Bahaya Operasi Plastik yang Harus Anda Tahu

bahaya operasi plastik
Kegagalan operasi plastik dapat membuat kulit pasien tampak lebih parah dari sebelum dilakukan operasi. Menyeramkan, bukan? Lalu, apa lagi bahaya operasi plastik yang bisa terjadi?

GoDokBahaya Operasi PlastikSebagian dari Anda mungkin tidak puas dengan bentuk wajah atau tubuh yang dimiliki sehingga timbul keinginan untuk mengubahnya. Hal ini membuat banyak orang terlihat sangat berbeda dengan dirinya di masa kecil atau remaja. Sebagian besar orang yang melakukan operasi ini tentu terlihat lebih cantik dan tampan. Namun, tidak sedikit pula yang kemudian berdampak buruk, sebagai dampak atas gagalnya operasi plastik.

Menurut dokter bedah plastik, Enrina Diah, Sp.BP-RE, kegagalan operasi plastik hanya bisa dilihat oleh dokter bedah plastik tersebut. Berbeda dengan operasi yang melibatkan filler dan benang, keberhasilan operasi plastik dengan silikon tidak bisa langsung terlihat. Karena itulah, pasien diharuskan untuk melakukan kontrol setelah tiga hari. Setelahnya, satu minggu kemudian, jahitan akan diangkat dan dilihat perkembangannya selama 1 bulan. Jika pasien tidak memiliki reaksi apapun pada kulit, maka operasi bisa dikatakan berhasil.

Meski begitu, terdapat beberapa kasus di mana kegagalan operasi plastik barulah terlihat setelah beberapa bulan ataupun beberapa tahun. Hal ini membuat kulit pasien tampak lebih parah dari sebelum dilakukan operasi. Menyeramkan, bukan? Selain kegagalan tersebut, apa lagi bahaya operasi plastik yang bisa terjadi? Berikut daftarnya :

Bahaya Operasi Plastik

1. Nyeri

Seperti operasi lainnya, salah satu bahaya operasi plastikakan menimbulkan rasa nyeri baik pada wajah maupun tubuh. Salah satu operasi yang menimbulkan nyeri intens adalah abdominoplasty yang bertujuan untuk mengencangkan perut.

2. Pendarahan

Beberapa saat setelah operasi, biasanya pasien masih akan mengalami pendarahan. Hal ini harus Anda perhatikan, karena jika pendarahan tidak segera berhenti, akan terjadi komplikasi. Selain itu, pembekuan darah juga dapat terjadi setelah operasi di mana warna kulit menjadi biru kehitaman atau ungu. Pembekuan ini biasa disebut dengan hematoma yang dapat membuat jaringan kulit mati dan mengakibatkan infeksi. Mengerikan bukan bahaya operasi plastik ini?

(Baca: Berniat Menjalani Operasi Lasik? Kenali Dulu Serba-serbinya)

3. Kerusakan saraf

Kerusakan ini ditandai dengan mati rasa dan kesemutan. Kelemahan atau kelumpuhan otot terjadi jika saraf yang terkena dengan gerakan otot terganggu. Jika hal ini terjadi, Anda harus melakukan rekonstruksi guna mengobatinya.

4. Gangguan pada mata

Sebagian orang ingin mengurangi lemak di bawah matanya dengan operasi yang disebut blepharoplasty. Lewat operasi ini, pernah terjadi suatu kasus di New York, di mana bahaya operasi plastik ini yaitu pasien tidak bisa menutup matanya dengan normal bahkan berkedip pun susah akibat kesalahan dokter (malpraktek).

5. Komplikasi

Bahaya operasi plastik juga dapat menimbulkan komplikasi. Beberapa tahun lalu, seorang gadis di Philadephia mengalami komplikasi karena ia pergi ke sembarang klinik untuk melakukan operasi plastik. Tragisnya, gadis tersebut meninggal karena komplikasi yang terjadi. Hal inilah yang akan terjadi apabila prosedur operasi tidak tepat, sehingga timbul beberapa efek pada tubuh Anda.

(Baca: Anda Gemar Tampil Stylish? Ketahui Dulu Bahayanya Bagi Kesehatan)

6. Bekas jahitan

Selanjutnya, bahaya dari operasi plastik timbul dari bekas jahitannya. Pembedahan yang dilakukan pada saat operasi plastik yaitu pada saat penjahitan dapat meninggalkan bekas luka. Memang terdapat pengobatan untuk menghilangkan bekas luka, tetapi tidak akan bisa hilang 100%.

7. Kejang-kejang

Beberapa waktu yang lalu, seorang pasien bernama Penny Johnson di Inggris melakukan facelift. Setelah melakukan perosedur operasinya, wanita ini merasakan sesuatu yang aneh di wajahnya dan malah kejang-kejang. Tak hanya itu, matanya juga terus berdenyut tanpa terkendali. Hal inilah yang harus diingat oleh Anda yang ingin melakukan operasi plastik, bahwa kesalahan dalam prosedurnya bisa bahaya operasi plastik ini akan  berdampak pada otak.

8. Body Dysmorphic

Bahaya operasi plastik yang terakhir adalah Body Dysmorphic yang merupakan gangguan psikologis di mana penderita selalu melihat ada sesuatu yang kurang dalam dirinya. Alhasil, mereka akan terus melakukan operasi plastik lagi demi menunjang penampilannya. Padahal, terlalau banyak melakukaan operasi plastik justru akan membawa dampak buruk pada tubuh dan wajah, lho.

(Baca: 7 Bahaya Waxing yang Jarang Diketahui Wanita)

Setelah, mengetahui bahaya operasi plastik. Bagaimana? Masih ingin melakukan operasi plastik? Pikirkanlah secara matang apakah anda siap menerima risikonya atau tidak. Jika tidak, maka sebaiknya jangan lakukan. Semoga bermanafaat!