Bahan Pangan Kaya Protein Sebagai Pengganti Telur

bahan pangan kaya protein
Bagi Anda yang tidak suka bahkan alergi terhadap telur. Jangan khawatir! Ini dia bahan pangan kaya protein yang dapat Anda coba sebagai pengganti telur

GoDokBahan pangan kaya proteinTelur merupakan salah satu sumber protein yang paling baik sekaligus paling populer dunia. Pasalnya, meski mengandung kadar protein yang tinggi, telur sama sekali tak berharga mahal dan bisa didapatkan dengan mudah. Malahan, bahan pangan yang satu ini bisa dengan mudah ditemukan hampir di seluruh pelosok dunia. Tak heran, telur menjadi kesayangan banyak orang.

Namun, ternyata tak semua orang bisa dengan santai mengonsumsi telur. Ada beberapa yang menderita alergi terhadap menu sehat yang satu ini. Namun, tak usah khawatir! Sebab, Anda bisa pula mendapatkan kandungan protein hewani yang setara dengan mengonsumsi telur, dengan beralih pada sumber protein lainnya.

Berikut bahan pangan kaya protein yang dapat Anda konsumsi sebagai pengganti telur:

 1. Dada ayam (daging putih)

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang pertama adalah daging pada bagian dada ayam. Makanan sehat yang satu ini memiliki kadar protein sebanyak 53 gram, dan kalori sebesar 284 kalori. Wah, meyakinkan sekali!

2. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan, seperti kacang almond, mete, dan pistachio ternyata mengandung asupan protein yang cukup tinggi. Tak heran, jika bahan pangan kaya protein ini dapat menggantikan kandungan protein yang didapatkan ketika Anda mengonsumsi telur. Dengan mengonsumsi 28 gram kacang mete saja, Anda sudah mendapatkan 6 gram protein. Tak hanya protein, kacang-kacangan juga kaya akan mangan, serat dan vitamin E. Hebat, bukan?

3. Ikan segar

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang ketiga adalah ikan segar, baik ikan laut maupun air tawar. Ikan memiliki kandungan protein yang tinggi, dan beberapa ikan justru juga memiliki kadar lemak yang rendah. Memang, ikan favorit seperti salmon dan tuna mengandung lemak yang cukup tinggi, namun ini adalah kandungan lemak baik yang kaya omega 3, sehingga Anda tak perlu khawatir.

(Baca: Tentang Ikan dan Bahaya Merkurinya yang Harus Anda Ketahui)

4. Daging merah (sapi, kambing, domba)

Tentu Anda tahu bahwa daging hewan seperti sapi, domba, dan kambing merupakan salah satu bahan pangan kaya protein. Tak hanya itu, daging merah juga mengandung vitamin B12 dan zat besi heme, yang lebih mudah diserap oleh tubuh Anda. Karenanya, selain bagus untuk sumber protein, daging merah juga bagus untuk mencukupi kadar zat besi di dalam tubuh, sehingga dapat pula mencegah anemia.

5. Susu

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang selanjutnya adalah susu sapi, yang telah dikenal luas kandungan gizinya. Harus Anda tahu, bahwa secangkir susu dengan kadar lemak 1% memiliki 8 gram protein dan 103 kalori di dalam kandungannya. Tak hanya itu, susu yang kaya kalsium, vitamin B2, dan fosfor juga bagus untuk kesehatan tulang dan perkembangan tubuh Anda.

6. Yoghurt

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang keenam adalah yoghurt. Makanan olahan berbahan dasar susu yang memiliki tekstur lembut dan kaya nutrisi ini, ternyata mengandung 17 gram protein di setiap 170 gram-nya. Sedangkan untuk asupan kalori, yoghurt dapat menambahkan sekitar 100 kalori dalam jumlah yang sama.

(Baca: Enggan Makan Yoghurt? Kenali Dulu 5 Manfaat Yoghurt!)

7. Keju

Selain yoghurt, makanan olahan berbahan dasar susu berupa keju cottage juga dapat memenuhi asupan protein harian Anda. Keju jenis ini mengandung 27 gram protein dan 194 kalori di dalam setiap satu cangkirnya. Tak hanya itu, keju cottage juga mengandung fosfor, selenium, kalsium, vitamin B2, serta viyamin B12 yang sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

8. Gandum atau oat

Bahan pangan kaya protein selanjutnya adalah gandum atau oat. Meskipun rasa hambarnya bukan favorit semua orang, namun gandum mengandung 13 gram protein di setiap 100 gram-nya. Gandum juga mengandung sejumlah 303 kalori, dan kandungan sehat lain seperti mangan, serat, magnesium, dan vitamin B1.

9. Ikan teri

Bahan pangan kaya protein sebagai pengganti telur yang terakhir adalah ikan teri. Tak perlu terkejut, karena ternyata daging ikan-ikan cilik ini memang memiliki kandungan protein yang tinggi. Dalam satu ekor teri, kandungan proteinnya bisa mencapai angka 10%, lho! Tak hanya itu, ikan teri juga mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan tulang Anda! Hebat, bukan?

(Baca: Ragu Mengonsumsi Oatmeal? Kenali Dulu Manfaatnya Bagi Kesehatan!)

Nah, itu tadi 9 bahan pangan kaya protein yang dapat Anda konsumsi sebagai pengganti telur jika Anda menderita alergi. Semoga bermanfaat!