Waspadai Bahaya Oral Seks Terhadap Kesehatan

bahaya oral seks
Bahaya Oral Seks – untuk kesehatan tubuh Anda ternyata dapat memicu berbagai penyakit melalui masuknya berbagai kuman, bakteri dan virus pada tubuh

GoDokBahaya Oral Seks – Bagi Anda yang telah menikah, atau bahkan masih pengantin baru, mungkin istilah oral seks sudah tak lagi terdengar asing. Aktivitas seksual ini umumnya dilakukan dengan memberikan stimulasi pada alat kelamin pasangan menggunakan mulut, lidah, atau gigi. Namun, apa sih bahaya oral seks?

Untuk menjawab pertanyaan mengenai bahaya oral seks jika dilakukan terus menurus. yuk simak penjelasan berikut ini!

Mengenal oral seks secara singkat

Oral seks memang merupakan satu bentuk variasi seksual yang cukup banyak digemari pasangan suami-istri. Pada umumnya, oral seks terbagi dalam empat kategori, yaitu :

  1. Cunnilingus, yaitu memberikan rangsangan oral pada vulva vagina dan klitoris dengan menggunakan bibir atau lidah
  2. Fellatio atau blow job, yaitu stimulasi pada penis dengan menggunakan mulut pasangannya dilakukan dengan cara menjilat atau menghisap.
  3. Nippling, dengan kata lain menghisap atau menjilat puting pasangan Anda.
  4. Oral anal seks atau rimming, yaitu menstimulasi anus pasangan dengan menggunakan lidah dan bibir.

(Baca: Foreplay : Cara Jitu ‘Hangatkan’ Hubungan Percintaan)

Apa bahaya oral seks  bagi kesehatan?

Meskipun banyak yang mempercayai bahwa melakukan pemanasan seperti oral seks dapat membuat permainan cinta Anda lebih nikmat, namun tanpa disadari aktivitas ini justru menjadi pintu masuk bagi kuman, virus atau bakteri ke dalam tubuh melalui mulut Anda ketika melakukan oral seks dengan pasangan. Mau tahu apa saja bahaya oral seks ?

1. HPV

Tahukah Anda bahwa virus pemyakit HPV pada alat kelamin yaitu, Human papillomavirus atau HPV dapat masuk melalui mulut? Virus ini dapat menginfeksi mulut dan tenggorokan Anda sehingga menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel kulit secara abnormal. Dalan keadaan normal,  tubuh Anda akan melawan infeksi HPV dan sel-sel yang terinfeksi akan diperbaiki secara alami. Namun, tentu ada saatnya di mana tubuh tidak dapat melawan sehingga virus HPV dapat berkembang dan menyebabkan kanker. Mengerikan, bukan?

2. Sifilis

Bahaya oral seks selnajutnya yaitu Sifilis, alias raja singa, merupakan suatu penyakit kelamin yang disebabkan oleh Treponema pallidum melalui cairan tubuh penderita, dan salah satunya adalah lewat mulut. Awalnya, penyakit ini akan menyebabkan luka seperti gigitan serangga namun tidak terasa sakit di sekitar mulut yang dapat sembuh dengan sendirinya. Gejala lain dari sifilis adalah munculnya ruam berwarna merah seukuran koin pada telapak tangan disertai dengan demam, tidak nafsu makan dan radang tenggorokan. Apabila tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

3. Gonore

Neisseria gonorrhoeae adalah bakteri penyebab gonore yang ditularkan melalui kontak langsung dengan cairan penderita. Hal ini berarti, lewat seks oral, gonore dapat pula menginfeksi tenggorokan sehingga menyebabkan gejala sakit tenggorokan. Selain itu, Anda juga akan merasa sakit ketika menelan makanan dan muncul bintik merah atau putih pada tenggorokan yang mirip dengan gejala radang tenggorokan. Meskipun tidak separah saat terjadi di alat kelamin, namun tetap saja penyakit ini menimbulkan rasa tidak nyaman yang amat sangat.

(Baca: Hii, Ngerinya Penyakit Menular Seksual!)

4. Chlamydia

Pasti banyak dari Anda yang asing dengan penyakit ini, kan?  Chlamydia yang menginfeksi tenggorokan akan mempengaruhi sel-sel yang melapisi tenggorokan sehingga menimbulkan gejala seperti sakit tenggorokan, sakit saat menelan makanan, demam dan pembengkakan pada kelenjar getah bening di leher. Penyebab dari penyakit ini tak lain adalah bakteri Chlamydia trachomatis.

 5. Herpes

Jarang yang mengetahui bahwa sejatinya, herpes dapat pula menular lewat cairan mulut Anda. Nah, jika hal ini terjadi ketika Anda tengah melakukan oral seks, herpes yang terjadi di sekitar mulut akan menyebabkan luka melepuh yang berisi cairan. Lama kelamaan, lepuhan tersebut akan menyebar atau  membentuk cluster yang berisi banyak lepuhan dalam suatu daerah kulit.

(Baca: Ini Akibatnya Jika Anda Gemar Gonta-Ganti Pasangan Seksual)

6. Kecemasan

Aktivitas oral seks yang dilakukan tanpa disadari akan menyebabkan stres yang diakibatkan perasaan cemas yang berkaitan dengan kekhawatiran dalam kinerja memuaskan pasangan saat melakukan oral serta kebersihan kelamin pasangan. Untuk beberapa kasus oral seks dilakukan karena paksaan dari pasangan sehingga ini akan menyebabkan menurunnya kualitas dan kenikmatan saat melakukan hubungan seksual.

Nah, setelah tahu bahaya oral seks. Yuk, lebih hati-hati dalam melakukan oral seks! Semoga bermanfaat!