Bahaya Tidur Setelah Sahur, Waspadai Sebelum Terlambat!

bahaya tidur setelah sahur
Sebenarnya, penjelasan tentang mengapa seseorang mengantuk setelah sahur tidak jauh berbeda dengan mengapa seseorang mengantuk setelah makan siang. Begitupun dengan bahayanya

Go Dok – Bahaya Tidur Setelah SahurBagi Anda yang menjalankan puasa, tentunya sebulan ke depan akan menjadi waktu-waktu yang spesial. Rutinitas Anda akan berubah, baik dari pagi hingga sore hari. Hal yang pertama akan berubah tentunya adalah jam bangun pagi Anda, dari yang mungkin subuh hari, mundur menjadi sebelum subuh menjelang, alias jam 3 pagi! Wah, sulit sekali rasanya, bukan?

Nah, karena perubahan kebiasaan inilah, kemudian tubuh Anda akan sedikit kesulitan untuk menyesuaikan diri untuk tetap terjaga. Hasilnya? Kantuk akan cepat menyerang dan keinginan untuk tidur kemudian pun tak bisa Anda tolak. Hati-hati! Hal ini bisa membuat Anda menderita penyakit parah, lho! Bagaimana bisa? Yuk, simak serba-serbi bahaya tidur setelah sahur berikut ini!

Mengapa seseorang mengantuk setelah sahur?

Sebenarnya, penjelasan tentang mengapa seseorang mengantuk setelah sahur tidak jauh berbeda dengan mengapa seseorang mengantuk setelah makan siang. Saat perut Anda kenyang, kondisi tubuh yang tengah bersiap untuk mencerna makanan akan meningkatkan reaksi saraf parasimpatik. Hal ini akan menyebabkan menurunnya produksi homon adrenalin dan memperlambat detak jantung. Hasilnya, Anda akan lebih mudah merasa ngantuk dan lesu saat kenyang.

Tak hanya itu, rasa kantuk ini dapat pula dipicu oleh kinerja enzim yang lebih keras. Saat sahur, Anda juga memasok banyak kalori ke dalam tubuh guna mencukupi kebutuhan seharian. Makanan yang mengandung kalori ini akan dipecah oleh enzim metabolik dan enzim pencernaan untuk kemudian dicerna oleh tubuh. Nah, semakin banyak kalori yang dikonsumsi, akan semakin besar pula energi yang dikerahkan oleh tubuh guna memacu kinerja kedua enzim tadi. Usaha ekstra dari tubuh inilah yang kemudian mengundang rasa kantuk setelah makan besar.

Selain kedua hal di atas, rasa kantuk juga biasanya dipicu setelah sahur karena waktu tidur Anda menjadi berkurang ketimbang hari-hari biasa. Misalnya, jika di hari biasa Anda tidur 8 jam, namun karena sahur waktu ini terpotong 2 jam menjadi hanya 6 jam. Kekurangan tidur akan lebih mudah membuat Anda merasa mengantuk sebelum subuh hari, khususnya setelah perut penuh dan tubuh menjadi hangat. Terlebih, di waktu sahur, tubuh Anda masih memproduksi hormon melatonin yang berguna untuk membantu Anda untuk tidur di malam hari. Karenanya, tak heran jika sehabis sahur, menyentuh bantal sedikit saja Anda akan langsung terlelap.

Bahaya Tidur Setelah Sahur

Sebenarnya, bahaya tidur setelah sahur sama saja dengan bahaya yang timbul jika Anda sering langsung tidur setelah makan.

1. Asam lambung

Bahaya tidur setelah sahur dapat memicu naiknya asam lambung. Penyakit yang satu ini biasa menyerang banyak orang ketika Ramadhan menjelang, dan tentu akan semakin parah jika Anda membiasakan diri untuk langsung tidur setelah makan sahur. Pasalnya, makanan yang seharusnya langsung dicerna justru akan tertumpuk. Hal ini menggaanggu proses pencernaan dan dapat memicu naiknya asam lambung. Anda tentu tidak mau hal ini terjadi, kan?

2. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

Selanjutnya, bahaya tidur setelah sahur yaitu GERD. Masih berhubungan dengan lambung, penyakit yang satu ini timbul karena lemahnya katup antara lambung dan tenggorokan Anda. Hal ini bisa menyebabkan asam lambung naik hingga ke dalam kerongkongan Anda, setelah dibarengi gejala berupa timbulnya rasa nyeri di bagian dada. Hal ini juga akan lebih mudah dipicu saat Anda membiasakan diri langsung tidur sehabis makan.

3. Rentan terkena stroke

Menurut sebuah penelitian terbaru di Yunani, membuktikan bahwa mereka yang langsung tidur setelah sahur atau setelah makan memiliki risiko terkena stroke lebih besar dibandingkan mereka yang tidak. Karenanya, Anda dianjurkan untuk menunggu selama beberapa jam setelah makan sebelum kemudian tidur kembali.

Nah, itu dia penyebab dan bahaya tidur setelah sahur yang harus Anda ketahui. Yuk, jalani puasa di bulan Ramadhan kali ini dengan sehat. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.