkan jika Anda bisa berteman dengan si kecil? Oleh karena itu, cara mempererat hubungan ibu dengan anak dengan memperlakukan anak layaknya sahabat Anda! Tunjukkan kepada anak bahwa Anda tidak hadir di dalam keluarga untuk memarahi setiap kesalahan yang ia tidak sengaja perbuat. Justru, Anda bisa bantu menyelesaikan masalah layaknya teman.

Tenangkan ia ketika ia merasa sedih, bingung, gundah, dan hilangkan rasa bersalahnya agar ia merasa Anda bisa diandalkan. Selain itu, gunakan kalimat yang mengasyikkan bagi si anak, seperti “Selamat bersenang-senang!” dibandingkan “Baik-baik, ya!”

4. Melakukan aktivitas yang memerlukan kerjasama

Jika ada kesempatan untuk bersama anak di rumah, maka Anda bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas atau pekerjaan rumah bersama-sama, seperti memasak, membereskan rumah, atau mencuci piring. Aktivitas yang ringan akan menimbulkan kesadaran pada anak untuk tumbuh dewasa menjadi individu seperti Anda.

5. Perbanyak tertawa bersama

Ketika sedang bersama di meja makan atau bercengkrama, coba lebih banyak mengungkit topik yang lucu agar menambah cair suasana. Dengan memberbanyak tawa, Anda dan si kecil akan lebih merasa akrab satu sama lain. Anda juga bisa memulai kebiasaan untuk ikut menertawakan lelucon yang ia keluarkan agar ia merasa Anda satu referensi dengannya.

6. Bercengkrama 5 menit setelah anak bangun tidur

Kebiasaan sederhana dengan menyempatkan waktu 5 menit saja setelah membangunkan anak dari tidurnya dapat membuat Anda lebih akrab. Anda bisa membiarkan anak bermanja-manja setelah bangun tidur sebelum membiarkan anak kembali beraktivitas.

7. Makan bersama

Hal yang tidak boleh terlupa sebelum anak ke sekolah adalah menyempatkan waktu untuk sarapan bersama. Kegiatan ini dapat Anda jadikan cara untuk mempererat hubungan ibu dengan anak. Selain memastikan anak mendapatkan asupan makanan di pagi hari, hal ini dimaksudkan agar ia sadar bahwa Anda siap mengantarnya untuk beraktivitas di hari itu. Jika tidak sempat, Anda bisa mengajaknya makan malam bersama sambil menanyakan bagaimana hari-harinya.

Hal yang perlu Anda ingat adalah tidak hanya frekuensi kehadiran Anda di sekitarnya, tetapi juga kualitas interaksi. Biasakan Anda tidak terpaku pada layar gadget Anda ketika berinteraksi, tetapi berikanlah perhatian sepenuhnya agar anak merasa sepenuhnya diri Anda hadir untuknya.

Itu tadi cara mempererat hubungan ibu dengan anak. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

NA/PJ/MA

Referensi