Jangan Gentar! Atasi Biang Keringat dengan 5 Bahan Ini!

atasi biang keringat dengan 5 bahan ini
Atasi Biang Keringat- Keringat dapat terjebak di lapisan dermis kulit sehingga menyebabkan inflamasi dan ruam. Kondisi inilah yang kita kenal sebagai biang keringat. Berikut penjelasan lengkapnya!

GoDok –  Atasi Biang Keringat – Di cuaca panas seperti sekarang ini, melakukan aktivitas di luar ruangan memang seringkali membuat hati gentar. Bayangkan saja! Teriknya sinar matahari serta suhu sekitar yang tinggi tidak hanya akan membuat kulit terlihat hitam dan kusam, tapi juga dapat membuat produksi keringat meningkat.

Jangan anggap sepele produksi keringat tubuh yang berlebih, ya! Mengapa? Sebab, dalam banyak kasus, keringat dapat terjebak di lapisan dermis kulit sehingga menyebabkan inflamasi dan ruam. Kondisi inilah yang kita kenal sebagai biang keringat. Berikut penjelasan singkat mengenai biang keringat yang harus Anda ketahui:

  1. Miliaria kristalina. Biang keringat yang paling sering diderita oleh bayi ini memengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit paling atas. Gejala yang biasanya muncul adalah timbulnya bintil berisi cairan berwarna jernih yang mudah pecah.
  2. Miliaria rubra. Nah, ini dia jenis biang keringat yang sering menjangkit penduduk wilayah tropis! Miliaria rubra yang menjangkit lapisan kulit dalam umumnya ditandai dengan kemunculan bintil merah  yang terasa gatal dan menyengat. 
  3. Miliaria pustulosa. Jenis ini merupakan fase lanjutan dari miliaria rubra, di mana bintil mengalami inflamasi serta berisi nanah.
  4. Miliariaprofunda. Jenis biang keringat ini biasanya menjangkit orang dewasa, dan dapat kambuh sewaktu-waktu terutama jika tubuh mengeluarkan banyak keringat setelah melakukan aktivitas fisik tertentu. Menjangkit lapisan kulit yang paling dalam (dermis), miliaria profunda ditandai dengan munculnya bintil berwarna merah yang berukuran lebih besar dan lebih keras.

(Baca: Mengenal Ragam Infeksi Jamur)

Setelah menyimak penjelasan singkat di atas, bukan berarti Anda harus merasa gentar jika beraktivitas di luar ruangan. Ternyata, banyak bahan alami di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan untuk menghalau biang keringat. Penasaran?

 Atasi Biang Keringat dengan 5 Bahan berikut ini:

1. Baking soda

Baking soda dipercaya dapat meringankan biang keringat, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.  Caranya, cukup larutkan 1 sendok teh baking soda dengan 1 gelas air dingin. Lalu, gunakan campuran ini untuk membalur area tubuh yang terkena biang keringat.

2. Jahe

Siapa sangka, ternyata jahe menyimpan khasiat sebagai obat biang keringat. Caranya dengan merebus irisan jahe untuk kemudian diambil airnya. Ssst, gunakan air rebusan ini untuk mengobati biang keringat, ya!

(Baca: 7 Manfaat Jahe untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui)

3. Minyak jarak

Jarang yang mengetahui bahwa minyak jarak dapat dimanfaatkan sabagai obat biang keringat karena sifatnya yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit. Mudah sekali cara penggunaannya. Anda cukup mengoleskan minyak jarak ke kulit yang terkena biang keringat, lalu tunggu beberapa saat hingga benar-benar menyerap. Jika menginginkan hasil yang optimal, lakukan kegiatan ini secara rutin, ya!

4. Lidah buaya

Khasiat tanaman yang satu ini memang tidak usah diragukan lagi. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, lendir lidah buaya juga dipercaya dapat meredakan inflamasi serta mengurangi area jangkitan biang keringat. Tertarik? Anda cukup mengambil lendir pada batang lidah buaya untuk diaplikasikan ke kulit. Lakukan rutinintas ini setiap hari demi mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Madu

Untuk mengatasi biang keringat berlebih, Anda dapat menggunakan madu alami. Cukup oleskan madu pada kulit, lalu diamkan sekitar 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.  Praktikkan langkah ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

(Baca: 5 Manfaat Madu; Si Manis yang Kaya Manfaat)

Sebenarnya, Anda dapat mencegah timbulnya biang keringat, lho! Yuk, simak tips mudah di bawah!

  • Menggunakan pakaian yang menyerap keringat
  • Menggunakan bedaktabur untuk menyerap keringat di permukaan kulit
  • Mencukupi kebutuhan air putih harian

Mulai sekarang, atasi biang keringat dengan gunakan bahan alami di atas ya. Semoga bermanfaat!