Apa Saja Penyebab Penyakit Gondok?

penyebab penyakit gondok

Go Dok- Penyebab penyakit gondok- Gondok (goitre atau goiter) merupakan suatu penyakit sudah cukup dikenal oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama pada mereka yang kondisi ekonominya tergolong menengah ke bawah. Pasalnya, penyebab penyakit gondok yang bersifat endemik adalah kekurangan zat yodium. Zat ini sejatinya cukup mudah diperoleh, karena terkandung dalam garam. Nah, untuk mencegahnya datang dan menjangkiti keluarga Anda, yuk simak apa saja penyebab penyakit ini!

Apa itu penyakit gondok?

Untuk memahami penyebab penyakit gondok,  terlebih dulu Anda harus memahami definisi penyakit ini. Penyakit gondok sejatinya merupakan sebuah pembengkakan pada kelenjar tiroid Anda. Kelenjar inilah yang menghasilkan hormon tiroid, sebuah hormon penting bagi kinerja fungsi tubuh Anda. Kelenjar tiroid terletak tepat di bawah jakun, dan pada keadaan normal tidak akan bisa Anda rasakan sama sekali. Namun, saat terkena penyakit gondok, biasanya kelenjar ini akan membengkak dan terlihat seperti benjolan besar di leher Anda. Gondok bisa bersifat menyebar halus (diffuse) atau berbenjol (nodule). Karena terdapat hubungan anatomi antara kelenjar tiroid dengan laring, trakea, dan esofagus, pertumbuhan tidak normalnya bisa menyebabkan banyak sindrom kompresif.

Lalu, apa saja penyebab penyakit gondok?

Penyebab penyakit gondok, secara garis besar adalah kekurangan yodium di dalam tubuh. Pasalnya, yodium merupakan zat yang berperan sangat penting dalam membantu kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid. Karenanya, saat Anda tidak memiliki kadar yodium yang cukup dalam tubuh, kelenjar tiroid harus bekerja keras dalam memproduksi hormon tersebut, sehingga membengkaklah ukuran kelenjarnya. Penyebab penyakit tiroid lainnya, adalah :

  • Grave’s Disease, yang terjadi saat kelenjar tiroid Anda memproduksi hormon tiroid lebih banyak dari jumlah normalnya, disebut pula hiperthiroidisme. Kondisi inilah yang membuat kelenjar tiroid Anda membengkak.
  • Thyroiditis, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid Anda membengkak dari ukuran normal, sehingga menyebabkan gondok.
  • Hashimoto’s disease, kondisi di mana kelenjar tiroid tidak dapat memproduksi hormon tiroid yang cukup, sehingga menyebabkan hipothiroidisme dan kelenjar tiroid Anda membengkak.
  • Benjolan tiroid, di mana muncul kutil alias daging tumbuh di dalam kelenjar tiroid, yang bisa saja berbentuk padat atau berisi cairan. Kondisi ini akan menyebabkan kelenjar tiroid Anda membengkak.
  • Kanker tiroid, di mana pertumbuhan sel-sel kanker di kelenjar tiroid dapat menyebabkan salah satu sisi kelenjar mengalami pembengkakan. Kondisi ini tidaklah umum namun bisa menjadi salah satu penyebab penyakit gondok.
  • Kehamilan, khusus bagi kaum hawa, kehamilan bisa menjadi salah satu penyebab penyakit gondok. Pasalnya, kehamilan terkadang dapat membuat ukuran kelenjar tiroid Anda membengkak.
Lalu, siapa saja yang berisiko terkena gondok?

Selain mengetahui penyebab penyakit gondok, Anda juga harus memahami siapa saja yang berisiko terkena penyakit ini, yaitu di antaranya mereka yang :

  • Berjenis kelamin perempuan, di mana risikonya lebih tinggi dari laki-laki.
  • Sedang hamil atau mengalami menopause
  • Memiliki riwayat penyakit tiroid di dalam keluarganya,
  • Berusia lebih dari 40 tahun
  • Menjalani terapi radiasi di area leher atau dada.

Nah, itu dia penyebab penyakit tiroid, serta jangkauan risikonya yang penting untuk Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi