Masker Buah Berdasarkan Jenis Kulit; Apa Saja?

masker buah berdasarkan jenis kulit

GoDok- Masker buah berdasarkan jenis kulit- Wajah bersih dan segar adalah dambaan setiap orang, khususnya kaum hawa. Karenanya, penggunaan masker sudah sangat lazim dimasukkan ke dalam rutinitas perawatan wajah sehari-hari. Meskipun banyak pilihan masker yang dijual bebas di pasaran, ada baiknya Anda membuat masker sendiri dari bahan-bahan alami. Ini ditujukkan untuk meminimalisir paparan zat kimia pada wajah.

Dari sekian banyak  pilihan bahan alami untuk masker, buah-buahan merupakan pilihan yang paling lazim digunakan. Tapi, tahukah Anda bahwa kondisi kulit turut mempengaruhi jenis buah yang digunakan?

Ini dia beberapa masker buah berdasarkan jenis kulit Anda yang bisa Anda buat sendiri!

1. Tomat untuk kulit berminyak

Masker buah berdasarkan jenis kulit yang pertama yaitu tomat untuk perawatan kulit berminyak. Jika wajah Anda tergolong ke dalam wajah yang berminyak, pilihlah buah tomat sebagai bahan utama masker. Caranya, lumatkan beberapa buah tomat untuk kemudian di aplikasikan pada wajah. Biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas bersih menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

2. Pepaya untuk regenerasi kulit

Kulit mati seringkali membuat wajah terlihat kusam dan tidak bercahaya. Karenanya, pilihlah buah pepaya yang dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Sama seperti halnya pembuatan masker tomat, irisan pepaya cukup dilumatkan untuk kemudian diaplikasikan pada wajah. Anda dapat menambahkan bahan lain, seperti madu, untuk hasil yang lebih memuaskan.

3. Apel untuk mencerahkan kulit

Masker buah berdasarkan jenis kulit yang selanjutnya dengan menggunakan buah apel untuk mencerahkan kulit. Selain baik bagi kesehatan tubuh, apel juga terbukti mampu mengembalikan kesegaran dan kecerahan wajah. Campurkan apel dengan beberapa bahan lain, seperti kuning telur, madu, sedikit cuka, dan minyak kelapa agar hasil lebih cepat terlihat.

4. Lemon untuk wajah berjerawat

Tingginya kandungan vitamin C dalam buah lemon dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Caranya, lumuri wajah Anda dengan perasan air lemon. Setelah kering, segera basuh wajah dengan air hangat karena paparan vitamin C yang terlalu lama dapat menyebabkan iritasi kulit dan mata.

5. Alpukat dan Kiwi untuk mencegah penuaan dini

Terakhir, masker buah berdasarkan jenis kulit yang bisa di coba dengan menggunakan buah alpukat dan kiwi  untuk mencegah penuaan dini, Kedua buah ini kaya akan antioksidan dapat menangkal penuaan dini dan membuat wajah terlihat lebih muda. Selain itu, kandungan vitamin C dan E pada buah tersebut mampu mengembalikan kesegaran wajah. Cara menggunakannya blender 2 buah ini dengan sedikit madu,lalu aplikasikan pada wajah. Hasilnya, tidak hanya wajah terlihat lebih muda tapi juga berseri alami.

Sebelum mengaplikasikan masker buah berdasarkan jenis kulit tadi, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti membersihkan wajah dengan air atau toner terlebih dahulu. Ini ditujukan untuk membuang bakteri dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, ada baiknya Anda menyediakan baju ganti saat mengaplikasikan masker karena campuran buah dapat menempel di pakaian. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk mendiskusikan permasalahan kulit wajah Anda dengan Tim Dokter Go Dok, langsung dari Smartphone. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

Tinggalkan Balasan