Anda Laki-laki “Loyo”? Yuk, Kenali Penyebab Impotensi

penyebab impotensi

Go Dok- Penyebab impotensi- Bagi para pria, fakta bahwa keperkasaan di ranjang merupakan salah satu faktor yang menentukan kejantanan pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi, banyak lelaki kurang beruntung di sana yang dipandang kurang ‘jantan’ karena terbukti mengidap impotensi –bahkan sejak muda. Ihhh, menyeramkan!

Yuk, hindari kemungkinan buruk ini dengan kenali penyebab impotensi berikut!

1. Pola hidup tidak sehat

Penyebab impotensi yang pertama adalah kebiasaan menerapkan pola hidup yang tidak sehat. Banyak faktor yang masuk ke dalam poin ini, seperti jarang berolahraga, terbiasa mengonsumsi makanan yang tidak mengandung gizi dan nutrisi seimbang, hingga konsumsi obat-obatan terlarang (ganja, kokain, heroin, dll).

Jika tidak ingin menderita impotensi karena alasan ini, maka ada baiknya bagi Anda untuk segera mengubah kebiasaan buruk di atas. Ingat! Pepatah tua mengatakan bahwa, “Lebih baik mencegah daripada mengobati”. Jadi, lebih baik berhati-hati daripada menderita impotensi di kemudian hari.

2. Berat badan berlebih

Selanjutnya, impotensi juga dapat dipicu oleh berat badan berlebih –atau dikenal juga dengan istilah ‘obesitas’. Kondisi ini terjadi karena akumulasi berbagai faktor, sebut saja kebiasaan makan dalam porsi besar serta minimnya aktivitas fisik yang dilakukan setiap hari.

Cara yang paling mudah untuk mengatasi obesitas adalah dengan mulai memperhatikan asupan makanan sehari-hari Anda. Selain itu, imbangi pula langkah ini dengan olahraga yang teratur. Yuk, jauhkan diri dari obesitas!

3. Kebiasaan merokok & minum miras

Penyebab impotensi yang lain adalah kebiasaan merokok dan minum miras. Anda pasti sudah sering membaca peringatan “merokok dapat menyebabkan impotensi” di belakang setiap kemasan rokok. Tapi, seberapa jauh Anda menganggap serius peringatan ini? Faktanya, studi mengungkapkan bahwa nikotin yang ada dalam rokok dapat tertimbun di dalam tubuh. Akibatnya, aliran darah akan terganggu sehingga ereksi pun tidak bisa bejalan secara normal.

Serupa dengan rokok, kebiasaan meminum miras juga dapat meningatkan risiko impotensi. Ya, alkohol yang ada di dalamnya ternyata dapat menekan kerja sistem saraf saat ereksi. Mengerikan, bukan?

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Jarang yang mengetahui bahwa impotensi juga bisa disebabkan oleh konsumsi obat-obatan tertentu, seperti jenis antidepresan, antihistamin, beta-blocker, dan obat yang digunakan untuk mengobati hipertensi. Oleh karena itu, selalu konsultasikan asupan obat-obatan Anda dengan dokter untuk mengetahui setiap efek sampingnya.

5. Gangguan psikologis

Penyebab impotensi yang terakhir adalah adanya gangguan psikologis, seperti stress, depresi, cemas berlebih, sedang bermasalah dengan pasangan, atau bahkan sedang merasa kelelahan secara mental. Jika Anda terbukti mengalami kondisi tadi, maka jangan ragu untuk segera berkonsultasi ke psikiater ahli.

Itu tadi beberapa penyebab impotensi yang harus diwaspadai dan dihindari para pria dengan segera. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks lainnya? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.