5 Bahan Alami Atasi Asam Urat Berlebih

bahan alami atasi asam urat
Asam urat berlebih akan menyebabkan Anda kesulitan untuk menggerakkan kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya untuk mencegahnya konsumsi bahan alami  atasi asam urat ini

GoDok – Penyakit asam urat sudah tidak asing lagi di dengar oleh masyarakat Indonesia, Namun, tahukah Anda bahwa berdasarkan survei WHO, Indonesia merupakan negara terbesar ke 4 di dunia yang penduduknya menderita asam urat? Berdasarkan sumber dari Buletin Natural, di Indonesia 35% dari keseluruhan kasus penyakit asam urat terjadi pada pria di bawah usia 34 tahun. Tingginya angka penderita membuat Anda bertanya-tanya, sebenarnya apa penyakit asam urat itu?

Normalnya, asam urat tidak menumpuk, melainkan dibawa melalui aliran darah ke ginjal hingga kemudian tubuh Anda mengeluarkannya lewat urin. Namun, ketika terjadi disfungsi ginjal, produksi asam urat yang berlebih akan disimpan di dalam sendi-sendi Anda hingga kemudian terbentuklah kristal asam urat. Kristal inilah yang kemudian menyebabkan arthritis menyakitkan, dikenal pula dengan istilah gout. Sebagai akibatnya, penyakit asam urat tersebut akan menyebabkan Anda kesulitan untuk menggerakkan kaki, tangan, atau bagian tubuh lainnya. Wah, penyakit yang cukup mengerikan, ya. Lalu, adakah cara sederhana untuk mengatasi penyakit ini? Tentu ada, berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat Anda olah sebagai obat asam urat :

1. Sambiloto

Sambiloto; pernah dengar? Meski terkesan asing bagi telinga Anda, namun ketahuilah bahwa tumbuhan terna -berbatang lunak- ini sudah lama digunakan untuk mengobati kencing manis, menurunkan panas, serta mencegah radang. Kandungan alkane, keton, aldehid, flavanoid, kalsium, kalium, dan natrium di dalamnya lah yang membuat sambiloto bersifat antiradang serta antinyeri dan mampu menawarkan racun. Untuk mengobati asam urat, Anda dapat pula memanfaatkan daunnya, kemudian meraciknya dengan menyediakan bahan-bahan berikut :

  • 10 gr daun sambiloto kering
  • 10 gr temulawak
  • 5-10 gr komfrey
  • 1 gr lada
  • 5 gelas air

Rebuslah semua bahan hingga mendidih, lalu minumlah air rebusannya sebanyak 3 kali dalam sehari. Jika rutin dilakukan, dijamin derita asam urat Anda akan segera berkurang.

2. Jahe

Bumbu dapur yang biasa digunakan untuk menambah cita rasa masakan serta mengobati masuk angin ini ternyata juga dapat digunakan sebagai obat asam urat, lho. Untuk penggunaannya, Anda hanya perlu merebus beberapa batang jahe hingga mendidih, lalu minumlah air rebusan jahe tersebut. Jika rasanya terlalu menyengat bagi Anda, cobalah menambahkan sedikit gula dan madu sebagai pemanis.

(Baca: Jahe; Bukan Sekadar Penghangat Tubuh)

3. Kumis kucing

Kumis kucing, yang dikenal dengan nama ilmiah Orthosiphon aristatus, merupakan tumbuhan berbatang basah yang umum digunakan sebagai tanaman obat untuk beberapa penyakit. Terutama untuk mengatasi kencing manis dan penghancur batu ginjal. Selain itu, ternyata kumis kucing juga mampu membuang asam urat melalui urin karena sifat diuretiknya. Nah, untuk pengolahannya Anda akan membutuhkan :

  • 10 gr daun kumis kucing kering
  • 10 gr meniran kering
  • 10 gr sawi tanah kering
  • 15 gr jahe merah
  • 10 gr kapulaga kering

Rebuslah bahan-bahan di atas dengan 1 liter air, dan tunggu hingga air hanya tersisa 500 ml. Setelah itu, minumlah air rebusan tersebut sebanyak 3 kali dalam sehari.

4. Cengkeh

Selama ini, cengkeh dikenal luas sebagai penyedap rasa masakan dan campuran tembakau dalam rokok. Namun, selain itu, tahukah Anda bahwa cengkeh juga berkhasiat menyembuhkan asam urat? Nah, untuk pemanfaatannya, Anda dapat menumbuk cengkeh hingga halus, dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang terasa nyeri.

Selain itu, Anda dapat pula mencampur cengkeh dan ubi jalar untuk mengatasi rasa nyeri karena asam urat. Berikut adalah bahan-bahan yang akan Anda butuhkan :

  • 5 butir cengkeh
  • 5 butir kapulaga
  • 1 jari kayu manis
  • 5 gr biji pala
  • 15 gr jahe merah
  • 200 gr ubi jalar

Rebuslah keenam campuran tersebut dengan 1000 ml air, lalu tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa setengahnya. Setelah itu, minumlah air campuran tersebut.

5. Daun salam

Satu lagi bumbu dapur yang berkhasiat menyembuhkan asam urat, nih. Daun salam mengandung flavonoid, tanin, atsiri, dan alkoloid yang mampu meredakan nyeri karena asam urat.  Untuk penggunaannya, Anda cukup merebus 10 lembar daun salam kering dengan 2 gelas air. Tunggulah hingga air rebusan hanya tersisa satu gelas, lalu minumlah air rebusan tersebut 3 kali dalam sehari. Lakukan secara rutin ya, agar manfaatnya bisa cepat terasa!

(Baca: Sebelum Terlambat, Ayo Berkenalan dengan Asam Urat!)

Nah, selain mengonsumsi obat dari dokter, Anda dapat pula mengonsumsi bahan-bahan alami atasi asam urat yang disebutkan di atas. Selain itu, ingatlah pula untuk banyak meminum air putih. Selamat mencoba!