Atasi Mual Saat Hamil dengan 7 Tips Jitu Berikut Ini!

atasi mual saat hamil
Muntah-muntah pada ibu hamil, atua dikenal juga dengan istilah morning sickness, ternyata disebabkan oleh perubahan jumlah hormonal dalam tubuh ibu hamil

GoDok – Atasi Mual saat Hamil – Bagi Anda kaum hawa yang sedang menjalani masa kehamilan; pasti sudah paham dengan fakta bahwa seringnya muntah-muntah di awal masa kehamilan merupakan hal yang lumrah terjadi. Muntah-muntah pada ibu hamil, atau dikenal juga dengan istilah morning sickness, ternyata disebabkan oleh perubahan jumlah hormonal dalam tubuh ibu hamil. Lantas, adakah cara jitu untuk mengatasinya?

Dibawah Ini tips atasi mual saat hamil yang bisa Anda praktikan

1. Rutin konsumsi bahan pangan segar

Tips atasi mual saat hamil yang pertama adalah dengan rutin mengonsumsi bahan pangan segar, seperti sayuran dan buah-buahan. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperbanyak asupan vitamin C yang ampuh untuk mengatasi rasa mual.

Eits, tapi jangan salah! Selain dianjurkan untuk menambah asupan sayuran dan buah, ibu hamil juga diharuskan untuk tetap menjaga asupan makanan lain yang seimbang jumlah karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan gizi esensial lainnya.

2. Banyak minum air putih

Selanjutnya, atasi mual saat hamil dengan banyak minum air putih. Ibu hamil disarankan untuk selalu memperbanyak minum air putih. Mengapa? Karena di masa kehamilan, calon ibu akan sering merasa kepanasan akibat berubahnya suhu tubuh. Ssst, selain dengan memperbanyak minum air putih, ibu juga dapat menjaga jumlah cairan di dalam tubuh dengan rajin mengonsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan airnya, seperti apel dan pir. Mudah, bukan?

3. Hirup aroma terapi

Di masa kehamilan, ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat sembarangan setiap kali mual datang. Karenanya, cobalah untuk menghirup aroma terapi yang mengeluarkan wangi segar, seperti peppermint dan fresh lemon untuk atasi mual saat hamil, Bunda.

(Baca: Sudah Cukupkah Konsumsi Air Anda Hari Ini?)

4. Rajin ngemil

Memang, mual dan muntah di masa kehamilan seringkali membuat calon ibu malas mengonsumsi makanan atau minuman apappun. Padahal, keputusan ini sangat membahyakan kesehatan janin dan ibu, lho! Kenapa? Karena hal ini justru dapat memicu dehidrasi dan kekurangan nutrisi.

Solusinya untuk atasi mual saat hamil dengan sering ngemil dan makan dalam porsi yang kecil. Langkah ini dipandang jitu untuk mengurangi keasaman pemicu mual dan muntah.

5. Kenakan pakaian longgar

Tips atasi mual saat hamil yang selanjutnya adalah dengan mengenakan pakaian longgar. Ternyata, kebiasaan menggunakan pakaian yang terlampau ketat; terutama di area perut; akan memicu rasa mual dan muntah. Inilah sebabnya mengapa ibu hamil dianjurkan untuk memilih pakaian yang longgar dan berbahan dasar nyaman.

6. Makan buah dingin

Seringkali, ibu hamil mengeluhkan rasa mual setiap kali mengonsumsi buah-buahan. Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda dapat mencoba konsumsi buah dingin. Mengapa? Karena selain lebih mudah dicerna, buah dingin juga dianggap ampuh untuk atasi mual saat hamil. Mau?

(Baca: 10 Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan)

7. Refleksologi

Tips atasi mual saat hamil yang terakhir adalah refleksologi, atau pijat. Dengan memijat ringan beberapa area di telapak kaki dan tangan, intensitas mual yang dirasakan ibu hamil akan berkurang. Eits, ingat, ya! Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda disarankan untuk selalu memilih ahil refleksologi yang bersertifikat .

Itu tadi 7 tips atasi mual saat hamil yang dapat dipraktikkan oleh ibu hamil. Semoga selalu sehat, ya, Bunda!