Apa Sih Penyebab Wajah Jadi Kering?

penyebab wajah jadi kering

Penyebab wajah jadi kering utamnya adalah hilangnya kelembapan pada bagian kulit tersebut. Normalnya, kulit wajah Anda harus menyimpan sekitar 20 – 30% jumlah air untuk tetap lembap. Dalam kondisi ini, wajah Anda akan tetap kencang, bersih, dan muda.

Go Dok- Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah tropis, keringnya kulit wajah seringkali menjadi salah satu masalah yang menyebalkan. Beberapa dari Anda –khususnya kawula muda- tentu merasa bahwa problematika remaja yang satu ini menjadi penekan rasa percaya diri. Pasalnya, kulit wajah kering akan ditandai dengan ciri pori-pori kulit yang mengecil, munculnya kerutan dan retakan pada wajah, timbulnya rasa gatal, terlihat pengelupasan pada kulit, munculnya warna kemerahan pada kulit wajah, serta adanya rasa ketat pada kulit wajah sehabis mandi, berenang, atau mencuci muka. Sebagai tambahan, mereka yang menderita kulit kering kerap terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, lho! Menyebalkan, bukan? Lalu, apa sih penyebab wajah jadi kering? Dan apa saja yang harus Anda wapadai agar terhindar dari kondisi ini?

Berikut ini penjelasan lengkap penyebab wajah jadi kering:

Apa penyebab utamanya?

Sejatinya, penyebab utama dari kulit wajah yang kering adalah hilangnya kelembapan pada bagian kulit tersebut. Normalnya, kulit wajah Anda harus menyimpan sekitar 20 – 30% jumlah air untuk tetap lembap. Dalam kondisi ini, wajah Anda akan tetap kencang, bersih, dan muda. Namun, saat kelembapan pada wajah berkurang drastis, secara terus menerus, masalah kulit kering akan datang.

Lalu, apa saja yang menyebabkan kelembapan kulit berkurang?

Jawabannya: Bermacam-macam hal. Penyebab yang paling umum adalah kondisi lingkungan yang terlalu panas. Tak hanya itu, faktor genetis dan umur turut pula menjadi salah satu pemicu kulit menjadi kering. Mau tahu pemicu lainnya? Simak daftar berikut ini :

1. Berendam air hangat

Terdengar aneh? Nyatanya, berendam di dalam air hangat terlalu lama dapat menjadi salah satu penyebab wajah jadi kering. Tak hanya itu, berendam terlalu lama di sungai atau kolam air dingin juga dapat membuat kulit Anda kering.

2. Panas

Tahukah Anda bahwa terpapar panas secara terus-menerus merupakan penyebab paling umum keringnya kulit wajah? Terutama jika Anda sering berada terlalu dekat dengan sumber panas, seperti tungku pembakaran dan api unggun, yang mampu mengurangi kelembapan kulit wajah dan membuatnya kering.

3. Mandi air panas

Banyak dari Anda yang tidak tahu bahwa mandi dengan air panas –apalagi jika dalam jangka waktu yang lama- dapat menjadi penyebab wajah jadi kering. Karenanya, di pagi hari Anda lebih disarankan untuk mandi dengan air dingin yang menyegarkan.

4. Berenang terlalu sering

Sama dengan mandi air panas, berenang terlalu lama dan terlalu sering –terutama di kolam renang umum yang mengandung klorin- dapat membuat kulit Anda cepat kering.

5. Sabun yang bersifat kasar

Biasanya, jenis sabun ini disarankan bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak, guna mengurangi kadar sebum di wajah. Hati-hati! jika digunakan terlalu sering dalam sehari, sabun jenis ini justru dapat menjadi penyebab  wajah jadi kering, lho!

Perlu Anda ingat, selain kelima faktor umum di atas, kulit wajah yang kering biasanya juga dialami oleh penderita dermatitis atopik, alias eksema. Tak hanya itu, risiko Anda dalam menderita kulit wajah yang kering juga akan meningkat di umur 40 tahun ke atas, atau jika Anda tinggal di lingkungan beriklim kering, dingin, panas, dengan tingkat kelembapan yang rendah.

Nah, setelah mengetahui penyebab wajah jadi kering, yuk cegah kulit kering sejak dini dengan menjauhi hal-hal tersebut! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.