Apa Itu Purging, dan Bagaimana Cara Menanganinya?

apa itu purging

Apa itu purging? Purging merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada kondisi kulit wajah yang tiba-tiba ditumbuhi bintik-bintik kemerahan setelah menggunakan produk kecantikan tertentu.

Go Dok – Apa itu Purging – Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, maka semakin gencar pula usaha para perusahaan iklan dalam mengampanyekan beragam hal; salah satunya adalah kulit wajah yang putih tanpa noda bagi para wanita. Karenanya, jangan heran jika sekarang semakin menjamur krim, pelembap, dan masker yang konon dapat mencerahkan wajah dalam waktu singkat. Tapi sayangnya,  fenomena ini juga turut memicu masalah lain, yaitu timbulnya beragam keluhan kulit  wajah –seperti jerawat dan purging. Apa itu purging, dan bagaimana cara menanganinya? Simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu purging?

Secara awam, purging merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada kondisi kulit wajah yang tiba-tiba ditumbuhi bintik-bintik kemerahan setelah menggunakan produk kecantikan tertentu. Lantas, apa itu purging jika dilihat dari kacamata medis? Maka, istilah ini dapat diipahami sebagai fase yang dialami kulit wajah ketika mulai menggunakan atau baru mengganti produk skincare yang umumnya mengandung senyawa AHA, BHA, dan retinoid.

Sejatinya, senyawa-senyawa di atas bermanfaat untuk membersihkan pori-pori wajah sekaligus mempercepat pertumbuhan sel kulit. Namun, dalam beberapa kasus, proses tadi diiringi dengan beragam keluhan, seperti munculnya benjolan kecil akibat penumpukan minyak dan sel kulit mati serta wajah yang terlihat bersisik.

Tenang! Fase purging biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah 3-4 minggu; tergantung pada jenis kulit dan siklus pertumbuhan sel kulit wajah pada tiap-tiap orang. Lalu, bagaimana jika purging tidak kunjung hilang, padahal sudah lebih dari 4 minggu? Maka, Anda harus segera mengonsultasikan kondisi ini ke dokter, sebab hal ini bisa saja dipicu oleh kandungan bahan kimia berbahaya dalam kosmetik atau produk skincare yang digunakan.

Apa bedanya purging dengan breakout?

Jika sebelumnya kita telah membahas apa itu purging, maka kini perbincangan berlanjut pada kesalahan umum yang sering terjadi; yaitu menyamaratakan purging dengan breakout. Jika purging –seperti yang telah dijelaskan di atas- merupakan proses pembaharuan sel kulit akibat paparan senyawa AHA, BHA dan retinoid; maka, breakout merupakan reaksi ketidakcocokan kulit terhadap produk tertentu yang biasanya ditandai dengan timbulnya jerawat –bahkan bisul- yang diserta dengan kulit kemerahan, bengkak, nyeri, dan gatal.

Lebih lanjut, jika purging biasanya akan reda dengan sendirinya setelah 4 minggu, maka breakout malah akan bertambah parah; terlebih lagi jika individu terkait tidak sadar dengan kondisinya dan malah melanjutkan penggunaan produk skincare yang sama. Jadi, lebih teliti dan waspada dalam memperhatikan kondisi kulit Anda, ya!

Apa yang harus dilakukan selama masa purging?

Setelah mengetahui apa itu purging dan perbedaannya dengan breakout; maka, tidak ada salahnya jika Anda menyimak poin yang berkaitan dengan langkah mudah mengatasi purging berikut:

  1. Hindari penggunaan scrub berlebih selama masa purging.
  2. Hindari memencet bejolan, dan biasakan cuci tangan sebelum menyentuh kulit wajah.
  3. Biasakan untuk menggunakan pelembap atau tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan.
  4. Hindari asap rokok.
  5. Cukupi kebutuhan tidur.
  6. Banyak minum air mineral.
  7. Olahraga secara teratur.

Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.