Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Bercabang

mengatasi rambut bercabang

Go Dok- Mengatasi rambut bercabangBagi wanita, rambut adalah mahkota yang harus senantiasa terjaga keindahannya. Untuk tetap menjaga keindahannya, wanita melakukan berbagai cara, bahkan hingga tak sadar telah mengabaikan kesehatan rambutnya. Misalnya melakukan bleaching, pengeritingan, pewarnaan, meluruskan dengan catokan, menggunakan pengering rambut, mengepang rambut, berlebihan dalam menggosok rambut, telalu banyak menggunakan shampo, dan penyambungan rambut. Delapan hal tersebut jika dilakukan terlalu sering akan menimbulkan kerusakan serius pada rambut. Permasalahan umum yang sering dialami rambut adalah rambut bercabang.

Rambut bercabang dapat dilihat dari ujung rambut yang bercabang menjadi dua atau bahkan lebih. Padahal dari akar sampai tengah, kondisi rambut tampak sehat. Cabang yang terbentuk membuat rambut sangat rapuh dan mudah patah. Anda pernah atau sedang mengalaminya, kan Ladies? Perawatan apa yang Anda lakukan untuk mengatasi rambut bercabang? Sekarang, tidak usah mahal-mahal melakukan treatmen ke salon karena Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang tentunya tanpa efek samping seperti bahan kimia.

Berikut adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut bercabang:

1. Minyak kelapa

Bukan hanya untuk menggoreng atau massage saja, ternyata minyak kelapa dapat digunakan sebagai treatment untuk mengatasi rambut bercabang lho, Ladies. Sebelum dikenal shampo, zaman dahulu orang sudah menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambutnya.. Kegunaan minyak kelapa untuk rambut adalah membuat rambut berkilau, lembut, dan kuat. Sebuah studi menemukan bahwa perawatan rambut dengan minyak kelapa selama lebih dari 16 minggu telah mengurangi kondisi kerusakan rambut.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, yakni digunakan sebagai pra-conditioner. Teteskan beberapa tetes minyak kelapa di tanganmu, lalu usapkan perlahan dari akar hingga ujung rambut. Diamkan sekitar 20 – 30 menit agar minyak meresap. Setelah itu, bersihkan rambut dengan shampo sebagaimana biasanya.

2. Buah alpukat

Selain enak dan menyehatkan ketika dikonsumsi, ternyata buah alpukat juga dapat membantu mengatasi rambut bercabang dan membuat rambut lebih lembut. Alpukat dapat diaplikasikan langsung sebagai masker rambut sebelum dicuci. Jika aplikasi sebagai masker rambut dibarengi dengan konsumsi rutin, vitamin B-nya dapat membantu menguatkan rambutmu.

3. Minyak zaitun

Selam ratusan tahun, orang-orang telah menggunakan minyak zaitun sebagai produk perawatan rambut mereka. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, panaskan minyak hingga suhunya cukup hangat. Kedua, sisirkan pada rambut dengan jari-jari Anda Jika hanya ingin merawat ujung rambut, satu sendok makan saja sudah cukup, namun jika penggunaan hingga kulit kepala tentu saja akan diperlukan minyak zaitun lebih banyak. Cara penggunaan minyak zaitun ini hampir sama dengan penggunaan minyak kelapa.

4. Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang selalu menjadi komposisi utama dalam produk perawatan rambut. Biasanya bagian yang digunakan dari  tumbuhan bernama latin aloe vera ini adalah gel yang terdapat pada daunnya yang tebal. Kandungan vitamin A, C, E, dan B12 ini lah yang menyebabkan tumbuhan ini begitu digandrungi sebagai produk perawatan rambut alami.

Pengaplikasian lidah buaya untuk mengatasi rambut brcabang cukup mudah, yaitu dengan meratakannya pada seluruh rambut dan kulit kepala Anda. Namun yang harus Anda perhatikan adalah adanya kemungkinan lidah buaya akan menimbulkan reaksi alergi. Maka, ada baiknya sebelum mengaplikasikan pada bagian kulit yang luas, cobalah terlebih dahulu pada pergelangan tangan dan diamkan selama satu jam. Jika tidak terjadi reaksi apa-apa, maka penggunaan dapat dilanjutkan. Jika menimbulkan reaksi alergi, hentikan pemakaian dan segera konsultasi pada dokter.

Nah, Ladies itulah empat bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi rambut bercabangmu. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TW/PJ/MA

Referensi