Anda Menderita Diabetes? Berikut Makanan yang Dapat Anda Konsumsi

www.go-dok.com

Diabetes adalah penyakit jangka panjang atau kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Meskipun belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit ini secara total, namun bukan berarti tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir efeknya. Disamping konsumsi obat-obatan, penderita diabetes juga harus terus memperhatikan pola dan jenis asupan pangan harian.

Selain harus mengikuti jadwal makan yang serupa tiap harinya, yaitu membagi jendela makan menjadi 6 bagian yang terdiri dari 3 kali waktu konsumsi makanan berat dan 3 kali makanan ringan, penderita diabetes juga harus cermat dalam memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh. Banyak orang yang percaya bahwa pilihan makanan penderita diabetes sangat terbatas. Benarkah? Salah besar. Berikut beberapa jenis bahan pangan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes:

1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena susunan seratnya membuat makanan jenis ini lambat diurai dan diserap oleh tubuh. Berikut beberapa makanan sumber karbohidrat kompleks yang dapat Anda coba:

a) Beras merah

Berbeda dengan beras putih, beras merah mengandung serat tinggi dan kadar gula yang lebih rendah. Karena itulah, rutinitas mengonsumsi nasi merah sangat disarankan bagi para penderita diabetes.

b) Roti Gandum

Sama halnya dengan beras merah, kandungan serat yang tinggi serta rendahnya kadar gula dalam roti gandum menyebabkan bahan pangan yang satu ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jadi, mulai biasakan untuk mengganti menu sarapan Anda dengan roti gandum agar kadar gula darah dalam tubuh tetap terjaga.

c) Oatmeal

Marisa More dari American Diabetic Association menyatakan bahwa konsumsi oatmeal tanpa gula sangat disarankan untuk mereka yang memiliki diabetes karena dapat memberikan rasa kenyang lebih lama tanpa meningkatkan kadar gula darah..

2. Ragam sayuran

Kata siapa penderita diabetes tidak boleh memakan sayur-sayuran? Asalkan tidak dalam bentuk kalengan, acar, atau asinan, sayuran segar sangat disarankan untuk rutin dikonsumsi setiap harinya demi tercukupinya kebutuhan tubuh akan serat, vitamin, dan mineral. Penasaran sayur apa saja yang aman dikonsumsi penderita diabetes? Berikut rinciannya:

a) Bayam

Penilitian di Inggris menunjukkan kandungan lutein, zeaxonthin, dan flavonoid dalam bayam terbukti dapat menurunkan risiko menderita diabetes sebanyak 14%. Olah bayam dengan cara dikukus atau disayur bening agar manfaat yang didapat tubuh bersifat optimal.

b) Sawi

Kandungan vitamin C dan asam alfa-lipoic (ALA) dalam sawi ternyata bermanfaat untuk menurunkan kadar kortisol dalam tubuh, meminimalisir peradangan, memperbaiki pembuluh darah yang rusak, hingga menurunkan kadar gula darah.

c) Tomat

Tahukah Anda, bahwa tomat terbukti dapat mengurangi risiko penggumpulan darah? Lebih lanjut, sebuah penelitian di Australia juga menyimpulkan bahwa kandungan antioksidan, vitamin C, E, zat besi, serta senyawa likopen dan lutein dalam tomat terbukti mampu menjaga dan meregenerasi organ tubuh serta pembuluh darah yang rusak akibat diabetes.

3. Buah

Sebenarnya tidak ada larangan bagi penderita diabetes untuk mengurangi konsumsi buah-buahan. Selama jenis yang dipilih memiliki kadar gula yang rendah serta disajikan langsung tanpa melalui proses memasak terlebih dahulu, konsumsi buah-buahan sangat disarankan karena dapat mencukupi kebutuhan serat, mineral, serta vitamin tubuh. Pilihlah buah rendah kalori dan gula seperti apel, pir, papaya, dan acai berry, karena jenis tersebut terbukti mampu mengontrol gula darah.

4. Kacang-kacangan

Makanan yang terbuat dari kacang-kacangan, seperti tahu dan tempe, dianggap sebagai sumber pangan ideal bagi penderita diabetes karena rendah lemak, berindeks glikemik rendah, serta kaya akan serat. Lebih lanjut, penilitian yang dilakukan oleh University of Toronto pada tahun 2012, membuktikan bahwa 121 penderita diabetes yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan setiap harinya mengalami penurunan tingkat HA1c dua kali lebih rendah dibanding mereka yang rutin mengonsumsi gandum.

Jadi, bagi Anda penderita diabetes, sudah tidak jaman lagi untuk membatasi konsumsi makanan, karena terbukti beberapa jenis pangan justru sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Leave a Reply