Bahaya Anal Seks yang Harus Diketahui Setiap Pasangan

bahaya anal seks

Go Dok- Bahaya anal seks- Pembahasan tentang seks memang tidak akan pernah ada habisnya. Sebut saja beberapa tema yang sering diperbincangkan, seperti ukuran organ vital, cara ampuh untuk menggapai orgasme, hingga berbagai gaya seks yang dapat dicoba. Nah, dari ragam pembahasan tersebut, satu pertanyaan yang sering menggelitik benak pasangan adalah, “Amankah melakukan anal seks?”. Daripada berlanjut pada ketidaktahuan, ada baiknya Anda menyimak penjelasan lengkap berikut ini!

Berikut bahaya anak seks yang harus diketahui setiap pasangan:

1. Risiko iritasi

Ternyata, bahaya anal seks pertama dapat meningkatkan risiko pasangan terkena iritasi. Lho, kok bisa? Tidak seperti vagina yang menghasilkan cairan pelumas, anus tidak akan memproduksi cairan serupa meskipun tahapan foreplay sudah dipraktikkan sedemikian rupa.

Karena ketiadaan pelumas inilah, gesekan antara penis dan dinding anus berisiko besar memicu timbulnya luka dan iritasi. Mengerikan, bukan? Jika Anda dan pasangan tetap ‘keukeuh’ ingin mencobanya, maka disarankan untuk menggunakan pelumas buatan (lubricant). Hal ini ditujukan untuk meminimalisir timbulnya luka pasca hubungan seks.

2 . Memicu infeksi virus dan bakteri

Selain memicu luka dan iritasi, bahaya anal seks juga dipercaya sejak lama dapat membuat Anda dan pasangan lebih rentan terkena infeksi virus dan bakteri. Ssst, risiko terjadinya hal ini akan semakin besar jika Anda atau pasangan terbukti tidak membersihkan organ vital sebelumnya, lho!

Bayangkan saja! Jika pasangan tidak membersihkan penis dengan benar sebelum berhubungan seks, maka bakteri dan virus yang ada pada kepala dan batang penis akan masuk ke dalam anus dan menempel di dindingnya. Terlebih lagi jika terdapat luka pada dinding anus, maka bakteri dan virus akan lebih mudah menginfeksi dan memicu timbulnya permasalahan medis yang lain.

3. Rentan penularan penyakit

Ternyata, salah satu alasan mengapa banyak pihak menentang hubungan ‘sesama’ adalah karena anal seks terbukti meningkatkan risiko Anda dan pasangan terkena berbagai penyakit menular seksual, seperti kutil & herpes kelamin, hepatitis B, gonore, sifilis, dan HIV.

Faktanya, pelaku anal seks terbukti 30x lebih berisiko terkena penyakit menular seksual dibandingkan mereka yang menerapkan seks ‘biasa’ -penetrasi penis ke dalam vagina. Mengejutkan, bukan?

4. Memicu masalah medis lain

Seperti yang telah Anda ketahui, pada anus terdapat cincin (sfingter) yang berfungsi untuk mengatur akitivitas buang air besar. Singkatnya, cincin ini akan membuka ketika Anda ingin buang air besar, dan kembali menutup setelah hajat selesai dilakukan.

Nah, anal seks ternyata dapat membuat cincin anus ini mengendur. Dampaknya, Anda akan kesulitan mengontrol buang air besar. Bagaimana, masih mau mencoba seks gaya ini?

5. Pendarahan

Terakhir, bahaya anal seks juga terbukti dapat memicu pendarahan yang diakibatkan oleh hemoroid atau robeknya jaringan anus. Karena alasa inilah, ada baiknya Anda mendiskusikan terlebih dahulu keputusan untuk mencoba anal seks dengan pasangan.

Itu tadi sekelumit penjelasan mengenai bahaya anal seks bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.