Atasi Demam pada Anak dengan 6 Langkah Berikut Ini

atasi demam pada anak

Go Dok– Atasi Demam pada Anak – Bagi para orangtua, khususnya ibu, demam pada anak seringkali membuat senewen dan cemas. Bagaimana tidak! Selain membuat buah hati rewel, ibu juga seringkali cemas akan demam yang bisa saja menjadi gejala dari penyakit lain; seperti flu hingga DBD. Karenanya, tidak heran jika kemudian ibu akan melakukan berbagai cara untuk segera meredakan demam anak.

Eits, jangan asal dalam mengobati demam! Sebab, bisa saja langkah pengobatan yang Anda lakukan justru memperparah kondisi kesehatan si kecil.

Solusinya; yuk, simak 6 langkah atasi demam pada anak berikut ini!

1. Berikan probiotik

Langkah atasi demam pada anak yang pertama adalah dengan memberikan probiotik. Probiotik -yang dapat dipahami sebagai bakteri baik- biasanya terkandung di dalam yoghurt. Nah, dengan menambahkan bahan pangan ini pada menu sajian anak, Anda secara tidak langsung telah menjaga jumlah bakteri baik di dalam tubuh anak sehingga ia terhindar dari komplikasi demam yang berhubungan dengan sistem pencernaan, seperti diare atau konstipasi.

2. Jangan langsung berikan antibiotik!

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh orangtua ketika anaknya demam adalah memberikan obat antibiotik. Padahal, obat jenis ini hanya boleh diberikan atas resep dokter. Lantas, apa sih manfaat antibiotik? Umumnya, dokter akan meresepkan obat ini jika mencurigai demam turut dipicu oleh infeksi bakteri.

Solusinya untuk atasi demam pada anak daripada memberikan antibiotik, Anda dianjurkan untuk menangani demam anak dengan memberikan ia parasetamol ringan sesuai dengan anjuran pakai yang tertera.

3. Perhatikan asupan minuman

Jarang yang mengetahui bahwa salah satu komplikasi serius dari demam adalah risiko dehidrasi, atau kekurangan cairan tubuh. Karenanya, untuk menghindari kemungkinan buruk ini, Anda disarankan untuk selalu memperhatikan jumlah asupan minum anak.

Selain dengan memberikan air putih minimal 8 gelas/hari, untuk atasi demam pada anak Anda juga bisa menjaga keseimbangan cairan anak dengan memberikan ia buah-buah yang kaya akan air, seperti apel, semangka, dan pir.

4. Kompres

Langkah atasi demam pada anak yang selanjutnya adalah dengan mengompres si kecil menggunakan handuk yang telah dicelupkan sebelumnya ke dalam air panas. Mengapa air panas? Sebab tingginya suhu air akan merangsang pori-pori tubuh anak agar terbuka. Inilah yang membuat suhu panas cepat keluar.

Daripada mengompres keningnya saja, Anda disarankan untuk mengusap seluruh anak dengan handuk panas. Kenapa? Karena dengan cara inilah suhu tubuh si kecil akan kembali normal dengan cepat.

5. Coba bahan herbal

Menurut dr. Dita Elvina –Koordinator Instalasi Gawat Darurat Brawijaya Children and Hospital-, bahan herbal, seperti bawang merah, dapat dimanfaatkan untuk meredakan demam anak. Caranya, balur tubuh anak dengan bawang merah yang sudah dihaluskan sebelumnya.

6. Konsultasi ke dokter

Langkah atasi demam anak yang terakhir adalah dengan berkonsultasi ke dokter. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir risiko munculnya penyakit lain yag ditandai oleh demam, seperti DBD dan tifus.

Itu tadi 6 langkah atasi demam anak yang dapat Anda praktikkan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.