Bahan Pangan untuk Penderita Hipotensi; Ini Daftarnya!

Bahan pangan untuk penderita hipotensi

GoDok- Bahan pangan untuk penderita hipotensi- Hipotensi; seberapa akrabkah Anda dengan kondisi medis yang satu ini? Pada dasarnya, istilah hipotensi mengacu pada kondisi medis di mana tekanan darah didalam arteri terhitung lebih rendah dari kondisi normal. Akibatnya, tubuh akan menunjukkan beberapa gejala, seperti pusing, lemas, jantung berdebar, pucat, pandangan buram, hingga pingsan. Lantas, adakah cara yang dapat ditempuh untuk meminimalisir risiko Anda menderita kondisi ini?

Ini dia bahan pangan untuk penderita hipotensi guna mengobati dan mencegahnya

1. Susu almond

Bahan pangan untuk penderita hipotensi pertama yang berkhasiat untuk mengobati sekaligus mencegah tekanan darah rendah adalah susu almond. Tidak mengherankan, sebab dalam susu almond terkandung senyawa yang berfungsi untuk merangsang kerja kelenjar adrenal sehingga aliran darah dalam tubuh dapat berjalan dengan lancar.

2. Kismis

Seberapa sering Anda mengonsumsi kismis? Bahan pangan yang terbuat dari anggur yang dikeringkan ini memang kurang akrab di telinga masyarakat Indonesia. Karenanya, tidak heran jika penggunaan kismis masihlah sangat terbatas -kebanyakan hanya digunakan sebagai bahan pelengkap kue saja.

Padahal, manfaat kismis bagi tubuh hampir serupa dengan susu almond, lho! Ya, konsumsi kismis terbukti secara medis dapat mengoptimalkan kerja kelenjar adrenal. Jadi, masih enggan makan kismis?

3. Makanan tinggi garam

Kebalikan dari hipertensi, penderita hipotensi justru disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang tinggi garam. Eits, tapi ingat, ya! Selalu pastikan bahwa total asupan garam harian Anda masih dalam batas normal; sebab jika sampai berlebih, hal ini justru akan memicu keluhan medis lain, seperti retensi air, kerontokan rambut, hingga berbagai masalah pencernaan.

4. Kopi

Bahan pangan untuk penderita hipertensi selanjutnya adalah kopi. Ternyata, kafein dalam kopi dan teh dapat dimanfaatkan untuk mencegah tekanan darah rendah. Tidak mengherankan, sebab senyawa ini sudah dipercaya sejak lama dapat merangsang produksi hormon adrenalin yang berfungsi untuk menstimulus kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

5. Bawang putih

Ingin tekanan darah dalam tubuh tetap stabil? Maka, konsumsi bawang putih bisa jadi solusi yang Anda cari selama ini. Alasanya tidak lain karena dalam bawang putih terkandung berbagai senyawa yang baik untuk peredaran darah, semisal allicin, sulfur, magnesium, dan fosfor.

6. Lemon

Anda dapat mencegah tekanan darah rendah -atau hipotensi- dengan rajin mengonsumsi lemon. Mengapa? Sebab antioksidan yang terkandung di dalamnya berkhasiat untuk mengatur sirkulasi sekaligus menjaga keseimbangan tekanan darah Anda.

7. Daging ayam & ikan

Terakhir, bahan pangan untuk penderita hipotensi adalah daging dan ikan. Para ahli mengungkapkan bahwa salah satu cara efektif untuk mengobati tekanan darah rendah adalah dengan memperbanyak asupan makanan yang tinggi akan zat besi. Lantas, apa saja jenis makanan yang dimaksud? Selain dari daging ayam dan ikan, Anda juga bisa mendapatkan asupan zat besi dengan banyak mengonsumsi kuning telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.  

Itu tadi 7 bahan pangan untuk penderita hipotensi yang dapat Anda coba untuk mencegah sekaligus mengobatinya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.