Bahaya Rokok bagi Ibu Hamil dan Janin

www.go-dok.com

GoDok – Anda tentu telah mengetahui bahwa rokok berdampak buruk bagi kesehatan, terutama paru-paru. Bahaya rokok tidak hanya dapat dirasakan oleh perokok aktif, namun juga perokok pasif. Bahkan, studi menunjukkan bahwa dampak asap rokok bagi perokok pasif dapat berkali-kali lipat dibandingkan dengan perokok aktif. Lalu, bagaimana dampaknya terhadap ibu hamil?

Penelitian yang dilakukan oleh CDC (Centers for Disease Control and Prevention) pada tahun 2007 menunjukkan bahwa merokok pada masa kehamilan dapat menyebabkan beberapa gangguan pada janin seperti kelahiran prematur, cacat lahir pada bayi hingga  kematian janin. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan keguguran dan terputusnya plasenta yang menghubungkan ibu dan janin. Hal ini tidak hanya berbahaya bagi jabang bayi yang di kandung, tetapi juga  ibu hamil  karena dapat menyebabkan perdarahan dalam perut.

Labih jauh, merokok selama masa kehamilan juga dapat memicu Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau sindrom kematian janin yang tidak dapat ditentukan penyebabnya. Jikapun akhirnya janin selamat dan dapat berkembang hingga momen kelahiran, kemungkinan bayi yang dilahirkan akan menderita cacat bibir sumbing serta lahir dengan berat di bawah angka normal.

Lalu bagaimana efek asap rokok terhadap ibu hamil yang merupakan perokok pasif? Menurut Environmental Protection Agency, risiko yang telah disebutkan sebelumnya akan berlipat ganda bagi janin dan ibu hamil yang terpapar asap rokok.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada ibu dan bayi, ada baiknya Anda yang sedang dalam masa kehamilan atau berencana memiliki buah hati untuk menghentikan kebiasaan merokok dan menjauhi perokok aktif. Ini dilakukan untuk meningkatkan asupan udara yang kaya akan oksigen yang sangat diperlukan baik oleh Anda maupun si jabang bayi. Selain itu,  Anda juga secara langsung telah meminimalisir jumlah racun yang masuk ke dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan munculnya beberapa penyakit selama masa kehamilan, seperti  jantung, paru-paru, dan stroke.

Baca artikel terkait mengenai kenali dampak buruk merokok  pada gigi, klik di sini.

Tinggalkan Balasan