Apa Penyebab Sakit Perut di Sebelah Kiri?

penyebab sakit perut di sebelah kiri
Jangan memandang sebelah mata sakit perut sebelah kiri, karena bisa jadi kondisi ini merupakan pertanda dari penyakit berbahaya!

GoDok -Penyebab Sakit Perut di Sebelah Kiri- Hayo, siapa yang pernah menderita sakit perut? Akui saja, sakit perut memang salah satu gangguan kesehatan yang sering muncul pada kebanyakan orang. Saking terbiasanya, kebanyakan penderita sakit perut memandangnya sebelah mata. Alasannya tidak lain karena banyak yang percaya bahwa sakit perut dapat sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati.

Eits, tapi hati-hati! Jangan anggap sepele jika Anda sering mengalami sakit perut sebelah kiri, karena bisa jadi kondisi ini merupakan pertanda dari penyakit berbahaya lainnya. Berikut Go Dok paparkan penyebab sakit perut sebelah kiri:

1. Sembelit

Penyebab sakit perut sebelah kiri yang pertama adalah sembelit. Sembelit, atau susah buang air besar, dapat menyebabkan feses tertimbun di usus besar. Jika tidak segera ditangani, sembelit tidak hanya memicu sakit perut sebelah kiri, tapi juga bisa menyebabkan mual dan muntah.

(Baca: Ini Dia Penyebab Buang Air Besar Tidak Lancar)

2. Pankreatis akut

Tahukah Anda bahwa sakit perut di bagian kiri juga ternyata bisa dipicu oleh pankreatis akut? Ya, pankreatis yang disebabkan oleh meradangnya organ pankreas ini bisa memicu timbulnya rasa sakit di perut sebelah kiri bagian atas, dan biasanya menjalar ke daerah punggung.

3. IBS

Merupakan kependekan dari Irritable Bowel Syndrome, IBS adalah gangguan kesehatan yang mendera usus besar. Gejalanya sendiri sangat beragam, mulai dari sakit perut sebelah kiri, perut yang terasa kembung, hingga diare. Jadi, waspadailah penyakit dan gejalanya sejak dini!

4. Penyakit Crohn

Meski masih kurang akrab di telinga masyarakat Indonesia, penyakit Crohn yang dicirikan dengan timbulnya peradangan pada ujung usus kecil dan pangkal usus besar ternyata juga turut menjadi penyebab sakit perut sebelah kiri. Jika tidak segera ditangani dan dianggap serius, penyakit ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

Jika sakit perut diiringi dengan gejala lainnya, seperti diare dan pendarahan pada anus, maka Anda disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter atau rumah sakit terdekat.

(Baca: Penyakit Crohn; Kenali Lebih Dekat Sebelum Terlambat!)

5. Radang usus buntu

Jika sakit perut bermula dari daerah pusar, lalu perlahan bergerak ke bagian kiri; maka, kondisi ini kemungkinan besar disebabkan oleh radang usus buntu. Penyakit yang umumnya dipicu oleh pembengkakan kelenjar getah bening di dinding usus ini harus segera ditangani. Sebab, jika dibiarkan berlarut-larut, radang usus buntu dapat meningkatkan risiko pecahnya usus buntu. Mengerikan!

(Baca: Waspada ! Ini Dia Gejala-Gejala Gangguan Usus Buntu!)

6. Divertikulitis

Tahukah Anda, apa itu divertikulitis? Bagi Anda yang belum tahu, divertikulitis merupakan suatu gangguan pencernaan yang dipicu oleh meradangnya divertikulum (kantung-kantung usus). Gejala yang ditunjukkan penyakit ini pun sangat beragam, mulai dari sakit perut sebelah kiri, kembung, pendarahan pada rektum, hingga demam mendadak.

(Baca: Kejang Demam – Gejala, Penyebab dan Penanganannya)

7. Gastritis

Ketika lapisan lambung mengalami iritasi atau pengikisan -dikenal juga dengan istilah gastritis-, akan timbul rasa sakit pada perut sebelah kiri. Ingat! Jika sakit perut diiringi dengan penurunan nafsu makan, sering merasa mual dan muntah, hingga feses yang berwarna hitam pekat, maka segera konsultasikan kesehatan Anda ke dokter. Kenapa? Sebab, gastritis yang tidak ditangani dapat memicu beragam komplikasi, sebut saja tukak dan kanker lambung.

8. Aneurisma Aorta Abdominal

Apa itu Aneurisma Aorta Abdominal? Penyakit yang sering disingkat sebagai AAA ini merupakan kondisi di mana pembuluh darah aorta perut mengalami pembengkakan. Gejalanya sendiri sangat beragam, mulai dari sakit perut sebelah kiri yang terjadi secara konstan, terasa denyutan di sekitar pusar, hingga punggung yang kerap terasa nyeri.

9. Kista ovarium

Khusus bagi kaum hawa, sakit perut sebelah kiri dapat pula disebabkan oleh kista ovarium. Tumbuhnya jaringan tumor jinak yang berisi cairan di dalam atau di permukaan ovarium ini seringkali membuat penderitanya mengeluhkan beberapa gejala, seperti sakit perut sebelah kiri, badan yang mudah lelah, kesulitan buang air besar, perubahan pola menstruasi, nyeri payudara, hingga sensasi ngilu di area panggul.

(Baca: Meningitis; Jenis, Tanda Awal dan Pencegahan)

10. Endometriosis

Terakhir, sakit perut sebelah kiri dapat pula dipicu oleh endometriosis -kondisi di mana jaringan yang seharusnya berada di dalam rahim malah tumbuh di luar rongga rahim. Jika sakit perut sebelah kiri diiringi dengan gejala endometriosis lainnya, seperti pendarahan berlebih saat menstruasi serta munculnya flek darah pada feses; maka, segera konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter demi mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Nah, itu tadi 10 penyebab sakit perut di sebelah kiri yang harus Anda ketahui. Jangan lagi anggap remeh penyakit ini, ya! Semoga bermanfaat!