Bagaimana Efektivitas Hipnoterapi untuk Pecandu Rokok?

efektivitas hipnoterapi untuk pecandu rokok

Go Dok- Efektifitas hipnoterapi untuk pecandu rokok- Pria dan rokok saat ini seolah telah menjadi dua hal yang tak bisa dipisahkan. Tak hanya pria, segelintir wanita pun ada pula yang menjadi pecandu gulungan tembakau tersebut. Bahkan beberapa tahun silam, muncul pemberitaan viral tentang bocah yang telah kecanduan rokok. Padahal berdasarkan fakta-fakta yang dirilis WHO pada Mei 2017 di situs resminya, tembakau membunuh setengah dari penggunanya, membunuh tujuh juta penggunanya setiap tahun, dan hampir dari 80% lebih dari satu milyar perokok di dunia tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah, tak terkecuali Indonesia.

Berdasarkan data dari Infodatin yang dirilis Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, jumlah perokok aktif di Indonesia pada tahun 2013 adalah 48.400.332 jiwa. Jumlah ini menempatkan Indonesia menjadi negara nomor satu di ASEAN yang jumlah perokoknya paling banyak dengan persentase 46,16%, diikuti Filipina dan Vietnam dibawahnya. Berdasarkan data WHO, di tingkat dunia, Indonesia juga menempati urutan ketiga negara dengan perokok terbanyak setelah Cina dan India dari 1,2 milyar perokok di seluruh dunia. Sungguh bukan sebuah capaian yang patut dibanggakan di tengah kondisi perekonomian Indonesia yang masih dalam kategori negara berkembang.

Bukannya tanpa upaya, pemerintah melalui Peraturan Pemerintah Nomor 109 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau bagi Kesehatan telah mengatur penggunaan rokok dan bahayanya bagi kesehatan. Selain itu, upaya untuk menekan jumlah perokok juga dilakukan melalui iklan layanan masyarakat dengan tema rokok menghancurkan tubuhmu yang dikelurakan oleh Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2016. Secara bertahap, pemerintah juga menerapkan kebijakan pada pengusaha rokok agar mencantumkan foto orang yang menderita akibat rokok pada kemasan produk mereka, menaikkan harga rokok, dan memperketat pemberian izin usaha bagi perusahaan rokok di Indonesia. WHO sebagai organisasi kesehatan dunia juga memperkenalkan cara praktis dan hemat biaya

Namun, semuanya belum menunjukkan hasil signifikan. Para pecandu rokok seolah kesulitan menghentikan kebiasaan buruk yang justru membahayakan kesehatan ini. Ada dua hal yang harus muncul di benak para pecandu rokok yang ingin sembuh. Pertama, “Berhenti merokok adalah hal penting bagi saya dan saya ingin menjadi berhenti menjadi pecandu tembakau”. Kedua, “Saya memiliki kesempatan untuk berhenti dengan sukses. Singkatnya, perlu tekad dan keyakinan kuat dari dalam diri si pecandu itu sendiri”.

Untuk mengontrol ketergantungan pada tembakau, belakangan ramai diperbincangkan di sosial media mengenai hipnoterapi sebagai alternatif penyembuhan. Sebetulnya apa itu hipnoterapi dan bagaimana efektivitas hipnoterapi untuk pecandu rokok?

Berikut ulasan mengenai hipnoterapi untuk pecandu rokok:

Hipnosis adalah keadaan konsentrasi yang terfokus di mana seseorang menjadi kurang sadar akan lingkungannya. Sedangkan hipnoterapi adalah penggunaan hipnosis untuk mengobati kondisi fisik atau psikologis. Keadaan hipnosis memungkinkan seseorang untuk lebih terbuka terhadap diskusi dan saran. Hal ini dapat membantu penyembuhan fobia, ketakutan, kecemasan, gangguan tidur, depresi, stress, pengendalian rasa sakit, dan mengatasi kebiasaan seperti merokok atau makan berlebih.

Selama proses hipnosis untuk berhenti merokok, pasien akan diminta membayangkan hasil yang tidak menyenangkan dari merokok. Misalnya, asap rokok berbau seperti asap kendaraan, dan sebagainya. Hipnosis mengajarkan perokok untuk mengulangi afirmasi ketika hipnosis kapan pun si pecandu memiliki keinginan untuk merokok. Keberhasilan hipnoterapi berbeda pada setiap orang. Pada tahun 2012 diadakan tinjauan yang menyatakan bahwa American Medical Association mendukung penggunaan hipnoterapi sebagai alternatif penyembuhan pecandu rokok, meskipun belum ada penelitian terstruktur yang  mendukung keefektifan hipnoterapi, namun telah ada beberapa penemuan empiris yang menyatakan keberhasilan hipnoterapi. Oleh karena itu, hipnoterapi bisa jadi pilihan bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan buruk dalam merokok. Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika berminat menjalani hipnoterapi adalah mencari hipnoterapis dengan lisensi dan pelatihan terpercaya.

Nah, dari pemaparan tadi bisa disimpulkan bahwa efektifitas hipnoterapi untuk pecandu rokok akan berbeda hasilnya. Tergantung, Anda akan memilih hipnoterapi atau metode lain untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda atau orang terkasih Anda. Stop smoking for a better life. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

 

TW/PJ/MA

Referensi