Apa Penyebab Sembelit di Masa Kehamilan?

penyebab sembelit di masa kehamilan
Faktanya, hampir 50% ibu hamil mengalami sembelit pada trimester pertama kehamilannya. Rasa sembelit ini datang pada masa kehamilan seorang wanita karena didorong oleh 3 faktor

GoDok – Penyebab Sembelit di Masa Kehamilan – Bagi setiap wanita, tentunya kehamilan adalah masa-masa yang istimewa. Sayangnya, terkadang masa-masa ini tak selalu diisi dengan rasa bahagia dan ketenangan. Umumnya, masa kehamilan diiringi dengan datangnya rasa mual, muntah, dan yang paling terasa adalah sembelit.  Faktanya, hampir 50% ibu hamil mengalami sembelit pada trimester pertama kehamilannya. Rasa sembelit ini datang pada masa kehamilan seorang wanita karena didorong oleh 3 faktor, yaitu :

Penyebab Sembelit di Masa Kehamilan

1. Perubahan hormon

Penyebab sembelit di masa kehamilan yang pertama adalah faktor perubahan hormon. Saat hamil, Anda akan mengalami perubahan dengan datangnya hormon progesterone. Pada trimester pertama kehamilan, plasenta akan memproduksi hormon ini dalam jumlah besar. Akibatnya, otot-otot halus di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk di antaranya otot halus di dalam lambung. Hal ini kemudian membuat proses pengosongan lambung memakan waktu lebih lama sehingga terjadi kemacetan dan makanan Anda terpaksa transit lebih lama dari seharusnya di dalam lambung.

Dampak lain dari perubahan hormon ini adalah melambatnya gaya peristaltik pada usus  sehingga proses pencernaan makanan menjadi lebih lama. Di samping itu, daya dorong kontraksi pada usus juga akan mengalami penurunan. Kedua hal inilah yang menyebabkan terjadinya penumpukan sisa makanan di usus sehingga menyebabkan proses sekresi menjadi terganggu sehingga terjadilah sembelit pada ibu hamil.

(Baca: 9 Komplikasi Kehamilan yang Harus Anda Waspadai)

2. Janin yang membesar

Penyebab sembilit di masa kehamilan yang kedua, seiring dengan semakin membesarnya janin, maka akan semakin besar pula risiko terjadinya sembelit pada ibu hamil. Pasalnya, ukuran janin yang semakin membesar akan menyebabkan tekanan pada rahim di bagian pembuluh darah balik pinggul dan pembuluh darah balik besar (vena cava inferior) sebelah kanan. Tekanan tersebut akan mempengaruhi sistem kerja usus besar dan usus halus sehingga proses pencernaan sisa makanan menjadi terganggu. Terganggunya proses pencernaan ini kemudian berakibat menumpuknya sisa makanan yang akhirnya menyebabkan sembelit. Tak berhenti di situ, tekanan pada rahim juga akan berpengaruh pada rektum, yang menyebabkan proses sekresi tinja menjadi tidak lancar dan memperparah sembelit pada ibu hamil.

(Baca: Ibu Hamil Harus Mencoba Spa & Senam Hamil Karena Alasan Ini!)

3. Konsumsi suplemen zat besi

Penyebab sembelit di masa kehamilan yang terakhir, tahukah Anda bahwa pada masa kehamilan, zat besi di dalam tubuh mengalami penurunan? Untuk mengatasi hal tersebut, maka dokter akan memberikan suplemen zat besi pada ibu hamil. Nah, saat si ibu hamil mengonsumsi suplemen tersebut, tanpa disadari hal ini akan mengakibatkan sembelit. Karenanya, tubuh tidak bisa menyerap suplemen zat besi yang Anda konsumsi, dan  sisa suplemen ini akan tersisa di dalam usus.. Sisa zat besi yang berada di usus akan mengikat zat yang berada dalam saluran pencernaan akibatnya menjadi lengket dan tidak dapat bergerak dengan baik sehingga mengakibatkan sembelit.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Meskipun terjadinya sembelit di trimester pertama tidak dapat Anda hindari, namun terdapat beberapa cara untuk meringankan sembelit yang terjadi, antara lain :

  1. Memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sereal, roti gandum, beras merah, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar dan berbagai macam jenis sayuran setiap hari
  2. Memperbanyak minum air putih
  3. Memperbanyak olahraga. Senan kegel adalah salah satu jenis olahraga yang disarankan untuk wanita hamil karena senam kegel akan memperkuat otot panggul sehingga akan membantu dalam proses melahirkan dan bisa mengatasi masalah sembelit.

(Baca: Bunda, Kenali Makanan Terbaik Untuk Tiap Trimester Kehamilan)

Nah, itu tadi penjelasan perihal penyebab sembelit di masa kehamilanl yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!