Bahan Alami untuk Perawatan Rambut Anda

bahan alami untuk perawatan rambut

GoDok – Bahan Alami untuk Perawatan Rambut – Bagi sebagian besar orang, terutama wanita, rambut merupakan sesuatu yang harus dijaga keindahannya. Perlu Anda ketahui, bahwa selain untuk mempercantik penampilan, rambut juga berfungsi sebagai pelindung dan penstabil suhu kepala. Rambut yang sehat dan lebat mampu mengurangi dampak gesekan yang terjadi pada bagian kepala Anda. Tak hanya itu, saat suhu sedang dingin, rambut juga menjaga kepala Anda agar tetap hangat dan sebaliknya, ia juga menyerap terik panas matahari sehingga kepala tetap terasa sejuk.

Rambut dan kulit kepala, seperti bagian tubuh lainnya, juga memerlukan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang. Namun, jika bicara mengenai kesehatan dan perawatan rambut, mungkin Anda akan membayangkan treatment dengan biaya yang mahal, bukan? Jangan salah, Anda sebenarnya dapat melakukan hal ini sendiri dengan bahan – bahan alami di sekitar Anda, seperti :

1. Lidah buaya

Siapa yang tidak tahu mengenai lidah buaya sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Mulailah merawat rambut Anda dari tempat tumbuhnya, yaitu kulit kepala. Dr. Craig Ziering, seorang ahli transplantasi rambut di Amerika, menyebutkan bahwa kulit kepala yang sehat merupakan tempat yang ideal bagi rambut untuk tumbuh maksimal. Namun, sel kulit mati di kulit kepala dapat menyumbat folikel rambut (tempat tumbuhnya rambut) yang  menyebabkan rambut sulit tumbuh dan mendapatkan nutrisi. Nah, enzim proteolitik yang terkandung di dalam aloe vera ternyata dapat mengatasi hal tersebut. Gunakan bagian dalam lidah buaya ini secara langsung sebagai pengganti kondisioner, sebelum membilasnya dengan air.

2. Madu

Madu mengandung segudang manfaat untuk kesehatan, tak terkecuali untuk rambut. Maka tak heran, jika madu di gunakan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut. Di dalam madu terdapat beragam vitamin, protein, antioksidan alami, antibakteri, antiseptik dan nutrisi lainnya yang baik untuk mengatasi rambut kering, rontok, pecah-bercabang dan berketombe. Selain itu, madu juga dapat menyuburkan, melembutkan dan menjadikan rambut Anda  berkilau. Cara penggunaannya pun sangat mudah, Anda tinggal mencampur dua sendok makan madu dengan minyak zaitun atau air hangat. Kemudian balurkan pada rambut Anda secara merata, diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Jeruk nipis

Tahukah Anda, bahwa vitamin C dan zat besi yang terkandung dalam jeruk nipis sangat baik untuk perawatan rambut? Buah yang satu ini telah banyak digadang-gdang ampuh untuk merawat rambut yang kusam dan berminyak, Di samping itu, jeruk nipis juga berkhasiat untuk meluruskan rambut, mengatasi ketombe dan merangsang pertumbuhan rambut. Caranya? Sederhana saja. Campurkan hasil perasan sebuah jeruk nipis ke dalam segelas air, lalu pijatkan pada kulit kepala dan rambut Anda secara perlahan. Biarkan selama 20 hingga 25 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Kemiri

Selanjutnya, bahan alami untuk perawatan rambut adalah dengan kemiri. Tentu Anda tahu bahwa kemiri sudah lama dipercaya sebagai penyubur rambut. Hal ini tidak salah. Pasalnya, kandungan mineral dan protein yang ada dalam kemiri berkhasiat untuk merawat dan menguatkan rambut. Tak hanya itu, kemiri juga mampu mengatasi rambut rontok dan kusam. Cara pemakaiannya? Mudah saja, Anda cukup menggosokkan minyak kemiri pada kulit kepala rambut hingga merata.

5. Urang-aring

Terakhir, bahan alami untuk perawatan rambut adalah urang aring. saking terkenalnya khasiat daun urang-aring bagi rambut, banyak produk shampoo menjadikannya sebagai salah satu komposisi alami. Pasalnya, kandungan minyak daun yang satu ini dapat menyuburkan rambut serta membuatnya semakin hitam berkilau. Pada bayi, minyak urang-aring dipercaya pula dapat mempercepat penumbuhan rambut dan melebatkannya. Tak hanya itu, bahan alami ini juga dapat mencegah kerontokan rambut dan munculnya ketombe. Hebat, bukan? Untuk merasakan manfaatnya, Anda cukup mengoleskan minyak urang-aring pada kulit kepala rambut secara teratur.

Nah, itu dia 5 bahan alami untuk rambut Anda. Jadi , apa pilihan Anda untuk  “makanan” untuk rambut hari ini?

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.