Awas, Waspadai Gejala Awal Diabetes!

gejala awal diabetes

Go Dok – Gejala awal diabetesSiapa yang tidak mengenal penyakit diabetes? Anda pun tentu sudah familiar dengan penyakit yang berhubungan dengan kadar gula dalam tubuh tersebut. Penyakit diabetes bahkan sering menjadi salah satu penyebab komplikasi penyakit pada tubuh individu yang sedang tidak sehat. Hal tersebut membuat diabetes menjadi penyakit yang tidak boleh dianggap enteng. Apakah penyakit diabetes dapat dideteksi sejak awal? Jawabannya, bisa!

Bagaimana cara mendeteksi gejala awal diabetes? Cari tahu bagaimana caranya melalui penjelasan dari Go Dok berikut ini!

1. Rasa haus dan keinginan buang air kecil yang berlebihan

Seorang penderita diabetes akan merasakan haus yang berlebihan. Hal tersebut diakibatkan kadar gula yang berlebih pada darah sehingga menyebabkan ginjal Anda bekerja lebih banyak dari pada individu yang sehat untuk menyaring dan menyerap gula berlebih tersebut. Ketika ginjal tidak dapat melakukannya terus menerus, sisa gula berlebih akan dikeluarkan bersama urin dan menarik banyak cairan dari dalam jaringan.

Hal tersebut kemudian menimbulkan semakin meningkatnya volume air seni yang dikeluarkan oleh tubuh dan menimbulkan dehidrasi. Anda pun akan meminum lebih banyak air untuk mengimbangi rasa dehidrasi tersebut, dan volume air seni Anda juga turut meningkat. Gejala awal diabetes ini juga sering dikenal dengan polyuria.

2. Turunnya berat badan

Anda menyadari bahwa berat badan Anda turun? Mungkin Anda merasa senang sejenak. Namun, Anda perlu mengingat-ingat lagi kegiatan buang air Anda akhir-akhir ini. Jika Anda sering buang air kecil, Anda perlu waspada karena bisa jadi itu merupakan salah satu gejala awal diabetes. Anda akan kehilangan banyak gula serta kalori saat Anda buang air.

Meski demikian, diabetes juga dapat menahan kandungan gula pada makanan Anda untuk mencapai sel-sel dalam tubuh dan menyebabkan kelaparan secara konstan. Efek yang bercampuraduk tersebut bisa menyebabkan turunnya berat badan secara terus menerus.

3. Luka yang sulit sembuh

Ketika Anda mengalami luka yang sulit sembuh atau mengering, bisa jadi itu merupakan salah satu gejala awal diabetes. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, penderita diabetes memiliki sirkulasi tubuh yang buruk akibat efek dari tingginya kandungan gula dalam darah serta imunodefisiensi yang membuat tubuh tidak dapat melindungi dirinya sendiri.

4. Pusing

Gejala satu ini bisa jadi sangat umum terjadi. Namun, rasa pusing pada penderita diabetes lebih karena disebabkan dehidrasi akibat pengeluaran saat buang air yang berlebihan serta tubuh yang tidak dapat berfungsi maksimal karena tidak dapat menggunakan gula sebagai pasokan energi.

5. Penglihatan menjadi kabur

Penyakit diabetes dapat mengakibatkan gangguan pada ketajaman pengelihatan Anda. Kadar gula yang tinggi pada tubuh Anda akan menarik cairan pada jaringan di tubuh Anda, termasuk pada lensa di mata Anda. Hal ini akan menyebabkan mata Anda akan sulit untuk fokus.

Jika hal ini dibiarkan, maka diabetes bisa membentuk pembuluh darah baru pada retina yang terletak di belakang mata Anda dan merusak pembuluh darah lain yang sudah terbentuk sebelumnya. Pada sebagian kasus, hal ini tidak terlalu mengganggu. Tetapi, jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kebutaan yang serius.

6. Rasa sakit dan kebas pada saraf

Pernahkah Anda tiba-tiba merasakan rasa kebas pada bagian tangan, jari, atau kaki Anda? Jika iya, bisa jadi Anda mengalami kerusakan pada saraf Anda akibat diabetes. Hal ini juga bisa jadi gejala awal diabetes neuropatik. Namun, kondisi ini biasanya muncul pada individu yang sudah beberapa tahun menderita diabetes.

Itu tadi beberapa gejala awal diabetes yang harus Anda waspadai. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.