Anak Mengalami Mabuk Darat? Lakukan Hal-hal Ini!

Hore, libur akhir pekan telah tiba! Anda sekeluarga pasti sudah merencanakan berbagai hal yang akan dilakukan bersama di hari libur, seperti jalan-jalan ke luar kota atau mengunjungi tempat wisata terdekat.

Nah, kondisi jalan yang macet serta jarak tempuh yang cukup jauh dapat menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang memiliki buah hati terlebih yang masih kecil. Kenapa? Keadaan jalan yang tidak nyaman dan lamanya waktu tempuh dapat menyebabkan si kecil  rewel dan merasakan mual akibat terkena mabuk perjalanan.

Mabuk darat, atau dikenal juga sebagai car sickness atau motion sickness, adalah suatu keadaan di mana otak menerima informasi yang berlawanan dari mata, telinga, saraf, dan bagian tubuh lainnya misalnya kaki dan tangan. Agar perjalanan nanti menyenangkan, berikut 4 hal yang perlu Anda lakukan agar perjalanan bersama keluarga terasa lebih menyenangkan:

Buat si kecil lebih aktif

Taruh si kecil untuk duduk di dekat jendela agar ia dapat menikmati perjalanan. Sesekali cobalah perhatikan si kecil, jika Anda melihat anak terdiam dan murung, segera ajak ia berkomunikasi dengan mengajaknya bicara atau memainkan permainan seperti boneka ataupun menebak nama barang yang ditemukan di jalan, misalnya “Ayo tebak dek itu apa? Atau Itu yang kakinya 4 binatang apa?”. Hal ini bertujuan agar pikiran si kecil tidak terfokus pada rasa pusing dan mual yang dirasa.

Perhatikan asupan makanan saat di perjalanan

Jarang yang mengetahui bahwa makanan jenis tertentu, seperti makanan pedas, bersantan, berbumbu berlebihan, dan berlemak, dapat memicu timbulnya mabuk perjalanan pada anak. Solusinya, pilihlah makanan ringan yang mengenyangkan, semacam biskuit atau roti dengan rasa kesukaannya agar perut si kecil tetap terisi tapi tidak lantas memicu rasa mual. Mudah, bukan?

Gunakan bahan alami penangkal mabuk

Sebelum Anda  memberikan obat anti mabuk pada si kecil, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan beberapa bahan alami, seperti jahe atau daun mint. Dua bahan ini terbukti dapat memperlambat gerakan dinding lambung sehingga anak tidak mudah merasa mual. Selain itu, aromaterapik yang dikeluarkan oleh jahe dan daun mint ternyata mampu mengurangi rasa pening si kecil.

Berikan obat anti mabuk

Hal terakhir yang dapat Anda lalukan adalah memberikan si kecil obat anti mabuk. Jika si kecil berusia lebih dari 2 tahun dan Anda merencanakan perjalanan jauh, maka mintalah resep obat anti mabuk untuk anak dari dokter. Biasanya, jenis obat yang diberikan mengandungan dimenhydrinate. Jangan lupa perhatikan juga aturan minum, komposisi hingga efek samping obat, agar anak mendapatkan manfaat yang optimal.

Itu tadi beberapa hal yang ampuh untuk menangani mabuk perjalanan pada anak. Jadi mau liburan kemana akhir pekan nanti?