Bahan Alami untuk Sembuhkan Tifus yang Bisa Anda Coba!

bahan alami untuk sembuhkan tifus
Selain menerapkan pola pengobatan yang dianjurkan dokter, Anda juga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakut tifus dengan mengonsumsi bahan alami berikut ini!

GoDok Bahan Alami untuk Sembuhkan Tifus Tifus; penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi ini memang dapat menyerang siapa saja -tidak peduli usia dan jenis kelamin. Risiko menderita tifus pun semakin besar seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh, apalagi jika Anda sering mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak terjaga tingkat kehigienisannya.

Namun, tahukah Anda, bahwa selain dengan menerapkan pola pengobatan yang dianjurkan dokter, Anda juga dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit tifus dengan mengonsumsi bahan alami tertentu? Tidak percaya? Berikut Go Dok paparkan 10 bahan alami untuk sembuhkan tifus:

Bahan Alami untuk Sembuhkan Tifus

1. Jambu merah

Bahan alami untuk sembuhkan tifus yang pertama adalah jambu merah. Alasannya tidak lain karena kandungan vitamin C dan anti-oksidan dalam jambu merah terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas serta menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

2. Bawang putih

Ternyata, kandungan senyawa sulfur dan glukosinates dalam bawang putih terbukti ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat proses pembuangan toksin, serta menurunkan suhu tubuh akibat demam.

Jika enggan memakan bawang putih secara langsung karena terganggu oleh baunya yang menyengat, Anda dapat menghaluskannya untuk kemudian ditambahkan pada makanan yang disajikan untuk penderita tifus.

(Baca: Kejang Demam – Gejala, Penyebab dan Penanganannya)

3. Cengkeh

Selanjutnya, bahan alami untuk sembuhkan tifus yaitu cengkih. Terkenal akan sensasi hangatnya, cengkeh ternyata dapat digunakan untuk mengobati tifus. Mengapa? Sebab kandungan antibiotik dalam cengkeh dipercaya para ahli dapat memperlambat proses penyebaran bakteri pemicu tifus. Selain itu, cengkeh juga efektif dalam mengurangi mual, muntah, dan diare.

Tertarik mencoba? Anda cukup menambahkan beberapa biji cengkeh ke dalam air panas, lalu biarkan sejenak hingga air berubah warna. Air inilah yang kemudian diberikan kepada penderita tifus setidaknya sehari sekali.

4. Sari apel

Sering dihindari karena rasanya yang masam, sari apel ternyata merupakan bahan alami untuk sembuhkan tifus.  Selain dapat menurunkan demam, sari apel cuka efektif dalam mengurangi mual dan muntah.

Tapi ingat! Perhatikan takaran dan jeda waktu konsumsinya. Sebab, jika dilakukan secara serampangan, sari apel justru dapat memperburuk kondisi pasien. Cara penyajiannya, cukup tambahkan setengah sendok sari apel dan madu sesuai selera ke dalam segelas air hangat, lalu aduk hingga merata. Sajikan minuman ini sehari sekali, ya!

(Baca: Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan yang Harus Anda Ketahui)

5. Pisang

Dengan mengonsumsi minimal 2 buah pisang per hari, kondisi pasien tifus akan membaik dengan segera. Alasannya karena senyawa di dalam pisang terbukti ampuh untuk mengembalikan kebugaran tubuh serta meningatkan proses penyerapan cairan di dalam usus. Tertarik konsums bahan alami untuk sembuhkan tifus ini?

6. Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu bahan alami untuk sembuhkan tifus. Walaupun terkenal akan rasanya yang pahit, namun tetap banyak yang menggunakan daun sambiloto untuk mengobati berbagai macam penyakit; tifus salah satunya. Jika tertarik mencoba alternatif ini, maka Anda cukup memberikan air rebusan daun sambiloto kepada pasien tifus, setidaknya 2 kali sehari.

(Baca: Jangan Salah! Ini Dia Cara Pilih Pisang yang Benar)

7. Kunyit

Kunyit; bumbu dapur yang akrab di telinga masayarakat Indonesia. Siapa sangka bahwa bahan alami ini juga ternyata efektif untuk mengobati tifus. Caranya, tambahkan 5-6 iris kunyit ke dalam air panas, lau berikan air rebusannya kepada pasien tifus sebanyak dua kali dalam sehari.

8. Pepaya muda

Untuk mengobati tifus, pepaya muda terlebih dahulu harus diparut untuk kemudian dicampurkan ke dalam air panas. Air rebusannya lah yang kemudian digunakan sebagai obat alternatif penyembuh penyakit tifus. Mudah, bukan?

(Baca: Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda)

9. Mentimun

Mentimun; sayuran yang mudah dijumpai di Indonesia ini ternyata efektif dalam meningkatkan kesehatan usus sekaligus ampuh untuk menurunkan demam akibat tifus. Selain dengan dikonsumsi secara langsung, Anda juga dapat menyajikan mentimun dengan cara mengambil air perasannya. Mudah sekali!

10. Daun sirsak

Bahan alami untuk sembuhkan tifus yang terakhir adalah dengan daun sirsak. Kaya akan kandungan senyawa anti-oksidan, daun sirsak tidak hanya baik untuk meningkatan sistem imun tubuh; tapi juga efektif dalam membunuh bakteri pemicu tifus. Caranya, buatlah air rebusan daun sirsak, lalu sajikan minimal sehari sekali. Jika dilakukan dengan rutin, cara ini dapat membuat kondisi pasien tifus membaik dengan segera.

(Baca: 8 Jenis Bahan Pangan yang Pantang Dikonsumsi Penderita Tifus)

Sudah tahukan bahan alami untuk sembuhkan tifus? Jadi, jika Anda atau keluarga terkena tifus coba saja konsumsi bahan alami ini!