Atasi Cegukan pada Bayi dengan Cara Ini

atasi cegukan pada bayi

Go Dok- Atasi cegukan pada bayi- Bagi para wanita yang baru saja menjadi ibu, tentu perilaku dan kebiasaan si bayi selalu menjadi perhatian yang utama. Salah satu perilaku bayi yang mungkin menjadi perhatian adalah kebiasaannya mengalami cegukan. Bayi yang baru lahir akan sering mengalami cegukan, yang disebabkan oleh kontraksi diafragma dan kecepatan menutupnya pita suara pada mereka.  Sejatinya, ini merupakan hal yang umum terjadi dan tidak dapat dikontrol oleh bayi Anda. Cegukan pada bayi tidak akan mengganggu si kecil dan tidak perlu dihentikan, karena dalam 1 -2 minggu pertama cegukan akan berkurang dengan sendirinya. Faktanya, bayi justru dapat tertidur lelap meskipun terus-menerus mengalami cegukan.

Namun, beberapa dari Anda biasanya menganggap bahwa bahwa cegukan ini akan mengganggu pernapasan si buah hati. Nah, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba menghentikan cegukan ini.

Berikut adalah beberapa cara atasi cegukan pada bayi:

1. Buat si buah hati bersendawa

Cara atasi cegukan pada bayi yang pertama adalah dengan membuat si bayi bersendawa, karena sendawa dapat menghilangkan kadar gas berlebih di dalam tubuhnya yang mungkin menjadi penyebab cegukan. Anda dapat mengelus punggung bayi Anda, atau secara lembut menepuk-nepuk punggungya saat ia cegukan. Hal ini dipercaya dapat menghentikan cegukan. Namun, jangan sampai Anda menepuk punggungnya terlalu keras, ya!

2. Cobalah berikan gripe water

Cara atasi cegukan pada bayi yang kedua adalah dengan mencoba meminumkan gripe water padanya. Apa itu gripe water? Gripe water merupakan suatu cairan kombinasi dari tanaman-tanaman herbal dan air biasa, yang dipercaya dapat membantu mengobati kolik pada bayi, begitu pula dengan mengobati cegukan. Tanaman-tanaman herbal yang digunakan dapat beragam, mulai dari adas, kamomil, jahe, hingga kayu manis. Memang banyak kasus yang mengindikasikan bahwa ramuan ini tidak banyak berguna dalam atasi cegukan bayi, namun faktor risiko atau bahaya yang ditimbulkan amatlah minim. Karena itu, tak ada salahnya Anda mencoba cara ini. Namun, pastikan Anda selalu memeriksa terlebih dulu bahan-bahan apa yang dimasukkan ke dalam ramuan ini, ya!

3. Gunakan dot bayi

Cara atasi cegukan pada bayi yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan dot bayi, atau yang biasa disebut empeng. Cegukan pada bayi tidak selalu dimulai dari pemberian makanan. Saat si buah hati mulai cegukan tanpa sebab, cobalah menyodorkan dot bayi padanya, dan biarkan dia menyedot atau menghisap dot tersebut. Hal ini akan membantu dalam menenangkan diafragma si kecil dan menghentikan cegukan yang dialaminya.

4. Cobalah dudukkan bayi Anda

Cara atasi cegukan pada bayi yang terakhir adalah dengan menempatkan bayi Anda dalam posisi duduk tegak, selama 20 – 30 menit sehabis Anda memberinya makan atau menyusuinya. Hal ini dipercaya dapat menghentikan cegukan, dan Anda bisa menggendong sembari menimangnya secara perlahan setelah itu. Biasanya, tepukan lembut dan timangan pelan dapat membantu meredakan cegukan pada bayi.

Nah, itu dia 4 cara atasi cegukan pada bayi yang bisa Bunda praktikkan. Seringkali, cegukan akan berhenti dengan sendirinya, sehingga Anda boleh membiarkannya saja tanpa intervensi apapun. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.