Apa Sih Pentingnya Bercinta Secara Rutin?

pentingnya bercinta secara rutin

Go Dok- Pentingnya bercinta secara rutin- Bagi pasangan yang sudah melewati fase “bulan madu” dalam pernikahannya, alias sudah lama menikah, berhubungan seksual mungkin bukan sesuatu yang dianggap wajib dilakukan secara teratur. Banyak dari Anda yang merasa lelah setelah beraktivitas seharian, dan akhirnya langsung tertidur di malam hari, tanpa ada kesempatan bercinta. Wah, sayang sekali. Padahal, bercinta secara rutin memiliki banyak alasan penting tersendiri, lho.

Apa sajakah alasan pentingnya bercinta secara rutin? Berikut daftar lengkapnya :

1. Menyenangkan diri sendiri dan pasangan

Alasan utama pentingnya bercinta secara rutin adalah menumbuhkan kesenangan di dalam diri masing-masing. Setelah dalam waktu seharian Anda mungkin mengalami hal-hal buruk, bercinta bisa menjadi pelipur lara tersendiri. Lagipula, jika memang saling mencintai, Anda dan pasangan tentu ingin menyenangkan diri masing-masing, bukan? Faktanya, bercinta adalah salah satu hal paling menyenangkan di dunia.

2. Meningkatkan sistem imun

Tahukah Anda, bahwa bercinta secara rutin dapat meningkatkan kadar antibodi penambah imunitas di dalam tubuh? Hal ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih kuat dalam melawan penyakit-penyakit tertentu, seperti flu dan demam. Tak hanya itu, sistem imun juga akan menjadi lebih baik dalam melawan infeksi bakteri dan virus.

3. Meredakan rasa sakit atau nyeri

Apa alasan Anda menolak bercinta? Sakit punggung? Atau sakit kepala? Jika alasannya adalah adanya sakit atau nyeri, Anda justru membutuhkan seks. Pasalnya, bercinta secara rutin dapat meredakan kondisi ini. Saat Anda hampir mencapai orgasme, maka di dalam tubuh Anda akan terjadi peningkatan kadar hormon oksitosin sebanyak lima kali lipat. Hormon inilah yang kemudian mengurangi rasa sakit dan nyeri di tubuh Anda.

4. Mengurangi rasa stres

Suka atau tidak, setiap harinya Anda bisa saja terjebak dalam rutinitas yang selalu membuat stres atau tertekan. Nah, setelah penat seharian, adalah yang lebih baik dari percintaan di penghujung hari? Bercinta secara rutin terbukti dapat memperbaiki mood Anda, mengurangi stres, dan membuat Anda lebih bahagia.

5. Baik untuk kesehatan tubuh

Jarang yang tahu bahwa bercinta setiap hari juga merupakan cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Bercinta dapat membuat tubuh Anda bugar dan fit karena aktivitas ini membakar cukup banyak kalori. Selain itu, bercinta juga bagus untuk sistem pernapasan dan mengontrol kandung kemih Anda. Tidak jarang, bercinta juga dapat mempebarui energi Anda, lho!

6. Meningkatan kesehatan jantung

Alasan pentingnya bercinta secara rutin selanjutnya adalah aktivitas ini dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, alias jantung Anda. Sebuah studi terbaru menyatakan bahwa pria yang bercinta lebih dari dua kali dalam seminggu, memiliki risiko yang lebih kecil mengalami serangan jantung, dibandingkan pria yang bercinta sekali dalam sebulan (atau kurang). Hebat, bukan?

7. Meningkatkan keharmonisan rumah tangga

Bercinta secara rutin merupakan salah satu bentuk kasih sayang Anda kepada pasangan, dan sebaliknya. Faktanya, kegiatan ini dapat membuat Anda merasa disayang, diperhatikan, serta meredam kecemburuan. Tak hanya itu, alasan pentingnya bercinta secara rutin juga dapat meningkatkan kesetiaan pasangan karena tidak adanya alasan untuk mencari pelampiasan seksual di tempat lain.

Nah, itu dia 7 alasan pentingnya bercinta secara rutin. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Diskusikan permasalahan kesehatan seputar seks Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi