Bagaimana Mengatasi Gigi Sensitif?

mengatasi gigi sensitif
Masalah gigi sensitif tentu saja bisa diatasi, bahkan disembuhkan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips berikut untuk mengatasi gigi sensitif Anda

GoDok Mengatasi Gigi Sensitif – Seringkah Anda merasa tidak nyaman ketika menyeruput minuman dingin dan melahap sepiring makanan yang masih panas? Jika pernah, berarti Anda harus waspada. Sebab, hal itu merupakan gejala gigi sensitif. Kondisi ini ditandai dengan rasa ngilu pada gigi ketika Anda mengonsumsi makanan yang terlalu panas, atau minuman yang kelewat dingin. Sejatinya, gigi sensitif terjadi ketika bagian gigi yang terletak di bawah lapisan email gigi yang disebut dentin -yang berhubungan langsung dengan saraf gigi- terpapar tanpa perlindungan.

Ketika dentin gigi yang tak terlindungi oleh email terkena rangsangan; seperti peristiwa terkikisnya lapisan email gigi akibat gesekan, terkena bahan kimia yang dapat mengerosi lapisan email gigi, atau berkontak dengan sesuatu yang bersuhu terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka akan timbul rasa ngilu atau nyeri pada gigi Anda. Lebih jauh, kondisi ini dapat pula dipicu oleh perisitiwa patahnya gigi dan mengonsumsi sesuatu yang terlalu manis atau terlalu asam.

(Baca: Bahaya Karang Gigi yang Mengancam Kesehatan)


Apakah penyebab gigi sensitif?

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya gigi sensitif, antara lain:

  1. Produk pemutih gigi (bleaching) dan pasta gigi tertentuyang berbahan dasar peroksida dan baking soda dapat menyebabkan masalah gigi sensitif pada sebagian besar orang karena mengikis email gigi.
  2. Menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang keras dapat mengikis email gigi sehingga dentin menjadi terbuka. Selain itu, menyikat gigi terlalu keras juga bisa menyebabkan akar gigi terbuka yang dapat memperparah gigi sensitif.
  3. Kebiasaan menggeretakkan gigi (kerot) dan budaya pangur (mengikis gigi supaya rata) juga dapat menyebabkan lapisan email gigi terkikis, sehingga dentin menjadi terbuka.
  4. Terlalu sering makan jenis makanan yang mengandung asam tinggi seperti cuka dapat mengikis lapisan email gigi yang melindungi dentin dan akar gigi, sehingga membuatnya terbuka dan mengarah pada masalah gigi sensitif.
  5. Kebiasaan mengunyah es, membuka tutup botol dengan gigi atau menggigit permen yang keras bisa membuat gigi pecah atau patah. Ketika gigi patah lapisan dentin di bawahnya menjadi terbuka dan rentan terhadap paparan pemicu gigi sensitif.

(Baca: Gigi Geraham Boleh Dicabut Karena 7 Alasan Ini)

Lalu, bagaimana cara mengatasi gigi sensitif?

Masalah gigi sensitif tentu saja bisa diatasi, bahkan disembuhkan. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak beberapa tips berikut untuk mengatasi gigi sensitif Anda:

Mengatasi gigi sensitif
  • Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lebih lembut, untuk mengurangi pengikisan gigi dan iritasi pada gusi anda. Ganti pasta gigi khusus untuk gigi sensitif, oleskan pasta gigi pada permukaan gigi kemudian didiamkan setengah menit baru berkumur. Melalui penggunaan yang teratur, masalah gigi sensitif akan berkurang secara perlahan.
  • Perhatikan jenis makanan/minuman yang dikonsumsi. Jika anda memiliki masalah gigi sensitif, hindari makanan dan minuman yang terlalu asam dan manis, begitu pula dengan yang panas atau terlalu dingin, karena dapat membuat gigi anda menjadi ngilu.
  • Bagi yang memiliki kebiasaan buruk seperti kerot di malam hari dapat memakai alat khusus supaya gigi tidak bergesekan. Untuk gigi yang sudah dipangur (dikikis biar rata) dapat dilakukan restorasi pada gigi untuk menutup dentin yang terbuka.

(Baca: 5 Panganan Penting Untuk Gigi dan Gusi yang Sehat)

Nah, Itu dia cara mengatasi gigi sensitif. Jika masalah gigi sensitif Anda susah ditangani, segera konsultasikan hal ini pada dokter gigi untuk mendapatkan arahan profesional serta perawatan medis lebih lanjut. Mudah, bukan? Selamat mencoba!