Apa Itu Propolis? Kenali Lebih Dalam di Sini

propolis

GoDok- Propolis- Sejak beberapa tahun yang lalu, kita dihebohkan dengan pemberitaan bahwa telah ditemukan sebuah senyawa dalam madu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ya, apalagi kalau bukan ‘propolis’. Lantas, apa itu? Simak penjelasan lengkap khas Go Dok berikut ini!

Apa itu propolis?

Sejatinya, propolis merupakan senyawa berwarna coklat-kehijauan yang diproduksi lebah untuk memperbaiki kerusakan pada sarangnya. Lantas, dari mana asalnya? Selain didapat dari aliran getah pohon, lebah juga dapat mengekstrak propolis dari sumber botani lainnya.

Jika ditilik lebih jauh, maka dapat disimpulkan bahwa propolis sudah banyak digunakan untuk tujuan medis sejak 350 SM. Hal ini terbukti dari transkrip medis kuno dari berbagai macam peradaban, sebut saja Arab, Yunani, dan Mesir kuno.

Meskipun berbeda dengan madu, namun propolis tetap saja kaya akan zat esensial. Dari 300 senyawa kimia yang terkandung di dalamnya, polefenol merupakan zat antioksidan yang terbukti secara medis dapat melindungi tubuh Anda dari dampak buruk paparan radikal bebas.

Ternyata, ini dia manfaat propolis!

Setelah menyimak penjabaran singkat mengenai apa itu propolis, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui apa saja manfaat propolis bagi kesehatan. Berikut poin lengkapnya:

  1. Menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular. Hal ini sejalan dengan pernyataan dr. Fang Chu -dokter ahli dari Rumah Sakit Lien Yu Chine- yang mengemukakan bahwa manfaat propolis yang satu ini terkait dengan tingginya kandungan zat antioksidan di dalamnya.
  2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena konsumsi propolis ternyata dapat menstimulus kerja kelenjar thymus.
  3. Memperlambat pertumbuhan sel kanker hingga 50%. Ya, para ahli dari lembaga riset kanker Colombia mengemukakan bahwa hal ini berkaitan dengan zat anti-kanker yang terkandung di dalam propolis, yaitu zat CAPE.
  4. Mempercepat proses regenerasi sel dalam tubuh, karena dalam propolis terkandung 16 rantai asam amino esensial.
  5. Menjaga kepadatan tulang dan gigi. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena dalam propolis terkandung vitamin D dalam jumlah yang cukup tinggi.
  6. Manfaat lainnya, seperti mempercepat proses penyembuhan luka, meredakan diare dan masalah pencernaan lainnya, mengobati tifus, hingga menstabilkan tekanan darah dalam tubuh.
Hindari penggunaan propolis jika…

Meskipun pertanyaan seputar apa itu propolis dan manfaatnya bagi tubuh sudah terjawab, Anda tetap saja harus memperhatikan beberapa hal; salah satunya adalah beberapa kondisi yang membuat Anda atau anggota keluarga pantang mengonsumsi propolis. Apa saja kondisi yang dimaksud? Berikut poin lengkpanya:

  • Memiliki riwayat penyakit asma, karena beberapa hasil penelitian mengemukakan bahwa kandungan dalam propolis terbukti dapat membuat asma bertambah parah.
  • Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi propolis 2 minggu sebelum menjalani prosedur bedah, karena kandungan dalam propolis terbukti dapat memperlabat proses pembekuan darah.
  • Risiko alergi yang mungkin saja muncul. Karenanya, konsultasikan terlebih dahulu keputusan Anda untuk mengonsumsi propolis dengan dokter.

Itu tadi sekelumit penjelasan mengenai apa itu propolis, manfaatnya bagi kesehatan, serta kondisi tertentu yang membuat Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi bahan alami ini. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.