Atasi Vertigo dengan Obat Alami Berikut Ini!

Bahan alami atasi vertigo
Atasi Vertigo  – penyakit yang ditandai dengan sakit kepala,  penglihatan ganda, kaki dan lengan menjadi lemas yaitu dengan konsumi bahan -bahan seperti teh jahe, biji semangka dan sebagainya

GoDokAtasi Vertigo– Pernahkah Anda mendengar istilah vertigo? Mungkin, jika Anda termasuk mereka  yang sering begadang atau selalu sibuk, istilah ini akan terdengar lebih familier. Vertigo merupakan suatu kondisi di mana seseorang akan merasakan pusing yang amat sangat. Biasanya, ketika Anda merasa terlalu lelah, dan tiba-tiba saja Anda merasa pusing dan tidak melakukan aktivitas apa-apa lagi. Hati-hati! Sebab, inilah salah satu pertanda Anda mengidap vertigo. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara atasi vertigo?

Apa sih sebenarnya yang menyebabkan vertigo? Sejatinya, vertigo muncul karena kurangnya waktu tidur Anda sehingga terjadi gangguan pada bagian dalam telinga atau BPPV (benign paroxysmal positional vertigo). Kondisi ini bisa terjadi karena kelonggaran yang terjadi pada kristal kecil di bagian dalam telinga. Umumnya, Anda akan merasakannya saat menjelang tidur atau bangun tidur. Gejala lainnya termasuk pula sakit kepala, penglihatan ganda, dan kaki dan lengan menjadi lemas. Bagaimana cara atasi vertigo? Anda dapat mencoba bahan-bahan alami berikut ini :

1. Teh jahe

Salah satu bahan yang dapat dicoba untuk atasi vertigo adalah jahe. Selain bisa menghangatkan badan Anda, ternyata rempah yang satu ini dapat pula digunakan untuk mengatasi vertigo. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda cukup merebusnya selama 5 menit dan langsung meminum air rebusannya setelah didinginkan. Untuk menambah rasa, Anda bisa pula mencampurkannya dengan madu. Minumlah dua kali dalam sehari secara rutin untuk hasil yang maksimal, ya!

(Baca: Jahe; Bukan Sekadar Penghangat Tubuh)

2. Almond dan biji semangka

Anda mungkin baru mendengar jika biji semangka mampu atasi vertigo. Kenyataannya,, Anda justru dapat membuat ramuan sendiri dengan campuran almond dan biji semangka. Sssttt, caranya juga cukup mudah, lho! Anda cukup merendam 8 buah almond, 8 biji semangka, 2 sendok makan biji-bijian gandum, dan 1 sendok makan biji bunga poppy sepanjang malam. Setelah itu, buatlah pasta dengan mencampur seluruh bahan tersebut dan panaskan. Kemudian tambahkan satu sendok makan minyak samin dan campurlah pasta yang tadi Anda buat dengan susu. Jika sudah, Anda dapat langsung meminumnya. Jangan lupa, lakukan hal ini sekali dalam seminggu untuk hasil yang lebih optimal.

3. Lemon balm

Lemon balm memang memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh, seperti mengatasi insomnia dan juga untuk menambah manis penampilan. Selain itu, ternyata lemon balm merupakan pengobatan yang paling cepat untuk atasi vertigo ketika vertigo kambuh. Bagaimana cara penggunaannya? Anda cukup mendidihkan satu gelas air dan tambahkan satu sendok teh lemon balm. Didihkan selama 10 menit dan minumlah airnya. Selain lemon balm, buah lemon yang utuh juga mampu mengatasi masalah vertigo Anda. Caranya dengan memeras setengah dari lemon ke satu gelas air hangat. Kemudian, Anda dapat menambahkan lada hitam dan garam, aduk keduanya hingga larut dan minumlah air lemon tersebut. Dijamin, vertigo akan berangsur-angsur hilang deh!

(Baca: Black Lemonade, Si Hitam yang Ahli Detoksifikasi)

4. Minyak wijen dan bawang putih

Ramuan lain yang bisa Anda coba dalam atasi vertigo Anda adalah campuran minyak wijen dan bawang putih. Memang terdengar sedikit janggal, namun efektif, lho! Meskipun begitu, cara meramunya cukup rumit. Pertama-tama, hancurkan dua siung bawang putih lalu masukkan ke dalam panci bersama dengan dua sendok teh minyak wijen. Tumislah hingga bawang berwarna coklat, lalu saring minyaknya ke dalam cangkir. Teteskan minyak tersebut ke dalam telinga dan selama 1 menit setelahnya jangan bergerak. Lakukan pula hal ini pada telinga yang lain, ya!

5. Epley Manuver

Kedengaran begitu asing, bukan? Epley Manuver merupakan suatu rangkaian gerakan yang manjur dalam membantu mengatasi vertigo. Jika vertigo berasal dari telinga kiri, anda bisa duduk di tepi tempat tidur terlebih dahulu. Lalu ubahlah posisi kepala anda 45 derajat ke arah kiri, tetapi jangan terlalu jauh dari bahu kiri. Kemudian, letakkan bantal di bawah Anda ketika hendak berbaring. Tunggulah selama 30 detik hingga vertigo terasa menghilang. Setelah itu, putar lagi kepala Anda ke arah kanan tanpa mengangkat kepala. Tunggu lagi selama 30 detik, lalu putar kepala dan tubuh Anda ke kanan sampai menatap lantai. Dan untuk yang terakhir kali, pertahankan posisi itu selama 30 detik sebelum menyelesaikan rangkaian gerakan.

(Baca: Penyakit Insomnia)

Sama halnya jika vertigo muncul dari telinga kanan, Anda dapat melakukan cara di atas dengan mengganti urutan arahnya. Lakukanlah cara tersebut sebanyak 3 kali dalam seminggu sebelum Anda tidur.

Nah, selain cara-cara atasi vertigo di atas, Anda dapat pula mencegah datangnya vertigo dengan cukup tidur  dan banyak meminum air putih. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.