Ayo, Kenali Penyebab Lupa di Usia Muda!

GoDok – Pernahkah Anda pusing tujuh keliling, mengobrak-abrik seisi rumah mencari kunci motor, hanya karena Anda lupa di mana menaruhnya? Hal ini dialami oleh banyak orang, yang pada umumnya belum mencapai usia paruh baya. Nah lho!

Harus diakui, bahwa kini usia bukan lagi satu-satunya penyebab Anda menjadi cepat lupa alias pikun. Secara umum, kondisi ini bisa saja terjadi pada semua umur, baik anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Dan sebenarnya, cukup banyak faktor yang dapat menyebabkan Anda mudah melupakan sesuatu, antara lain :

1. Kurang tidur

Banyaknya hal yang harus dikerjakan tak ayal membuat Anda terbangun hingga larut malam, dan memaksa Anda untuk mengurangi pasokan jam tidur. Saat Anda kurang tidur, otak serta syaraf yang terletak pada bagian otak tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Hal inilah yang kemudian memengaruhi konsentrasi otak hingga membuat Anda mudah lupa dan mudah cemas.

2. Gangguan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid berfungsi untuk menghasilkan dua hormon yang bertugas mengatur metabolisme lemak dan karbohidrat, suhu tubuh, ritme jantung, serta produksi kalsium dan kadar kalsium dalam darah. Jika kelenjar tiroid terlalu banyak mengeluarkan hormon (hipertiroid), maka bisa memicu masalah depresi yang sering menyebabkan sulit untuk tidur. Gangguan inilah yang kemudian dapat membuat penderitanya menjadi mudah lupa.

3. Konsumsi obat tertentu

Jarang yang mengetahui bahwa obat-obat penenang, darah tinggi, dan berbagai jenis obat penenang lainnya dapat menyebabkan gangguan pada ingatan Anda. Di awal pemakaian, memang tidak akan muncul gangguan apapun. Namun, jika Anda mengonsumsinya secara terus menerus, asupan obat-obatan tersebut dapat mengakibatkan gangguan memori yang cukup serius.

4. Depresi dan rasa cemas berlebih

Depresi akan menimbulkan gangguan yang membuat syaraf-syaraf di dalam otak tidak mampu mengendalikan daya ingat Anda. Pada awalnya, hal ini hanya akan terjadi secara singkat sebelum memori Anda kemudian kembali. Namun jika kondisi depresi ini dibiarkan saja tanpa mendapatkan penanganan yang serius, hal ini bisa menyebabkan gangguan memori parah. Sebab, otak Anda akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi sehingga tidak bisa menangkap memori dengan baik.

5. Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol

Apakah Anda termasuk salah satu yang gemar mengonsumsi minuman keras? Jika iya, maka berhati-hatilah. Sebab, kadar alkohol yang tinggi dalam darah telah diketahui memiliki efek yang tidak baik terhadap ingatan. Nah, jika Anda mengonsumsi alkohol secara terus menerus, maka hal ini akan berefek pada berkurangnya kemampuan otak  untuk mengingat banyak hal.

Setelah memahami penyebab sering lupa, tentunya Anda bertanya-tanya bagaimana cara mencegah dan menangani terjadinya kondisi ini. Jawabannya tentu saja adalah dengan mulai mengubah diet dan pola hidup Anda. Berikut ini beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi sering lupa ingatan :

1. Mengonsumsi makanan peningkat fungsi otak

Perbanyaklah mengonsumsi sayuran hijau, minyak ikan, dan susu kedelai agar fungsi otak lebih terjaga. Selain itu, kurangi dan batasi pula kebiasaan Anda mengonsumsi minuman beralkohol dan obat penenang. Jika Anda melakukan kedua hal ini, yakinlah daya ingat Anda akan menguat dengan sendirinya.

2. Berolahraga

Jika Anda berolahraga secara teratur,  sirkulasi darah di dalam tubuh akan menjadi lebih lancar sehingga darah akan mengalir ke otak tanpa hambatan. Nah, dengan adanya suplai darah yang lancar, jaringan-jaringan saraf di otak akan senantiasa menerima asupan oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat menjaga Anda dari kecemasan dan depresi.

3. Melatih otak

Eits, jangan salah, otak juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga, lho. Untuk melatihnya, Anda dapat melakukan berbagai cara seperti bermain puzzle, mengisi teka-teki silang,  memperbanyak baca buku, serta bermain catur atau permainan strategi lainnya.

4. Cukup istirahat

Jarang yang mengetahui bahwa ketika tidur, memori Anda akan mengumpulkan kembali hal-hal yang telah terjadi, sehingga saat bangun Anda menjadi lebih mudah mengingat. Selain itu, cukup istirahat juga akan membuat tubuh bugar sehingga potensi stres bisa terhindarkan.

Nah, jika Anda memiliki penyakit sering lupa, kenalilah penyebabnya, dan atasi dengan cara-cara di atas. Dijamin, daya ingat Anda juga akan meningkat drastis.

Comments are closed.