Atasi Biang Keringat Pada Bayi dengan 6 Cara Jitu Berikut Ini!

atasi biang keringat pada bayi
Jika dibandingkan orang dewasa, bayi ternyata lebih rentan terkena biang keringat karena ukuran pori-pori kulitnya yang lebih kecil serta fakta bahwa kelenjar dan saluran sekresi keringatnya belum berkembang secara sempurna. Simak tips atasi biang keringat pada bayi berikut ini!

GoDok – Atasi Biang Keringat pada Bayi – Seperti yang telah kita ketahui, sistem kekebalan tubuh bayi masihlah belum terbentuk secara sempurna, Hasilnya, bukan hanya rentan terkena penyakit, bayi juga sangat berisiko mengalami gangguan kulit yang disebabkan oleh beberapa faktor; mulai dari infeksi bakteri dan jamur, hingga karena pengaruh cuaca, pakaian yang tidak cocok, serta alergi bedak dan makanan.

Nah, dari sekian banyak gangguan kulit yang mengancam bayi, biang keringat merupakan salah satu masalah kulit yang seringkali membuat para orang tua ‘senewen’. Bagaimana tidak! Anda akan sering mendapati bayi menangis dan rewel karena gatal serta perasaan tidak nyaman yang disebabkan oleh gangguan kulit yang satu ini.

Bunda, pada dasarnya, biang keringat pada bayi disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori kulit si buah hati yang menyebabkan keringat tidak bisa keluar. Ssst, jika dibandingkan orang dewasa, bayi ternyata lebih rentan terkena biang keringat karena ukuran pori-pori kulitnya yang lebih kecil serta fakta bahwa kelenjar dan saluran sekresi keringatnya belum berkembang secara sempurna.

(Baca: Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi)

Sebagai orangtua, tentunya Anda tidak ingin melihat si kecil tersiksa karena biang keringat, bukan? Karenanya, berikut Go Dok paparkan atasi biang keringat pada bayi berikut ini:

Atasi biang keringat pada bayi
  1. Hindari tempat yang bersuhu panas dan lembap. Mengapa? Karena dua kondisi tersebut dapat membuat si kecil memngeluarkan keringat dalam jumlah berlebih. Jika memang terpaksa harus keluar saat udara panas, selalu pastikan untuk membawa kipas kecil agar suhu tubuh anak tidak melonjak terlalu drastis.  
  2. Pilihlah baju anak yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, seperti katun. Sebaliknya, hindari pakaian yang terbuat dari bahan sintetis dan wol, karena dua bahan tersebut justru dapat membuat keringat tertinggal di kulit.
  3. Sesekali, ketika cuaca di luar rumah sedang terik, Anda dapat memadupadankan baju tanpa lengan dengan celana pendek untuk dikenakan oleh bayi.
  4. Jika biang keringat terlanjur muncul, maka Anda dapat mengaplikasikan bedak tabur pada kulit bayi. Tapi, ingat ya, Bunda! Lap dulu keringat si kecil dengan menggunakan kain yang berbahan lembut agar bedak tabur tidak lantas membuat kulit nya menjadi lengket.
  5. Jangan asal pilih lotion atau minyak telon untuk bayi! Kenapa? Karena bisa jadi produk yang Anda pilih malah akan memperparah penyumbatan keringat si kecil. Solusinya, pilihlah lotion yang mengandung calamine atau hidrokortison untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi akibat biang keringat.
  6. Gunakan campuran garam dan teh hijau untuk mengurangi sensasi gatal, membunuh kuman, serta meredakan iritasi akibat biang keringat. Caranya, oleskan campuran dua bahan tadi ke bagian tubuh bayi yang terkena biang keringat menggunakan handuk. Tunggu selama 10 menit sebelum dibilas bersih dengan menggunakan air bersih.

(Baca: Bahan Alami Lebatkan Rambut Bayi)

Bunda, itu tadi cara atasi biang keringat pada bayi. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.