Awas! Bahaya Flat Shoes Bagi Kesehatan Kaki!

bahaya flat shoes bagi kesehatan kaki
Hingga saat ini, flat shoes masih menempati posisi kedua sebagai sepatu favorit yang paling sering digunakan, tahukah Anda bahwa ternyata pemakaian flat shoes sama besar risikonya dengan pemakaian high heels ?

GoDok – Bahaya Flat Shoes Bagi Kesehatan Kaki- Hingga saat ini, flat shoes masih menempati posisi kedua sebagai sepatu favorit yang paling sering digunakan, tepat di bawah high heels. Salah satu alasannya adalah permukaan flat shoes yang datar, sehingga dinilai tidak akan membuat kaki menjadi sakit dan terasa pegal apabila dipakai dalam jangka waktu yang lama serta mempermudah gerak dan memperkecil kemungkinan kaki mengalami cedera. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata pemakaian flat shoes sama besar risikonya dengan pemakaian high heels ?

Bahaya flat shoes bagi kesehatan kaki

Permukaan sepatu flat shoes yang datar ternyata tidak meringankan beban yang harus ditanggung oleh otot kaki menjadi lebih ringan, sebaliknya flat shoes membuat otot kaki harus menanggung 2-3 beban lebih banyak. Beban berat yang melebihi jumlah yang harus ditanggung oleh otot kaki inilah yang menjadi penyebab beberapa permasalahan pada kaki. Berikut adalah beberapa permasalahan pada kaki yang timbul akibat pemakaian sepatu flat shoes.

1. Melukai tendon

Tahukah Anda tentang  tendon Achilles? Urat yang satu ini adalah tendon terbesar dalam tubuh yang letaknya membentang antara tulang tumit hingga otot betis. Salah satu fungsi tendon achilles yang dapat Anda lihat secara langsung adalah posisi jari kaki yang dapat secara langsung menyentuh lantai. Ketika Anda berjalan menggunakan flat shoes, secara berulang tendon harus menanggung beban 2-3 kali lipat lebih berat dari kemampuannya. Nah, beban berat yang terus-menerus ditanggung oleh tendon lama-kelamaan akan mencederainya. Akibatnya, akan terjadi pembengkakan di sekitar tempat tendon berada, serta rasa sakit dan nyeri ketika Anda melangkahkan kaki. Tidak nyaman, bukan?

(Baca: Ini Dia Akibat Buruk Sering Pakai High Heels)

2. Kulit tumit menjadi pecah-pecah

Tekanan secara terus-menerus yang terjadi pada telapak kaki lama-kelamaan akan membuat kulit di bagian telapak menjadi mengeras. Kulit kaki yang mengeras secara perlahan akan mengering sehingga menimbulkan retakan pada kulit. Hal inilah yang menyebabkan kulit dibagian tumit menjadi pecah-pecah.

(Baca: Kaki Pecah-Pecah? Atasi dengan Cara Alami Ini)

Lalu, bagaimana solusi yang tepat untuk mengindari bahaya flat shoes untuk kesehatan kaki?

Meskipun Anda tidak menghindari dampak buruk dari pemakaian flat shoes, namun bukan berarti Anda tidak bisa memperkecil dampak buruk yang harus ditanggung akibat pemakaian sepatu flat shoes.

Menggunakan bantalan kaki atau orthotics adalah cara terbaik untuk mengurangi dampak buruk dari pemakaian flat shoes tanpa harus menghentikan pemakaiannya. Bantalan kaki mampu membantu dalam mengurangi beban yang harus ditanggung oleh tendon achilles, sehingga beban berat yang harus ditanggung oleh achilles tendon menjadi berkurang. Secara tidak langsung, hal ini juga akan mengurangi beban pada otot Anda.

(Baca: Bolehkah Kaki Terkilir Dipijat?)

Berkurangnya beban yang harus ditanggung oleh otot kaki ini, ternyata secara tidak langsung juga akan membantu mengurangi permasalahan kulit tumit yang pecah-pecah. Pecahnya kulit tumit secara otomatis akan berkurang secara perlahan ketika beban berat yang harus ditanggung oleh tumit berkurang. Cara lain untuk mengatasi? Gunakanlah pelembap khusus untuk kaki sehingga menjaga kulit kaki terutama kulit dibagian tumit menjadi lembap sehingga mengurangi kulit tumit menjadi pecah-pecah.

Nah, itu tadi bahaya flat shoes untuk kesehatan kaki Anda dan cara mengurangi bahaya dari pemakaian flat shoes itu sendiri. Semoga bermanfaat!