Apa Saja Penyebab Nyeri Lutut?

penyebab nyeri lutut

GoDok – Penyebeb Nyeri Lutut – Pernahkah Anda mengalami nyeri lutut? Kondisi ini seringkali membuat Anda tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari, terutama yang melibatkan berjalan dan berlutut. Pasalnya, nyeri ini menyerang lebih keras saat Anda melakukan kegiatan yang membuat lutut sedikit tertekuk. Meskipun lebih sering terjadi pada lansia, namun tidak menutup kemungkinan nyeri lutut juga terjadi pada kawula muda.

Untuk menyembuhkan kondisi yang satu ini, tentu Anda harus mengetahui terlebih dulu penyebabnya. Nah, apa sajakah penyebab nyeri lutut?

Berikut Go Dok jabarkan penjelasan lengkap seputar penyebab nyeri lutut:

1. Cedera pada ligamen lutut

Penyebab nyeri lutut yang pertama, bisa jadi adalah cedera pada ligamen lutut Anda. Bagi yang belum tahu, ligamen lutut adalah jaringan ikat kuat yang bertugas mengikat tulang paha Anda ke tulang bagian bawahnya. Nah, cedera pada ligamen lutut ini biasa terjadi pada mereka yang kerap aktif berolahraga atau berprofesi sebagai atlit. Jika parah, cedera ligamen lutut ini bisa saja mengakibatkan nyeri hebat pada lutut, dan membutuhkan operasi untuk menyembuhkannya.

2. Robeknya tulang rawan lutut

Tulang rawan merupakan jaringan semi-keras (kuat, namun lentur) yang menutupi ujung tulang lutut Anda. Cedera dapat saja terjadi pada tulang rawan ini, dan cedera tulang rawan umum terjadi, dan bisa membutuhkan operasi untuk menyembuhkannya.

3. Osteoartritis

Penyebab nyeri lutut yang selanjutnya adalah osteoartritis, alias radang sendi. Penyakit yang satu ini lebih umum dialami oleh mereka yang berusia di atas 45 tahun, dan merupakan kerusakan kronis pada tulang rawan. Sejatinya, penyakit ini bisa saja terjadi pada sendi manapun di seluruh tubuh, namun berdasarkan statistik yang ada, sekitar 60% kasus terjadi pada sendi lutut. Menurut dr. Ade Sri Wahyuni, beberapa kondisi dapat memicu terjadinya radang sendi, seperti seringnya melakukan kegiatan yang bertumpu pada lutut (atlet) dan kegemukan. Jika mengalami osteoartritis, gejala yang paling terasa adalah rasa nyeri luar biasa pada lutut Anda. Kondisi ini dapat disembuhkan dengan mengompres sendi, mengistirahatkan sendi, dan melatih fisik dengan alat bantu.

4. Bursitis

Bursitis merupakan kondisi peradangan pada bagian bursa, yang adalah sebuah kantung cairan yang berfungsi untuk melapisi sendi dan terletak di bawah kulit. Penyakit bursitis bisa terjadi karena adanya aktivitas sendi yang belrebihan, iritasi pada bursa karena terus-menerus menekuk lutut, hingga akibat jatuh. Jika mengalami bursitis, Anda bisa mengalami rasa nyeri berulang pada lutut.

5. Rematik

Penyebab nyeri lutut yang kelima adalah rheumatoid arthritis, alias penyakit rematik. Penyakit autoimun ini bisa mempengaruhi sendi apapun di dalam tubuh Anda, tidak terkecuali sendi pada lutut. Nah, jika menderita rematik, Anda akan merasakan nyeri pada bagian lutut.

6. Dislokasi tempurung lutut

Penyebab nyeri lutut yang satu ini membutuhkan penanganan medis segera jika terjadi. Dislokasi tempurung lutut dapat terjadi jika lutut terkilir dan menyebabkan bergesernya posisi tempurung lutut. Hal ini cukup sering terjadi pada korban kecelakaan kendaraan bermotor, dan membutuhkan tindakan medis segera.

7. Patellar tendonitis

Penyebab nyeri lutut yang terakhir adalah patellar tendonitis, yang terjadi karena peradangan pada tendon di sekitar lutut, akibat lutut terlalu sering digunakan. Kondisi ini umum pula disebut sebagai jumper’s knee, dan juga banyak menyerang olahragawan lompat jauh, atau yang sering melompat pada olahraga yang diikutinya.

Nah, itu dia 7 penyebab nyeri lutut yang bisa terjadi pada semua orang. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.