Atasi Komedo Hitam dengan 7 Masker Alami Ini

atasi komedo hitam
Komedo hitam salah satunya disebabkan oleh luka bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta perubahan hormon di dalam tubuh Anda

GoDok Atasi Komedo HitamHayo, siapa yang punya komedo hitam di ujung hidung? Taruhan, Anda yang memiliki kulit berminyak dan berpori besar, setidaknya pasti pernah sekali menjadi korban tumbuhnya komedo hitam. Berbeda dengan komedo putih, yang lebih umum datang pada bagian kulit berpori kecil, komedo hitam terbentuk karena Anda memiliki pori-pori wajah yang besar. Bagaimana bisa? Jika wajah Anda berpori besar, kulit mati dan sebum (minyak berlebih) yang terbentuk di wajah akan lebih mudah untuk bereaksi dengan oksigen, membentuk zat hitam yang menumpuk di pori-pori Anda.

Selain itu, menurut dr. David E. Bank, MD, dari New York-Presbyterian Hospital, komedo hitam juga disebabkan pula oleh luka bekas jerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta perubahan hormon di dalam tubuh Anda. Dewasa ini, sudah banyak krim, serum, dan alat-alat yang diiklankan dapat membasmi komedo. Namun, pemakaian hal-hal tersebut tentu memiliki risiko tersendiri. Lalu, adakah cara-cara yang lebih tidak berisiko dalam menghilangkan komedo hitam? Tentu ada. Untuk itu, yuk simak 8 masker alami berikut untuk atasi komedo hitam Anda!

Atasi Komedo Hitam
1. Soda kue dan air

Selain menghilangkan komedo putih, baking soda ternyata juga berguna untuk atasi komedo hitam, lho! Kemampuan ini dikarenakan butir-butirnya yang kecil, halus, dan lembut dapat berfungsi secara alami untuk mengelupas dan mengusir apapun yang menyumbat pori-pori Anda. Cara penggunaannya, cukup mencampur baking soda dengan air bersih, lalu mengaduknya hingga menjadi semacam pasta. Aplikasikan pasta tersebut ke wajah Anda layaknya masker, lalu diamkan selama beberapa menit hingga kering. Terakhir, bilas wajah Anda dengan air bersih.

2. Madu dan kayu manis

Hmmm.. membayangkan campuran madu dan kayu manis saja, rasanya sudah bisa bikin diabetes! Anti-bakteri yang ada di dalam madu dapat menghindarkan bakteri penyebab jerawat merongrong wajah Anda dan mencabut apapun yang menyumbat pori-pori. Di sisi lain, kayu manis dapat memperlancar sirkulasi darah yang meningkatkan aliran darah ke wajah, membuatnya lebih bersinar. Untuk penggunaan, Anda membutuhkan 1 sendok bubuk kayu manis, 1 sendok madu murni, dan kapas bersih. Campur kedua bahan pertama, dan aplikasikan campurannya ke wajah Anda, lalu letakkan beberapa helai kapas bersih di atasnya. Diamkan selama 3 – 5 menit, lalu angkat kapas-kapas tersebut dan cucilah wajah dengan air bersih.

(Baca: 5 Manfaat Madu; Si Manis yang Kaya Manfaat)

3. Citrus atau lemon

Tak hanya segar diminum ketika hari panas, lemon ternyata berguna pula untuk atasi komedo hitam. Caranya? Anda cukup membasuh wajah dengan air hangat, lalu usaplah beberapa potongan lemon di wilayah wajah Anda yang berkomedo. Diamkan selama beberapa menit, lalu basuh wajah Anda dengan air dingin. Lakukan hal ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Pepaya

Selain untuk mengobati sembelit, siapa yang sangka jika pepaya juga bagus untuk atasi komedo hitam membandel? Pepaya memiliki sifat proteolitik dan bakterisida yang ampuh untuk mencegah sekaligus mengusir jerawat dan komedo hitam, khususnya di area hidung. Tak hanya itu, pepaya juga sangat baik untuk mengencangkan dan melembapkan kulit Anda. Penggunaannya cukup mudah, hancurkan pepaya hingga halus dan campur dengan 1/4 sendok teh tepung halus. Aplikasikan pada wajah Anda dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan hal ini dua kali seminggu, untuk hasil maksimal.

(Baca: Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda)

5. Lumpur atau tanah liat

Tanah liat bentonit kaya akan mineral yang telah digunakan sejak dulu untuk mengobati beragam penyakit, terutama yang terkait kulit. Molekul di dalamnya dapat menarik keluar minyak dan kotoran-kotoran lainnya yang menyumbat pori-pori ketika Anda mengaplikasikannya pada wajah. Tak hanya itu, tanah liat juga membantu sirkulasi darah sehingga membantu kulit menjadi lebih cerah.

Anda dapat mencampur tanah liat dengan air atau cuka apel, lalu mengoleskan campurannya ke seluruh wajah, dan mendiamkannya selama 15 menit. Setelah itu, bilaslah wajah Anda dengan air bersih. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi, ya!

6. Pisang

Tidak hanya menambah tenaga dalam tubuh Anda, pisang ternyata dapat pula dijadikan sebagai masker alami untuk atasi komedo hitam. Anda cukup menghancurkan sebuah pisang hingga halus, lalu oleskan ke bagian wajah yang terserang komedo. Pijat secara perlahan selama 30 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih. Lakukan secara rutin ya, agar hasilnya maksimal!

(Baca: Jangan Salah! Ini Dia Cara Pilih Pisang yang Benar)

7. Tomat

Terakhir, Anda dapat atasi komedo hitam dengan bahan alami berupa tomat segar. Kandungan dalam tomat dapat membantu kulit dalam proses pengelupasan yang juga turut mengangkat komedo. Caranya? Cukup dengan mengoleskan tomat yang sudah dihaluskan di area tumbuhnya komedo. Pijat dan tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Mudah, bukan?

Nah, itu tadi 7 masker alami untuk atasi komedo hitam. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat!