Apa Sih Penyebab Sperma Encer?

penyebab sperma encer

GoDok- Penyebab sperma encer- Bagi kaum pria, tentu mengeluarkan sperma yang kental dan dalam jumlah banyak setiap kali berejakulasi dengan pasangan merupakan kepuasan batin tersendiri. Dalam banyak kepercayaan, hal ini juga menandakan bahwa testikel Anda beroperasi dalam keadaan yang sehat. Namun, pernahkah Anda mendapati keluarnya cairan sperma yang encer dan bening? Hal ini tentunya beberapa kali pernah terjadi pada setiap pria. Usut punya usut, hal ini ternyata banyak penyebabnya, lho! Apa sajakah penyebab sperma encer ketika dikeluarkan? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Umumkah sperma keluar dalam bentuk encer?

Sejatinya, pada anak laki-laki yang belum dewasa, atau mencapai akil bhalig, hal ini umum terjadi. Anak laki-laki yang belum mencapai kedewasaan seksual memiliki organ seksual yang belum aktif secara sempurna, sehingga penghasil sperma pun belum mencapai fungsi penuhnya, sehingga keluarnya sperma encer adalah hal yang wajar. Namun, kondisi ini bisa pula terjadi pada pria yang telah dewasa secara seksual. Hal ini cukup umum terjadi, dan sebenarnya tidak berpengaruh banyak pada kesehatan seksual Anda. Sebenarnya, adalah suatu kesalahan jika Anda mengira hanya cairan sperma yang kental dan banyaklah yang bisa dikatakan sehat. Padahal, sperma yang encer pun masih dapat membuahi pasangan Anda, meskipun mungkin jumlah yang dihasilkan mengalami penurunan.

Lalu, apakah penyebab sperma encer?

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan sperma Anda keluar dalam bentuk encer dan sedikit, seperti :

1. Kurangnya kadar fruktosa

Penyebab sperma encer yang pertama adalah tubuh Anda kekurangan kadar fruktosa. Hal ini bisa terjadi akibat kebiasaan Anda mengonsumsi makanan yang tak sehat, atau pola makan Anda yang tak teratur. Tak hanya itu, Anda juga bisa kekurangan fruktosa apabila berolahraga terlalu keras dalam seharian, atau terlalu lelah dalam beraktivitas. Hasilnya, sperma yang Anda hasilkan akan menjadi encer dan berwarna bening. Jadi, meskipun olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kadar sperma, sebaiknya jangan melakukannya terlalu berlebihan, ya!

2. Kadar sperma berada jauh di bawah batas normal

Penyebab sperma encer selanjutnya adalah jika jumlah sperma yang diproduksi tubuh berada jauh di bawah batas normal. Kondisi ini dinamakan oligospermia. Dalam keadaan normal, Anda bisa mengeluarkan 15 juta sel sperma per milimeter, atau 40 juta sperma dalam sekali ejakulasi. Namun, jika Anda kekurangan zat besi, ada kemungkinan Anda menghasilkan sperma di bawah jumlah tersebut.

3. Ejakulasi di dalam

Dalam dunia medis hal ini disebut pula retrogade ejaculation. Jika ini terjadi bisa saja air mani keluar dalam bentuk encer atau bahkan tidak keluar sama sekali. Anda bisa mengonsultasikan kondisi ini pada dokter spesialis agar diberikan resep yang tepat.

4. Ejakulasi lebih dari satu kali

Penyebab sperma encer yang terakhir adalah apabila Anda berejakulasi lebih dari satu kali, dalam suatu waktu, baik saat melakukan hubungan seksual dengan pasangan maupun saat bermasturbasi. Ejakulasi yang pertama mungkin akan menghasilkan banyak sperma dan sifatnya kental, namun tidak begitu dengan ejakulasi selanjutnya. Terlalu sering berejakulasi membuat testikel Anda tidak memiliki cukup waktu untuk menghasilkan sperma yang cukup, sehingga sperma yang keluar justru encer, tidak banyak, dan biasanya berwarna bening.

Nah, itu dia 4 penyebab sperma encer yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasinya di sini.